nama unik untuk usaha makanan

7 Contoh Nama Unik Untuk Usaha Makanan + Cara Buat!

Bisnis makanan merupakan salah satu bisnis yang paling ramai dan banyak pemainnya. Sudah ada banyak orang yang membuka bisnis ini, untuk bisa bersaing tentu Anda harus membuat keunikan tersendiri. Salah satunya adalah dengan menggunakan nama unik untuk usaha makanan.

Dengan menggunakan nama yang unik pada usaha makanan, usaha Anda menjadi lebih mudah dikenal dan diingat. Oleh karena itulah, ketika menentukan nama untuk usaha makanan jangan asal-asal. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih nama bisnis.

Nama Unik Untuk Usaha Makanan

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk memilih dan menentukan nama unik untuk usaha makanan. Nama unik ini nantinya bisa Anda gunakan atau terapkan pada bisnis makanan ataupun bisnis kuliner Anda yang lain.

1. Nama dari Permainan Kata

Tips pertama yang bisa Anda gunakan untuk memilih nama unik untuk usaha makanan adalah dengan menggunakan permainan kata. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mengambil kosakata yang relevan atau sesuai dengan usaha makanan yang akan Anda bangun atau dirikan.

Baca juga:  Rekomendasi Jasa Desain Company Profile: Berdikari Media

Silahkan Anda coba utak-atik kata tersebut sehingga menghasilkan sebuah permainan kata yang unik dan bisa menjadi nama usaha. Beberapa brand terkenal juga menerapkan cara ini, contohnya adalah restoran Ngikan yang menawarkan menu berbahan dasar ikan dimana nama ini diambil dari kata “ikan” dan diubah atau dikembangkan menjadi “Ngikan”.

2. Nama Unik Usaha Makanan dari Menu Favorit

Selain menggunakan permainan kata, Anda bisa mencari nama unik untuk usaha makanan dari menu unggulan yang Anda sajikan. Cara ini merupakan formula paling mudah dan sederhana untuk menentukan nama bisnis serta sangat mudah diterapkan.

Nama usaha yang berasal dari menu unggulan ini memiliki potensi viral yang sangat tinggi. Ada banyak sekali orang yang telah menerapkan cara ini dan terbukti berhasil. Beberapa diantaranya adalah Ayam Goreng Bu Tini, Ayam Geprek Bensu, Gudeg Bu Yu Djum, Bandeng Presto Ny. Nita, dan masih banyak lagi.

3. Menggunakan Nama Tempat

Cara berikutnya untuk memilih nama unik untuk usaha makanan adalah dengan menggunakan nama tempat atau area tertentu. Dengan cara ini orang-orang juga jadi lebih mudah untuk mengingat lokasi dari kedai atau usaha makanan yang sedang Anda rintis.

Jadi meskipun pembeli baru pertama kali makan dan memesan di tempat Anda, mereka bisa langsung ingat nama cafe atau tempat makan tersebut. Beberapa contoh resto atau kedai yang berhasil menerapkan tips ini adalah Kedai Tjikini, Pondok Laguna, Cafe Jurnal, Warung Kito, Mie Ayam Gondangdia, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  5 Usaha Dibidang Jasa Yang Menguntungkan

4. Menggunakan Bahasa Inggris

Nama usaha dengan bahasa Inggris ini biasanya dipakai oleh usaha makanan atau minuman yang menunya terinspirasi oleh makanan-makanan dari barat. Apabila usaha ada juga termasuk salah satunya, maka tidak ada salahnya memakai nama usaha dengan bahasa Inggris.

Usaha atau bisnis makanan yang sukses dengan menggunakan nama bahasa asing terutama Inggris ada banyak. Contohnya adalah Moon Chicken, Pink Mamma, The Roots, Pizza Place, dan masih banyak lagi. Ada juga nama usaha yang menggabungkan bahasa Indonesia dan Inggris seperti Tempo Gelato.

5. Nama Usaha Makanan dari Bahasa Daerah

Selain menggunakan bahasa asing, Anda juga bisa menggunakan nama unik untuk usaha makanan yang memakai bahasa daerah tertentu. Menggunakan bahasa daerah sebagai nama usaha atau bisnis menjadi salah satu poin unik yang bisa menarik perhatian para calon pelanggan.

Cara ini cukup ampuh untuk menarik perhatian orang-orang dan membuat mereka penasaran. Namun pastikan juga pemilihan bahasa daerahnya yang umum, jangan sampai bahasa daerah yang Anda pakai itu sangat asing. Beberapa contoh nama usaha dengan bahasa daerah adalah Kangen Resto, Warung Sewarege, Raos Eco, Pancen Enak Resto, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  10 Nama Photography yang Unik dan Menarik

6. Menggunakan Nama Pemilik

Bukan nama produk unggulan saja yang bisa Anda gunakan sebagai nama bisnis atau usaha. Anda juga bisa menggunakan nama pemilik sendiri atau nama pemilik usaha tersebut. Cara ini juga bisa menjadi pembeda untuk bisnis Anda dengan bisnis lain yang sejenis.

Dengan menyisipkan nama pemilik pada nama usaha atau bisnis, orang-orang jadi bisa langsung tahu mana usaha atau bisnis Anda. Beberapa contoh penggunaan nama pemilik dalam penamaan nama usaha adalah Bejo Seafood, Sari Mie, Bakso Endolita, Saladnya Saka, dan masih banyak lagi.

7. Mengandung Makna Positif

Tips terakhir dalam membuat nama unik untuk usaha makanan adalah dengan menggunakan nama yang mengandung doa atau makna positif. Dengan menyematkan doa atau makna positif ini, tentu dengan harapan bisnis tersebut bisa berkembang dengan baik. Beberapa nama yang bisa Anda gunakan Arion = memikat hati, Zafar = kejayaan, Edzan = Kekayaan, dan lain-lain.

Bagi Anda yang bingung menentukan nama untuk bisnis makanan yang ingin Anda bangun. Silahkan gunakan beberapa tips di atas untuk memilih nama yang unik dan menarik sehingga bisnis lebih mudah berpotensi populer.