7 Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

7 Contoh Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dicoba

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak boleh mengejar mimpi. Adanya teknologi yang semakin canggih tidak membuat para ibu untuk meraih semua mimpinya. Salah satu yang bisa dilakukan adalah membuka usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dijalankan dari rumah.

Menjalankan bisnis dari rumah membuat para ibu bisa mengurus semua pekerjaan rumah, karena berbisnis dari rumah memiliki waktu yang fleksibel. Ada beberapa macam usaha sampingan yang bisa dijalankan dari rumah. Berikut penjelasannya.

Baca juga:  7 Usaha yang Jarang Rugi dan Dijamin Dapat Untung Besar

Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Mempunyai pekerjaan rumah tangga yang banyak sering menjadi alasan bagi para ibu kesulitan dalam mendapatkan penghasilan lebih. Tapi, menjadi ibu rumah tangga sekarang bisa mendapatkan penghasilan seperti wanita karir. Seperti menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga. Contoh usaha tersebut akan diulas lengkap berikut ini.

Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Sebagai Penulis Freelance

1. Menjadi Penulis Freelance

Zaman serba digital, semua konten tergantung pada penulis. Lihat saja isi dari website aplikasi, atau sosial media lainnya. Hampir semua kontennya dihasilkan oleh penulis. Tidak semua orang memiliki kemampuan menulis. Jika mempunyai kemampuan menulis, tidak ada salahnya menjadi seorang penulis.  

Apalagi jika memiliki kemampuan menulis konten iklan. Kemampuan tersebut bukan hanya memberikan penjelasan tentang sebuah produk, tapi mengajak orang lain untuk membeli. Tawarkan kemampuan yang dimiliki kepada situs-situs pencari penulis freelance. Perkaya pengalaman untuk I. Maka bersiaplah untuk mendapatkan banyak tawaran.

Bisnis ini termasuk usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal. Hanya bermodalkan keahlian dan kuota. Akan lebih mudah lagi jika memiliki laptop atau komputer untuk menulis, sehingga bisa menulis dengan lancar dan cepat.

Baca juga:  Peluang Usaha Modal 1 Juta di Kampung untuk Anak Muda dan Ibu Rumah Tangga

Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Dengan Jualan Online

2. Jualan Online

Contoh usaha sampingan ibu rumah tangga berikutnya adalah bisnis jualan online. Ada berbagai macam barang yang bisa dijual secara online. Seperti kerajinan tangan, atau lainnya. Menjalankan bisnis ini sangat mudah, apalagi sudah banyak aplikasi marketplace yang bisa digunakan yang memiliki banyak konsumen dan tidak berbayar.

Jualan online bahkan bisa dijadikan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa. Asalkan desa tersebut sudah memiliki jaringan internet, maka bisnis jualan online bisa berjalan dengan lancar. Awal mula untuk bisnis ini bisa dijalankan tanpa modal, mudah bukan? Kapan lagi bisa menghasilkan uang tanpa meninggalkan semua pekerjaan rumah.

3. Bisnis Fashion

Fashion merupakan salah satu bidang yang akan terus berkembang dan akan selalu mengikuti perkembangan zaman. Apalagi fashion untuk wanita. Salah satu tren yang banyak menjadi sorotan saat ini adalah tren fashion hijab. Kondisi tersebut bisa dijadikan peluang bagi ibu rumah tangga yang ingin mulai berbisnis.

Popularitas fashion hijab semakin meningkat, tidak heran bisnis ini bisa dijadikan rekomendasi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga modal kecil. Sebelum terjun dalam bisnis fashion hijab, sebaiknya melakukan riset.

Riset ini sangat penting, tujuannya untuk mengetahui preferensi dari masyarakat ketika memilih hijab dan pakaian dalam mendukung gaya busananya. Fashion hijab ini meliputi gaya kerudung, pakaian, serta aksesoris untuk mendukung penampilan.

Baca juga:  11 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya dan Patut Dicoba!

Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

4. Usaha Makanan Atau Catering

Hobi memasak? Kenapa tidak mencoba usaha sampingan rumah tangga catering. Tidak perlu berpikir untuk membuka restoran sendiri, karena bisnis ini juga bisa dilakukan dari rumah. Mulailah dengan menawarkan berbagai makanan berat untuk prasmanan, paket nasi box, aneka kue kering dan basah, serta makanan khas, seperti nasi kebuli.

Memanfaatkan media sosial untuk memasarkan bisnis catering yang akan dijalankan perlu dilakukan. Awalnya buatlah beberapa sampel makanan pada sebuah acara, seperti arisan, atau lainnya. Tujuannya untuk memberitahukan bahwa makanan tersebut bisa dipesan. Sangat penting juga untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan sebelumnya.

5. Bisnis Bumbu Siap Pakai

Bukan hanya masalah pekerjaan saja yang dituntut selesai dengan cepat. Bahkan penyajian makanan juga harus disajikan dengan cepat. Tuntutan tersebut membuat beberapa ibu rumah tangga menggunakan bumbu instan yang jelas memakai pengawet yang bisa merusak Kesehatan.

Celah tersebut bisa dijadikan peluang usaha sampingan ibu rumah tangga. Yaitu menyiapkan bumbu siap pakai yang aman dan tanpa bahan pengawet. Tidak sedikit yang memakai food preparation untuk menyiapkan makanan untuk jangka waktu seminggu. Namun, adanya bumbu siap pakai bisa lebih membantu agar pembuatan masakan lebih cepat dan praktis.

Buatlah bumbu siap pakai yang fungsional, artinya bumbu siap pakai tersebut bisa dijadikan beberapa masakan. Tentu saja harus tanpa pengawet, sehingga bisa menjadi salah satu kelebihan dari usaha sampingan tersebut.

Baca juga:  Peluang Usaha Rumahan yang Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

6. Berbisnis Tanaman

Gaya hidup minimalis lebih banyak disukai untuk saat ini. Salah satu ciri dari gaya tersebut adalah keberadaan tanaman. Sehingga rumah tersebut terlihat lebih segar dan nyaman. Sejak saat itu, mulai banyak bermunculan toko yang menjajakan tanaman hias untuk di dalam ruangan. Baik itu toko online maupun offline.

Berbisnis tanaman bisa dijadikan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga modal kecil. Terutama yang tinggal di pedesaan. Pasti ada banyak tanaman hias yang tumbuh liar yang bisa dimanfaatkan. Asalkan telaten merawat, maka tanaman tersebut bisa memberikan penghasilan. Mau mencobanya?

Contoh Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Dengan Membuka Les Private

7. Membuka Les Privat

Usaha sampingan adalah membuka les privat. Termasuk usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal. Ilmu pengetahuan yang didapatkan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi bisa dimanfaatkan untuk usaha ini.

Mengingat kebutuhan guru les semakin meningkat, apalagi sejak adanya pandemi Covid 19. Maka sebagian besar orang tua membutuhkan guru les untuk mengajari anak mereka agar tidak ketinggalan pelajaran.

Ada beberapa bidang mata pelajaran yang lebih banyak dibutuhkan bimbingan, seperti matematika dan Bahasa Inggris. Kedua mata pelajaran tersebut sangat krusial di masa mendatang, jadi manfaatkan kebutuhan Ibu-ibu rumah tangga akan guru les untuk anaknya.

Apalagi untuk memulai usaha sampingan ibu rumah tangga ini tidak banyak menyita waktu. Bahkan waktunya bisa disesuaikan. Sehingga tidak mengganggu aktifitas mengurus dan tetap bisa menjadi ibu rumah tangga yang baik.