Contoh Pembukuan Usaha Cafe

Contoh Pembukuan Usaha Cafe : Praktis dan Efisien

Dariberita – Dalam menjalankan suatu usaha seperti Cafe, pembukuan sangat diperlukan. Itulah mengapa banyak pengusaha pemula yang mencari contoh pembukuan usaha cafe untuk sebagai panduan.

Pembukuan berkaitan erat dengan masalah keuangan dan Anda sendiri tahu bahwa kita memiliki ingatan yang terbatas. Tanpa melakukan pembukuan, maka akan sulit mengendalikan arus kas serta mengetahui untung dan rugi suatu usaha.

Pentingnya Membuat Pembukuan Usaha Cafe

Sebelum mempelajari contoh pembukuan usaha cafe, sebaiknya ketahui terlebih dahulu pentingnya membuat pembukuan. Berikut beberapa keutamaan membuat pembukuan:

1. Meminimalisasi Kelebihan Pengeluaran Usaha

Mencatat pengeluaran suatu usaha tidak cukup hanya sekedar di kepala dan ingatan saja. Dalam dunia usaha, hal demikian tidak boleh dilakukan.

Jika pemilik usaha tidak melakukan pencatatan biaya yang dikeluarkan, nantinya akan terkejut saat melihat banyaknya uang yang keluar. Bahkan akan banyak biaya tidak terduga atau yang tidak diperlukan keluar begitu saja.

2. Mengetahui Untung atau Rugi Suatu Usaha

Dalam suatu usaha tentu tidak lepas dari masalah untung dan rugi. Sehingga Anda membutuhkan pembukuan sederhana untuk memantau kinerja keuangan suatu usaha.

Pembukuan ini secara sederhana berisi catatan modal, beban pengeluaran dan pendapatan yang diterima dalam suatu periode akuntansi untuk mengetahui besar keuntungan yang diperoleh.

Baca juga:  Usaha Cafe Modal 5 Juta : Check This Out!

3. Sebagai Strategi Usaha Selanjutnya

Pembukuan yang lengkap dan tertata dengan baik akan bermanfaat sebagai alat analisis kinerja sebuah usaha. Hasil analisis ini nantinya dapat membantu untuk membuat keputusan dan mengembangkan strategi usaha selanjutnya.

Pembukuan yang lengkap akan menghasilkan analisis yang tepat. Sehingga nantinya dapat menjadi panduan dalam mengambil keputusan dalam usaha.

Contoh Pembukuan Usaha Cafe

Dalam membangun usaha cafe, Anda harus membuat pembukuan agar usaha yang Anda jalani dapat berjalan dan sukses nantinya. Berikut ini contoh pembukuan usaha cafe:

1. Mencatat Pengeluaran

Saat awal menjalankan usaha cafe, buatlah buku khusus untuk mencatat pengeluaran. Catat semua belanja dalam usaha, mulai dari pembelian bahan baku, operasional hingga gaji karyawan secara jelas dan continue

2. Membuat Buku Catatan Pemasukan

Setelah membuat buku kas pengeluaran, Anda juga perlu menyiapkan buku kas pemasukan. Anda akan menggunakan buku kas pemasukan untuk mencatat setiap transaksi yang berhubungan dengan pemasukan usaha cafe Anda.

Misalnya, pencatatan jumlah produk yang berhasil didapat dalam sehari maupun piutang yang telah dibayar. Anda harus melakukan pencatatan pemasukan tersebut secara continue untuk memudahkan pembuatan pembukuan bulanan usaha Cafe Anda.

Baca juga:  Sukses F&B : Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana

3. Membuat Buku Kas Utama

Membuat buku kas utama sangat penting, karena buku ini nantinya akan Anda gunakan untuk menggabungkan antara buku kas pemasukan dengan buku kas pengeluaran. Dengan menggabungkannya, Anda dapat mengetahui secara detail berapa keuntungan ataupun kerugian usaha cafe Anda.

4. Menyediakan Buku Stok Barang

Bukan hanya mencatat keuangan, barang yang masuk dan keluar juga perlu dicatat. Semakin meningkat penjualan pada usaha Anda, maka intensitas barang yang masuk dan keluar pun akan semakin meningkat pula.

Dengan adanya buku stok barang, Anda akan mudah mengawasi persediaan barang yang ada.

Baca juga:  Penerapan Contoh POAC dalam Usaha Cafe

5. Membuat Buku Catatan Inventaris Barang

Dalam contoh pembukuan usaha cafe, Anda perlu mencatat semua barang-barang perusahaan yang telah dibeli dan diurus atau disebut inventaris. Semua jenis barang milik perusahaan harus dicatat dalam buku inventaris barang, baik itu barang hibah, sumbangan maupun yang dibeli melalui anggaran belanja.

6. Buku Laba Rugi

Buku terakhir yang harus Anda buat, yaitu buku laba rugi. Buku ini akan Anda gunakan untuk mencatat pendapatan dan beban perusahaan selama dalam periode tertentu.

Dengan membuat pencatatan laba rugi, Anda akan dapat mengetahui apakah usaha cafe Anda mengalami kerugian atau untung.

Contoh pembukuan usaha cafe ini bisa menjadi sedikit panduan dalam menjalankan usaha tersebut. Selamat mencoba dan sukses menjalankan usaha  cafe.