ide jualan anak sekolahan

Kerajinan Tangan yang Mudah Dijual dan Digemari

Ingin memiliki bisnis, tetapi bingung memulainya dari mana? Cobalah mengecek hobi dan passion. Salah satu contoh hobi yang bisa berubah menjadi bisnis adalah bidang kerajinan tangan. Jadi, jika punya keahlian membuat sesuatu dan ingin menjadikannya sebagai bisnis, sebaiknya mengetahui kerajinan tangan yang mudah dijual dan memiliki banyak penggemar.

Jenis Kerajinan Tangan yang Mudah Dijual

Kerajinan tangan merupakan suatu produk buatan manusia, baik menggunakan alat sederhana, maupun mesin. Tidak semua kerajinan tangan dapat diproduksi secara masal. Meskipun demikian, ada juga jenis kriya tangan ini yang membuatnya bisa dalam jumlah banyak. Ingin mencoba menggeluti bisnis rumahan ini? Silakan cek beberapa contohnya.

Aneka Buket

1. Aneka Buket

Rangkaian bunga merupakan pengertian dasar dari buket. Awalnya, produk ini hanya berupa berbagai macam bunga dan daun potong segar dengan pengaturan yang artistik. Kemudian, muncul varian buket yang menggunakan bunga artificial (buatan). Tentu produk ini lebih tahan lama,

Selanjutnya, ternyata jenis kerajinan tangan buket pun semakin berkembang sesuai perkembangan zaman. Tidak hanya bunga, boneka, snack, buku, bahkan uang, menjadi rangkaian dalam buket dengan lapisan kertas warna-warni. Saat ini, buket merupakan produk yang memiliki banyak penggemar.

Meskipun tampak sederhana, proses pembuatan buket ini perlu mengandalkan kreativitas, keterampilan tangan dan ide untuk variasinya. Dengan demikian, bisnis tersebut akan tampak menonjol dan unggul dalam persaingan.

kerajinan tangan yang mudah dijual

2. Produk Rajut

Selanjutnya, ada jenis kerajinan tangan yang mudah dijual lainnya, yaitu produk rajut. Seolah tak lekang oleh waktu, hasil rajutan tangan memang tetap menjadi kegemaran banyak orang. Jenis produk rajut yang tidak bergantung pada tren adalah tas, dompet, boneka, juga topi dan sepatu bayi.

Meskipun demikian, ada juga produk rajut musiman, seperti konektor  dan strap masker. Asalkan peka terhadap tren, tentu akan mudah bertahan dalam persaingan pasar. Selain itu kreativitas dan skill merajut dengan rapi juga menjadi nilai plus.

Kerajinan Tangan yang Mudah Dijual Berbahan Resin

3. Kerajinan Tangan yang Mudah Dijual Berbahan Resin

Resin merupakan cairan transparan yang berasal dari getah pohon runjung. Cairan ini dapat membeku menjadi sebuah padatan dengan menjemurnya. ternyata, di tangan orang yang kreatif, resin bisa menjadi bahan baku jenis kerajinan tangan yang unik, memiliki fungsi, dan menarik. 

Dari bunga mungil yang cantik, hingga barang yang tak terduga, bisa menjadi kerajinan yang mudah dijual dan memiliki banyak penggemar. Membuat kreasi resin memang memerlukan kehati-hatian dan ketelitian tinggi. Selain itu perlu juga adanya ide kreatif yang unik dan berbeda. Semakin unik bentuk karyanya, pelanggan pun akan lebih tertarik, sehingga banyak yang membelinya.

kerajinan tangan yang mudah dijual - Scrapbook Unik

4. Scrapbook Unik

Suka mengumpulkan foto dan aneka gambar unik lalu menempelkannya menjadi sebuah kliping cantik? Tidak ada salahnya mengubah kegemaran ini menjadi bisnis. Scrapbook adalah seni keterampilan tangan dalam menyusun foto, gambar, potongan tulisan dan ornamen cantik dalam sebuah buku.

Bentuk kerajinan yang mudah dijual ini juga memiliki banyak penggemar. Tidak hanya untuk koleksi pribadi berisi kenangan, tak jarang konsumen menghadiahkannya untuk orang spesial. Cukup dengan memanfaatkan media sosial berbekal foto produk yang menarik, bisnis kerajinan tangan scrapbook ini pasti berpotensi laku keras.

Kerajinan Tangan Yang Dapat Dijual - Mangkuk Dari Batok Kelapa

5. Kerajinan Tangan Berupa Mangkuk dari Batok Kelapa

Berikutnya, masih ada lagi jenis kerajinan tangan yang banyak memiliki penggemar, yaitu yang berbahan baku dari alam. Contohnya adalah mangkuk dari batok kelapa. Cukup dengan membelah kelapa dan membersihkan batoknya dengan menggunakan amplas. Selanjutnya melapisi bagian luarnya menggunakan pernis.

Agar memiliki nilai estetik, bisa dengan menambahkan kawat tembaga yang bergulung membentuk motif dekoratif. Selain itu, potongan kecil batok kelapa juga bisa menjadi pelapis permukaan pigura, sehingga memiliki tampilan artistik. Asalkan memiliki kreativitas tinggi, tentu bisa mengubah limbah batok kelapa menjadi suatu kerajinan tangan yang mudah dijual.

Baca juga:  Wirausaha Kerajinan Bahan Limbah Adalah Seperti Ini