Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan : Let’s Try

Dariberita – Souvenir usaha rumahan yang menjanjikan banyak jenisnya. Cara mengelola bisnis ini juga sangat simpel. Bahkan penghasilannya cukup signifikan.

Pesta ulang tahun, pernikahan, perpisahan, kenaikan jabatan sering digelar. Biasanya pemilik acara akan memberikan souvenir sebagai cinderamata. Ini merupakan  potensi bisnis yang sangat menjanjikan. 

Kenapa Pilih Usaha Souvenir Rumahan

Di pasaran harga souvenir sangat beragam. Mulai dari beberapa sampai ratusan ribu per item. Usaha ini dapat menjadi sumber penghasilan tambahan, bahkan mata pencaharian utama. Kenapa memilih usaha souvenir rumahan? Berikut alasannya:

1. Mudah Mengelolanya

Usaha souvenir sangat simpel. Bahannya pun banyak tersedia. Cara menjualnya pun mudah. Bahkan secara tidak langsung jaringan pasar semakin lebar cukup dengan menempelkan brand pada produk pesanan.

Baca juga:  4 Cara Menghitung HPP Makanan + Studi Kasus!

2. Perputaran Modal Cepat

Setiap konsumen pasti memesan sejumlah item tertentu. Pengelola dapat mensyaratkan DP untuk membeli bahan. Perputaran modalnya pun cukup pesat karena rentang dari pesan sampai pembayaran pasti dan dekat.

3. Margin Menjanjikan

Bisnis souvenir memberi margin yang menjanjikan. Selisih harga ini merupakan keuntungan dan biaya tenaga kerja. Jika pengelola mengerjakan order sendiri maka labanya semakin besar.

 Namun untuk mengejar waktu pengerjaan agar semua pelanggan terlayani maka mencari tenaga kerja merupakan pilihan tepat. Keuntungannya pun akan tetap besar yang berasal dari volume penjualan

Jenis Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan

Konsumen lebih memilih souvenir rumahan karena unik dan mempunyai ciri khas. Bahkan dapat custom sesuai keinginan. Pelayanan ini membuat pelanggan semakin yakin dengan produk tersebut. Berikut jenis yang banyak peminatnya:

1. Aksesoris Manik-manik

Setiap wanita menyukai aksesoris. Rangkaian manik-manik dapat menjadi bros, gelang, kalung, anting dan strap masker cantik. Potensi pasar barang handmade ini masih cukup besar. Cara pembuatannya mudah dan tidak perlu banyak alat.

Baca juga:  Cara Jualan Online Laris di Shopee, Lazada, Tokopedia, hingga Bukalapak

Souvenir jenis ini cocok untuk pelanggan yang akan mengadakan acara ulang tahun atau pernikahan.  Buatlah beberapa sampel yang menarik untuk dipilih. Berikan juga bonus, misal setiap pemesanan sekian item akan mendapat jenis produk lain.

2. Barang Rajut

Meski banyak yang menjual rajut mesin dengan harga lebih murah, namun kualitasnya kurang terjamin. Selain itu juga tidak unik. Produk rumahan lebih mempunyai nilai jual dan target market yang luas.

Produk rajutan yang biasa untuk souvenir adalah strap masker, dompet koin dan gantungan kunci. Namun untuk acara eksklusif tidak menutup kemungkinan pelanggan akan memesan jenis yang berukuran besar seperti tas.

3. Perca

Kain perca dapat menjadi salah satu souvenir usaha rumahan yang menjanjikan. meski terkesan sampah, namun jika pandai untuk menjahitnya akan menjadi produk yang bernilai jual tinggi.

Baca juga:  Cara Membuat Tahu Gejrot Saus Kacang dan Kecap

Margin usaha ini cukup besar mengingat potensi pasarnya tinggi. Selain itu bahannya juga  murah. Konveksi atau penjahit rumahan di sekitar dapat menjadi supplier. Saat ini produk berbahan perca banyak peminatnya karena terkesan unik.

4. Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan dari Kertas Bekas

Kertas bekas bisa menjadi souvenir layak jual? Ya. Jika ingin memulai bisnis ini dapat belajar secara otodidak atau mengikuti kursus. Kertas bekas yang sudah dilebur, kemudian masuk tahap cetak dapat menjadi barang berkelas.

Potensi pasar souvenir berbahan kertas bekas pun tidak kalah besarnya. Barang yang sebelumnya merupakan sampah dapat menjadi produk berkualitas dan diminati. Bisnis rumahan ini dapat memberikan pemasukan yang lumayan.

Souvenir usaha rumahan yang menjanjikan cukup banyak jenisnya. Marketnya jelas dengan potensi keuntungan lumayan besar. Secara tidak langsung konsumen turut mempromosikan produk yang dibelinya  melalui nama brand yang tertempel.