bisnis ikan cupang

5 Tips Cara Bisnis Ikan Cupang untuk Pemula

Dunia bisnis selalu berkembang dan tidak ada matinya. Setiap orang berusaha mengembangkan usaha mereka, baik itu usaha yang benar-benar baru maupun yang sudah ada dengan modifikasi unik. Salah satu bisnis yang sedang ramai belakang ini adalah bisnis ikan cupang.

Ikan cupang merupakan jenis ikan hias yang mempunyai bentuk tubuh kecil dengan sirip lebar dan dipenuhi warna-warna cantik yang bervariasi. Bentuk dan warnanya yang indah membuat orang-orang tertarik untuk memelihara jenis ikan ini. Melihat banyaknya penggemar ikan cupang, Anda bisa manfaatkan untuk membuka bisnis.

Cara Bisnis Ikan Cupang untuk Pemula

Cara Bisnis Ikan Cupang

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara budidaya dan cara bisnis ikan cupang. Bagi Anda yang tertarik dengan ikan hias ini, simak tips budidaya ikan cupang berikut ini.

Baca juga:  Tidak Punya Modal? Ini Cara Menjadi Reseller Tanpa Modal

1. Mengetahui Jenis Ikan Cupang

Langkah pertama untuk memulai bisnis ini adalah mengetahui jenis-jenis ikan cupang. Ikan cupang ini mempunyai dua jenis yaitu cupang adu dan cupang hias. Selain itu, ada banyak juga spesies ikan cupang dimana sebagian memiliki harga yang mahal.

Untuk mengetahui harga dari ikan cupang yang mahal, Anda bisa bergabung ke komunitas pecinta cupang atau berteman dengan para pedagang ikan cupang yang lain. Dari sinilah Anda bisa mengetahui segala informasi mengenai ikan cupang.

2. Mengawinkan Ikan Cupang

Setelah mengetahui jenis ikan cupang, langkah berikutnya untuk cara bisnis ikan cupang adalah membudidayakannya. Anda bisa langsung beli bibit ikan cupang dan mengawinkannya untuk menghasilkan keturunan.

Ikan cupang yang bisa dikawinkan minimal harus berumur 4-8 bulan. Untuk cupang jantan, pastikan ikan tersebut memiliki pergerakan lincah dan sirip yang panjang. Sedangkan untuk yang betina, pastikan pergerakannya lambat dan badannya bulat.

Baca juga:  Bisnis Retail: Pengertian, Fungsi dan Tujuan

3. Pemijahan Ikan Cupang

Apabila ikan cupang Anda sudah layak untuk dikawinkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pemijahan. Pemijahan adalah proses mengeluarkan sel telur si betina dan sperma cupang jantan. Perkawinan ikan cupang ini bisa menghasilkan ribuan bibi ikan cupang baru setelah dibuahi.

Namun tingkat kematian dari bibit ikan ini sangat tinggi. Kemungkinan hidupnya hanya 30-50%. Untuk langkah-langkahnya bisa Anda tanyakan ke komunitas ikan cupang atau bisa cari di google. Lebih bagus lagi jika Anda bertanya langsung ke orang yang sudah berpengalaman.

4. Teknik Merawat Ikan Cupang

Tips dalam memulai bisnis ikan cupang adalah mengetahui teknik dalam merawat ikan cupang. Ikan-ikan cupang yang akan dijual ini harus dirawat dengan baik. Beberapa tips dalam merawat ikan cupang adalah menjaga kualitas air dengan menggantinya secara berkala.

Jangan lupa juga memberikan filter pembersih supaya ikan selalu sehat. Anda tidak boleh menggabungkan ikan cupanng jantan di satu tempat karena mereka sangat agresif dan bisa saling serang. Anda juga harus memberikan makanan cupang terbaik, salah satunya adalah kutu air 3x sehari.

Baca juga:  Wajib Tahu! Berikut Ini Cara Jualan Di Shopee Lewat HP

5. Pemasaran dan Penjualan

Setelah melakukan semua langkah di atas dan berhasil membudidayakan ikan cupang, langkah terakhir adalah melakukan pemasaran dan penjualan. Untuk pemasaran, Anda bisa melakukannya di komunitas pecinta ikan cupang, lewat media sosial, atau bisa juga menawarkan langsung ke teman-teman dekat Anda.

Anda bisa mendapat keuntungan lewat menjual ikan cupang ini. Harganya sendiri sangat bervariasi tergantung dari spesies ikan cupang tersebut. Harga ikan cupang hias berkisar antara belasan ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah.

Nah itulah tadi beberapa tips cara bisnis ikan cupang untuk pemula. Bagi Anda yang ingin memulai usaha ikan cupang, pastikan menerapkan tips yang kami berikan di atas tadi.