bisnis sampingan

5 Bisnis Sampingan Tanpa Modal, Bisa Anda Coba!

Meskipun sudah memiliki pekerjaan dan gaji tetap, banyak orang yang mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan. Meskipun disebut sebagai bisnis sampingan, tidak jarang bisnis tersebut malah bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari gaji utama.

Ada banyak sekali usaha sampingan tanpa modal yang bisa Anda coba. Baik itu untuk mahasiswa, pekerja kantoran, guru, dan lain sebagainya. Usaha sampingan ini juga bisa menjadi persiapan untuk resign dari pekerjaan yang sedang Anda jalani saat ini.

Bisnis Sampingan Tanpa Modal

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi bisnis sampingan yang bisa Anda jalankan dengan modal minim atau bahkan tanpa modal.

1. Mengikuti Program Afiliasi

Mengikuti program afiliasi merupakan salah satu usaha sampingan yang bisa Anda lakukan tanpa modal. Untuk Anda yang belum tahu, Afiliasi adalah program yang memberi Anda komisi jika berhasil menjual sebuah produk tertentu. Bisa dibilang Afiliasi ini adalah program revenue sharing atau berbagi pendapatan.

Baca juga:  3 Contoh Analisis SWOT Usaha Makanan, Dasar Strategi Bisnis

Sekarang ini ada banyak perusahaan dan marketplace yang menyediakan program afiliasi. Diantaranya adalah Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Niagahoster, dan masih banyak lagi. Cara kerjanya sederhana, Anda tinggal daftar pada program tersebut, dapatkan link afiliasi atau kupon, Anda akan mendapat komisi untuk setiap pembelian lewat link afiliasi Anda.

2. Menjadi Dropshipper

Bisnis sampingan tanpa modal selanjutnya adalah menjadi dropshipper. Yang dimaksud dropship adalah menjualkan produk milik orang lain tanpa perlu menyetok barang layaknya reseller. Jadi disini Anda hanya perlu fokus menjual saja tanpa harus membuat, packing, dan mengirimkan barang.

Jadi sistem kerjanya disnii adalah Anda menjalin kerjasama dengan supplier atau produsen. Lalu Anda memasarkan produk atau jasa mereka lewat website, media sosial, sampai marketplace. Ketika ada orang yang membeli produk ke Anda, Anda bisa hubungi supplier untuk mengirimkan produk mereka atas nama Anda ke alamat pembeli.

Baca juga:  7 Peluang Usaha Modal 1 Juta Ke Bawah

3. Membuka Kursus Online

Membuka kursus online menjadi salah satu usaha sampingan online yang sangat menguntungkan. Terutama untuk Anda yang mempunyai keahlian tertentu. Baik itu dalam bidang pelajaran umum maupun keahlian khusus seperti desain, programing, memasak dan lain sebagainya.

Sebelum memulai, sebaiknya Anda menentukan target pasar terlebih dahulu, apakah kalangan umum, pelajar atau lainnya. Sesuaikan juga dengan kemampuan dan topik yang nantinya akan disampaikan.

4. Jasa Pembuatan Website

Ide bisnis sampingan yang berikutnya adalah jasa membuat website. Sekarang ini banyak orang dan perusahaan yang membutuhkan website untuk menjalankan bisnis mereka. Nah, ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka jasa pembuatan website.

Hanya dengan berbekal laptop dan koneksi internet, Anda sudah bisa mulai membuka jasa pembuatan website. Anda hanya perlu memiliki pengetahuan tentang WordPress dan sedikit programming untuk bisa memulai bisnis ini. Sebenarnya membuat website bukanlah hal yang sulit, bahkan tidak butuh waktu lama untuk mempelajarinya.

Baca juga:  Franchise Bobatime: Inilah Syarat dan Biaya Kemitraanya

5. Jasa Penerjemah Bahasa

Meskipun bukan hal yang baru, namun jasa penerjemah bahasa ini masih banyak di cari dan menjadi peluang usaha sampingan yang menjanjikan. Bagi Anda yang memiliki kemampuan bahasa asing, Anda bisa gunakan keahlian tersebut untuk membuka jasa tersebut.

Biasanya jasa terjemah yang di butuhkan adalah Bahasa Inggris. Namun peluang untuk jasa terjemah bahasa lain juga masih cukup menjanjikan. Anda bisa menghasilkan jutaan perbulan lewat usaha sampingan satu ini.

Itulah tadi beberapa rekomendasi bisnis sampingan tanpa modal yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang memiliki kemampuan atau keahlian khusus, Anda bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk membuka usaha sampingan yang menjanjikan.