keuntungan investasi saham

4 Keuntungan Investasi Saham, Pemula Wajib Tahu!

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan istilah investasi? Bahkan mungkin Anda sekarang ini sedang asyik membicarakannya dengan teman tongkrongan. Keuntungan investasi ini lebih besar dibanding menyimpan atau depostio uang di bank.

Bukan cuma itu saja, menyimpan uang di bank tidak akan menambah uang Anda. Sedangkan jika Anda menginvestasikan uang Anda ke saham tertentu, Anda bisa mendapat berbagai keuntungan. Nah, bagi Anda yang belum tahu darimana saja keuntungan saham ini, berikut penjelasannya.

Keuntungan Investasi Saham

Apa saja keuntungan dari investasi saham? Kurang lebih ada dua keuntungan yang bisa Anda dapat dari saham. Yaitu keuntungan dari dividen dan capital gain, selain dua ini ada juga keuntungan saham bonus. Namun tidak semua perusahaan memberikan saham bonus, berikut penjelasannya.

1. Capital Gain

Capital gain merupakan perbedan harga beli dengan harga jual saham. Investor akan menargetkan harga jual yang lebih tinggi dibanding harga beli supaya mendapat keuntungan. Selisih harga ini terjadi karena adanya fluktuasi antara supply and demand pada saham tersebut.

Baca juga:  Pengertian Candlestick Engulfing dan Jenis-Jenisnya

Harga saham yang berubah bisa karena banyak hal, salah satunya adalah performa dari sebuah perusahaan waktu ke waktu.Biasanya, investor yang melakukan investasi jangka pendek mendapat keunntungan dari capital gain. Keuntungan tersebut dari analisa teknikal dengan mempelajari pola-pola tertentu yang muncul dalam market.

Sedangkan investor yang berorientasi ke investasi jangka panjang bisa menyeleksi emiten mana saja yang mempunyai potensi capital gain besar dengan menggunakan analisis fundamental. Itulah keuntungan investasi saham capital gain, selanjutnya adalah keuntungan dari dividen.

2. Dividen

Selain mendapat untung dari capital gain, Anda juga bisa mendapat keuntungan dari dividen. Apa itu dividen? Yaitu keuntungan perusahaan yang di berikan kepada semuua pemegang saham. Saat Rapat Umum Pemegang Saham (RPUS), para investor akan mendapat dividen dalam bentuk Rupiah sesuai jumlah saham kepunyaan.

Baca juga:  Tabungan yang Cocok Untuk Mahasiswa, Cek Di Sini

Dividen ini juga dapat dibagikan dalam bentuk penambahan saham milik investor. Pembagian dividen ini dilakukan saat kebanyakan pemegang saham sepakat untuk membagikan dividen. Namun tidak semua perusahaan yang mempunyai laba sepakat untuk membagikan dividen ke para investornya.

Anda bisa cek list perusahaan yang membagikan dividen mereka. Salah satunya adalah dengan memantau indeks IDX High Dividen 20 di halaman resmi milik Bursa Efek Indonesia.

3. Saham Bonus

Keuntungan investasi yang selanjutnya berasal dari saham bonus. Saham bonus ini merupakan salah satu hal yang bisa Anda peroleh ketika melakukan investasi saham. Tidak semua perusahaan memberikan para investornya saham bonus.

Saham bonus ini merupakan saham yang dibagikan perusahaan untuk para investor saham yang diambil dari agio saham. Apa itu agio saham? Agio saham adalah selisih antara harga jual dengan harga normal saham ketika perusahaan melakukan penawaran umum di market perdana. Saham bonus ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk para investor saham.

Baca juga:  7 Aplikasi Investasi Penghasil Uang Terpercaya OJK

4. Investasi Fleksibel

Anda tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk melakukan investasi saham. Beda dengan bisnis lain, Investasi ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun Anda berada memakai aplikasi atau platform investasi. Ada banyak platform investasi saham yang bisa Anda gunakan secara online.

Dengan adanya platform investasi online ini Anda tidak harus mengabaikan pekerjaan utama dan bisa bekerja sambil berinvestasi. Jadi selain mendapat gaji, Anda juga bisa mendapat keuntungan investasi saham setiap bulan atau tahun.

Itulah tadi beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat dari investasi saham. Investasi jenis ini tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga sehingga sangat cocok untuk dijadikan penghasilan tambahan.