bisnis waralaba

4 Bisnis Waralaba Yang Mudah Dijalankan, Bisa Dicoba!

Memulai sebuah bisnis atau usaha bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan skema bisnis waralaba atau yang lebih di kenal dengan istilah franchise. Bisnis ini menjadi salah satu jenis bisnis yang paling populer dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Namun sebenarnya apa itu usaha waralaba ini? Waralaba adalah suatu sistem pendistribusian jasa dan barang kepada pelanggan akhir dengan franchisor atau pewaralaba yang memberikan hak kepada perusahaan atau individu dengan melaksanakan sistem yang telah ditentukan pemilik franchise.

Bisnis Waralaba Yang Gampang Dilakukan

Ada banyak sekali jenis usaha waralaba di Indonesia. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa jenis waralaba yang mudah untuk dijalankan. Langsung saja simak artikel ini sampai selesai.

1. Kuliner

Kuliner menjadi salah satu bisnis waralaba yang sangat populer dan ada dimana-mana. Seperti yang kita tahu, keberadaan akan makanan dan minuman menjadi sebuah kebutuhan primer yang membuat industri kuliner ini tidak pernah mati.

Baca juga:  Resiko Usaha Kedai Kopi : Watch Out!

Contoh waralaba kuliner yang paling mudah ditemukan adalah makanan cepat saji. Kebanyakan usaha makanan cepat saji menjalankan usahanya dengan sistem waralaba ini. Selain makanan cepat saji, ada juga cukup banyak waralaba makanan dan minuman yang cukup mudah untuk dijalankan..

Makanan dan minuman ringan ini memiliki target pasar yang besar. Untuk kategori minuman ada boba, bubble tea, thai tea, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk kategori makanan ada kebab, cake, ayam geprek, dan masih banyak lagi. Modal yang dibutuhkan Rp8-12 jutaan.

2. Laundry

Bisnis waralaba selanjutnya yang juga cukup mudah di jalankan untuk pemula adalah Laundry. Laundry kiloan di daerah perkotaan mempunyai permintaan yang sangat tinggi. Karena padatnya aktivitas di masyarakat perkotaan, mereka lebih memilih memakai jasa laundry untuk cuci pakaian.

Baca juga:  Apa Itu Bisnis Daring dan Pemasaran? Ini Penjelasannya!

Bukan cuma di pakaian saja, Anda juga bisa laundry untuk benda-benda rumah tangga lain seperti helm, tas, sepatu, dan lain-lain. Usaha laundry ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis namun dengan budget yang masih terbatas.

Untuk memulai usaha laundry kiloan, modal awal yang harus Anda siapkan sekitar Rp8-12 juta. Tentu modal ini bisa kurang ataupun lebih tinggi tergantung dari fasilitas dan tempat yang di tawarkan oleh pemilik franchise laundry tersebut.

3. Tour dan Travel

Rekomendasi bisnis waralaba yang berikutnya adalah tour and travel. Sekarang ini berlibur bukan cuma sekedar hobi lagi. Melainkan menjadi tren terkini untuk mengunjungi tempat-tempat pelosok dalam dan luar negeri yang menarik.

Bisnis tour and travel ini termasuk bisnis yang sangat potensial di Indonesia. Sudah mulai banyak orang yang mencoba bisnis ini. Selain itu ada banyak jenis tour and travel, mulai dari layanan wisata umum yang menyediakan jasa ticketing, tour guide, sampai perjalanan wisata religi.

Baca juga:  Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Siapa Pun Bisa!

Untuk memulai usaha waralaba ini, Anda harus menyiapkan modal sekitar Rp10 juta. Selain itu, pastikan juga Anda bisa berbahasa Inggris jika menargetkan pasar orang luar.

4. Layanan Paket dan Ekspedisi

Bisnis layanan paket dan ekspedisi merupakan satu contoh bisnis waralaba terakhir yang kami rekomendasikan. Layanan ini sangat di butuhkan di Indonesia , mengingat sekarang ini orang-orang lebih suka berbelanja secara online.

Di Indonesia sendiri sudah ada banyak layanan usaha pengantaran dan ekspedisi seperti JNE, JNT, TIKI, dan masih banyak lagi. Anda jadi lebih bebas memilih mau menggunakan franchise layanan paket dan ekspedisi yang mana. Untuk modal awal pembelian waralaba, Anda harus siapkan modal Rp10-15 juta.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi bisnis waralaba yang mudah di jalankan dan bisa Anda pertimbangkan. Jika Anda punya modal dan ingin memulai usaha waralaba, bisa pertimbangkan ide yang kami rekomendasikan di atas.