cara bermain saham dengan modal 100 ribu

7 Rahasia Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa untuk investasi dan bermain saham membutuhkan modal besar. Padahal, terdapat cara bermain saham dengan modal 100 ribu saja. Jadi tidak perlu mengeluarkan modal jutaan bahkan ratusan juta untuk mulai bermain saham.

Sekarang ini sudah ada banyak platform digital yang bisa digunakan untuk membeli saham dengan harga mulai dari Rp10.000 saja. Meskipun mudah, namun bermain saham membutuhkan banyak persiapan. Salah satunya adalah persiapkan mental karena saham ini investasi dengan resiko tinggi.

Cara Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa tips dan cara bermain saham dengan modal 100 ribu saja. Bagaimana caranya? Simak tutorial langkah-langkahnya berikut ini, jangan sampai salah.

1. Pilih Sekuritas Terpercaya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih sekuritas yang terpercaya dengan biaya murah. Lakukan riset tentang semua perusahaan sekuritas yang ada, periksa latar belakang dan kebijakan yang mereka terapkan.

Beberapa sekuritas mengharuskan setoran awal minimal Rp1 juta. Namun ada juga sekuritas yang memberikan kebijakan setoran atau deposit awal lebih kecil. Bahkan ada perusahaan sekuritas dengan minimal deposit di bawah Rp100.000.

Baca juga:  5 Daftar Koin Micin Potensial yang Akan Booming

2. Perhatikan Biaya Transaksi

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu yang berikutnya adalah memperhatikan biaya transaksi. Biaya transaksi ini akan dibebankan ketika membeli dan menjual sebuah saham. Namun tidak perlu khawatir, biaya transaksi ini sangat kecil, mulai dari 0,1-0,4 persen saja.

Namun perhitungan biaya transaksi ini juga harus Anda perhatikan. Meskipun kecil, biaya ini akan sangat berpengaruh terhadap keuntungan Anda nantinya. Karena, semakin sering Anda jual beli saham, semakin besar potongan yang dibebankan.

3. Memilih Saham yang Tepat

Karena modal yang terbatas, Anda harus memilih saham yang benar-benar bagus. Sekarang ini sudah ada ribuan emiten saham yang tersedia di Bursa Efek Indonesia. Setiap saham ini tentu memiliki harga berbeda-beda.

Dengan modal tidak lebih dari Rp100 ribu, Anda harus mencari saham dengan harga dibawah Rp1.000 / lembar. Tidak perlu khawatir, ada banyak saham dengan harga terjangkau namun potensial. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • PT PP Presisi, Tbk. (PPRE)
  • PT Lippo Karawaci, Tbk. (LPKR)
  • PT Bank MNC Internasional, Tbk. (BABP)
  • PT Astra Graphia, Tbk. (ASG)
  • PT Bukalapak, Tbk. (BUKA)

4. Mulai Belajar Analisis Saham

Tips berikutnya untuk bermain saham dengan modal kecil, Anda harus belajar analisis pasar modal dan berbagai instrumen investasi untuk memperoleh prediksi-prediksi market ke depannya. Analisis ini bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari membaca berita pasar modal tentang perusahaan yang Anda beli sahamnya secara rutin, sampai dengan perusahaan-perusahaan yang sedang Anda incar.

Baca juga:  3 Candle Pembalikan Arah, Cocok Untuk Open Posisi!

Perlu Anda ketahui bahwa setiap berita yang muncul bisa mempengaruhi harga saham di market. Ketika ada prediksi negatif atau turun, Anda bisa jual saham dan memindahkannya ke emiten saham yang lain. Selain itu, Anda juga bisa melakukan analisis teknis dengan membaca grafik harga saham. Cara ini terbilang cukup sulit karena ada banyak faktor yang harus diperhatikan.

5. Tentukan Target Investasi

Langkah berikutnya dari cara bermain saham dengan modal 100 ribu adalah menentukan target investasi Anda. Anda harus membuat target keuntungan dan durasi investasi tersebut. Contohnya Anda ingin mendapat keuntungan tiga kali lipat dalam waktu lima tahun.

Bukan cuma itu saja, Anda juga harus menentukan keuntungan investasi saham ini nantinya akan dipakai untuk keperluan apa. Mengetahui atau menentukan target investasi sejak dini bisa membuat Anda lebih semangat dalam bermain saham. Contohnya dalam lima tahun lagi Anda ingin mengganti laptop atau Hp baru.

6. Punya Strategi Bermain Saham dengan Modal 100 Ribu

Setiap orang yang bermain saham tentu memiliki strategi sendiri dalam mengelola aset saham mereka. Oleh karena itu, Anda juga harus membuat strategi saham yang terbaik. Jika bingung, ada bisa mencari referensi di internet atau bertanya ke mereka yang sudah ahli.

Baca juga:  Teknik Cuan Manggunakan Support and Resistance

Strategi yang harus Anda buat adalah menentukan waktu terbaik untuk membeli dan menjual saham. Selain itu, buat juga strategi dalam menentukan stop loss. Stop los ini merupakan batasan besar kerugian untuk menjual saham ketika harga turun.

7. Konsisten Bermain Saham

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu mungkin terlihat sulit, namun tidak masalah. Asalkan Anda bisa konsisten bermain saham, bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar di masa depan dengan terus menggulung keuntungan.

Konsisten disini berarti Anda harus melakukan analisis data dan bermain saham dengan strategi yang tepat secara terus menerus. Jika memungkinkan, ada baiknya Anda menambah modal bermain saham kedepannya supaya bisa mendapat profit yang lebih besar.

Itulah tadi beberapa tips dan cara bermain saham dengan modal yang kecil. Meskipun modal kecil, Anda masih bisa bermain saham dan mendapat profit yang lumayan. Selain itu, untuk awal-awal modal ini juga sangat cocok sebagai pembelajaran. Jangan sampai Anda loss besar di saham ketika pertama kali bermain.