Peluang Usaha Modal 1 juta di Kampung

Peluang Usaha Modal 1 Juta di Kampung untuk Anak Muda dan Ibu Rumah Tangga

Tidak perlu khawatir dengan keadaan yang demikian, karena pastinya masih banyak kesempatan untuk memulai usaha modal 1 juta di kampung. Penasaran jenis usaha apa saja yang bisa dilakukan, silakan simak penjelasan berikut. Memulai usaha dengan modal 1 Juta di kampung tentu bisa dilakukan. 

Di zaman yang semakin canggih ini pastinya banyak peluang yang menjanjikan. Meski demikian, banyak orang yang bingung memulai usaha apa di kampung dengan modal 1 juta. Tapi asalkan bisa memaksimalkan setiap peluang yang ada, modal terbatas pun bukanlah kendala yang berarti jika ingin memulai usaha.

Bahkan di kampung ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal minimal 1 juta.

Baca juga:  Inspirasi Usaha Anak Muda Kreatif dengan Modal Minim

Peluang Usaha Modal 1 juta di Kampung

Jika ditelaah baik-baik, ada begitu banyak usaha dengan modal 1 juta yang bisa diteladani dan menghasilkan omzet sampai berkali lipat. Sebagian besar orang menganggap modal 1 juta sangat kecil dan tidak sanggup untuk membangun usaha di kampung atau desa.

Jika melihat ada begitu banyak pebisnis yang sukses di kampung atau desa, maka diperlukan untuk membangun motivasi. Motivasi ini berguna agar dapat merintis bisnis meski dimulai dari usaha yang tergolong kecil-kecilan.

Membuka usaha memang tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Membuka usaha bisa dilakukan dengan modal kecil bahkan dengan modal 1 juta sekalipun. Asalkan ada niat, tenaga dan tekad maka sebuah usaha dapat terbangun sudah.

Usaha di kampung atau desa bisa sukses. Tidak ada kendala maupun halangan yang menjadikan tidak bisa membangun usaha dengan modal pas-pasan. Melalui modal 1 juta di kampung atau desa, maka dapat membuka usaha yang lebih beragam lagi jika dibandingkan dengan di kota.

Usaha sukses yang bisa dilakukan di kampung atau desa, ada beragam jenisnya. Jenis-jenis usaha yang bisa dilakukan di kampung atau desa hingga menghasilkan bisnis yang sukses diantaranya adalah sebagai berikut. 

Baca juga:  Peluang Usaha Rumahan yang Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda di Desa Dengan Membuka Les Private

1. Usaha Kaos

Salah satu jenis usaha sukses yang bisa dilakukan di kampung atau desa adalah usaha kaos. Usaha kaos ini cukup menjanjikan untuk dilakukan karena sekarang banyak peminat yang ingin selalu tampil dengan gaya terkini.

Usaha dengan modal 1 juta di desa atau kampung ini dapat digunakan untuk keperluan berbagai perlengkapan dan aksesori packing. Hal ini bisa dijadikan sebagai nilai tambah untuk produk yang dimiliki. Pembelian kaos ini juga dapat dilakukan melalui platform online atau marketplace.

2. Laundry Rumahan

Usaha sukses yang dapat dilakukan di kampung atau desa adalah laundry rumahan. Usaha ini hanya memerlukan tenaga dan niat saja. Melalui uang 1 juta, sudah dapat membeli mesin cuci yang bisa membantu bisnis rumahan ini.

Apabila ingin membuka penyedia setrika juga, maka cukup menambahkan modalnya untuk membeli setrika. Harga setrika bisa mulai dari Rp. 100.000 – Rp. 300.000 untuk mendapatkan setrika dengan kualitas yang cukup baik.

Baca juga:  Tips Memulai Bisnis Online Paling Cuan di Tahun 2021

3. Bibit Tanaman

Usaha sukses yang bisa dilakukan di kampung atau desa adalah menjual bibit tanaman. Bisnis ini berhubungan dengan agrikultura dengan modal 1 juta. Hal ini sangat sesuai dilakukan di desa karena dapat mendukung udara yang lebih bersih dan bebas polusi.

Salah satu contoh tanaman yang sedang naik daun adalah jenis succulent. Bisa dijadikan sebagai penjualan bibit succulent atau kaktus di kampung. Jika memang ingin dibudidayakan, bisa dikembangkan menjadi lebih banyak.

4. Reparasi Handphone

Saat ini telah banyak orang di kampung atau desa yang menggunakan handphone tiap harinya. Sehingga banyak yang membutuhkan tenaga reparasi handphone. 

Melalui modal 1 juta, sudah bisa menjadikan usaha reparasi handphone di kampung atau desa dapat dijalankan asalkan serius menekuninya.

Baca juga:  Jualan Produk Digital Yang Paling Menguntungkan

Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda di Desa

Selain contoh usaha yang telah disebutkan di atas, ada juga usaha yang cocok untuk anak muda di kampung atau desa. 

Tentunya masih dengan modal 1 juta yang dimiliki. Jenis usaha yang pas untuk anak muda di desa adalah sebagai berikut.

Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda di Desa Dengan Membuka Les Private

1. Les Privat

Anak-anak biasanya paling susah untuk diajak belajar. Oleh sebab itu, biasanya diperlukan sebuah tenaga didik yang telaten dan sabar untuk mengajaknya belajar. 

Bagi para anak muda yang memiliki jiwa entrepreneur, maka peluang ini bisa dimanfaatkan menjadi tenaga les privat.

2. Jualan Online

Jualan online dengan sistem dropship merupakan salah satu peluang bisnis dengan modal 1 juta yang memungkinkan. 

Sistem dropship mengizinkan untuk memperoleh pemasukan besar. Modal utama hanya terletak pada handphone dan paket data saja.

Baca juga:  Inspirasi Usaha Anak Muda Kreatif dengan Modal Minim

3. Jasa Editing Video

Di era yang serba digital, hampir sebagian besar orang terhubung dengan internet. Salah satu konten yang banyak dicari orang dan ramai dibicarakan adalah video. 

Oleh sebab itu, jasa editing video sangat diperlukan jika memang berminat untuk membuka peluang usaha.

4. Penetasan Telur

Usaha yang bisa dilakukan oleh anak muda di kampung atau desa adalah penetasan telur. Penetasan telur memberikan keuntungan yang lumayan besar. Biasanya 1 telur mentah dihargai Rp. 2.500 namun ketika ditetaskan menjadi anakan ayam menjadi Rp. 7.000- Rp. 8.000.

5. Budidaya Ikan

Apabila mempunyai lahan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kolam dengan terpal maka bisa diadakan budidaya ikan. Budidaya ikan yang menguntungkan adalah ikan lele. 

Hal ini dikarenakan budidaya ikan lele menghasilkan nilai jual yang tinggi dan pertumbuhan yang pesat.

Baca juga:  Tips Memanfaatkan Sosmed untuk Menjalankan Online Shop

Usaha Jangka Panjang di Desa

Tinggal dan berdomisili di kampung atau desa bukan berarti kehilangan peluang untuk membuka usaha yang sukses. 

Ada begitu banyak peluang usaha jangka panjang yang bisa dilakukan di desa atau kampung. Berikut adalah jenis usahanya.

Usaha Jangka Panjang di Desa Dengan Ternak Kambing

1. Ternak Kambing

Di daerah desa atau kampung ada begitu banyak rumput yang dapat dijadikan sebagai sumber pangan bagi kambing. 

Sehingga beternak kambing cukup mudah bila dilakukan di desa atau kampung. Tentu keuntungan yang didapatkan pun lebih besar.

2. Budidaya Jamur

Jamur merupakan pilihan usaha yang patut untuk dicoba. Hal ini dikarenakan keuntungan yang dihasilkan cukup besar. 

Budidaya jamur hanya membutuhkan modal kecil sekitar 1 juta saja. Jamur tiram merupakan jenis jamur budidaya yang paling banyak dikembangkan.

Baca juga:  Simak Langkah Memulai Usaha Online Tanpa Modal

3. Tanam Sayur

Usaha yang bisa dilakukan di desa atau kampung selanjutnya adalah tanam sayur-mayur. Apalagi jika tinggal di tempat yang wilayah tanahnya subur, maka bisa memanfaatkan peluang ini untuk memulai usaha jangka panjang.

Dewasa ini bertanam sayur bisa dilakukan dengan metode yang unik dan modern. Salah satunya adalah dengan sistem hidroponik. Melalui sistem ini maka sayuran yang ditanam, akan jauh lebih banyak dan segar.

4. Ternak Ayam Kampung

Tinggal di desa atau kampung merupakan hal yang paling cocok bila beternak. Salah satu ternak yang bisa menghasilkan keuntungan yang besar adalah ayam kampung. 

Usaha ini termasuk ke dalam usaha jangka panjang yang bisa dilakukan di desa atau kampung dengan keuntungan yang menjanjikan.

Apapun usaha dan bisnis yang dibutuhkan bukan hanya modal besar, namun juga keberanian, tekad dan keuletan agar dapat menjalankan usaha meski hanya dengan modal seadanya. Apalagi di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, dengan memaksimalkan teknologi yang ada usaha modal 1 juta di kampung pun bisa diwujudkan.