Rincian Modal Usaha Café Sederhana

Sukses F&B : Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana

Dariberita – Banyak yang penasaran, berapa sih rincian modal usaha cafe sederhana? Beberapa ada yang mengatakan kalau modal 10 juta sudah cukup untuk membuka cafe sederhana. Namun, apa benar dengan modal segitu cukup untuk membuka cafe? Lalu berapa kira-kira modal yang tepat untuk terjub ke bisnis F&B  atau food and beverage ini? 

Sebelumnya perlu diketahui ada berbagai macam cafe, salah satunya adalah cafe mini. Meskipun terbilang kecil, tapi modal yang dibutuhkan juga tidak sedikit. Oleh karena itu, ketahui semua kebutuhan untuk membuka cafe sederhana dari penjabaran berikut ini. 

Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana yang Harus Diketahui

Memulai bisnis cafe sama saja dengan bisnis nongkrong. Bagi yang sering nongkrong pasti sudah mengetahui konsep yang bagus ketika memutuskan untuk memulai bisnis cafe. Tapi, sebelum membahas konsepnya, ada baiknya mengetahui rincian modal usaha cafe sederhana

1. Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana untuk Peralatan

Meskipun akan mendirikan cafe sederhana, bukan berarti tidak memiliki peralatan yang memadai. Ada beberapa alat yang harus dimiliki oleh cafe, meskipun tidak secanggih milik cafe besar. Tapi masih bisa dipakai secara maksimal. Berikut uraiannya. 

  • Alat seduh kopi sederhana atau Moka Pot, kisaran harganya 250 ribu. 
  • Alat seduh kopi dengan saringan, kisaran harga 1,1 juta. 
  • Alat seduh kopi dengan filter paper, kisaran harga 120 ribu. 
  • Alat untuk menghilangkan ampas kopi atau disebut French Press, harga 325 ribu. 
  • Alat manual brewing dengan kisaran harga 100 ribu. 
  • Ketel pemanas, harga 130 ribu. 
  • Alat penggiling kopi, seharga 300 ribu. 
  • Alat saji kopi, dengan kisaran harga 200 ribu
  • Gelas pengaduk kopi dengan harga 50 ribu. 
  • Alat untuk membuat buih susu atau cream, memiliki harga 130 ribu. 
  • Kompor mini untuk memanaskan kopi, harganya 360 ribu. 

Semua peralatan di atas jika dijumlahkan harganya sebesar 3 jutaan. Dari sini sudah terlihat barang apa saja yang benar benar dibutuhkan oleh sebuah cafe, meskipun hanya sederhana. 

Baca juga:  5 Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal : Its Works!

2. Modal Perlengkapan

setelah membahas peralatan apa saja yang dibutuhkan ketika membuka bisnis cafe sederhana. Selanjutnya adalah menghitung peralatan apa saja yang nantinya dibutuhkan ketika cafe tersebut mulai dibuka. 

  • Meja dan kursi, pilih desain yang sederhana saja dan akan lebih murah jika memesan pada mebelnya langsung. Anggarannya sekitar 1 juta. 
  • Kompor, alat memasak air, dan cangkir saji bisa dianggarkan sebesar 700 ribu. 
  • Aksesoris tambahan untuk ruangan cafe sebesar 500 ribu. 
  • Bahan makanan, kopi, susu, the cukup anggarkan sebesar 2 juta. 

Total untuk modal membeli perlengkapan cafe adalah 4, 2 juta. Ketika pertama kali membuka cafe sederhana, tidak usah mengambil pegawai terlebih dahulu. Namun jika kesulitan menghandle semuanya, maka bisa mengangkat pegawai.

Baca juga:  Penerapan Contoh POAC dalam Usaha Cafe

3. Biaya Lain-lainya

Selain biaya peralatan dan perlengkapan cafe, ada biaya lainnya yang harus dipikirkan. Yaitu biaya pasang listrik yang nantinya akan dipakai oleh cafe tersebut. Jangan lupa biaya perizinan usaha. Anggaran pemasangan listrik  sebesar 1, 7 juta dan biaya perizinan usaha sebesar 150 ribu. 

Dari simulasi di atas, jika dijumlahkan semuanya maka modal yang nantinya dikeluarkan tidak lebih dari 10 juta. Tapi moda tersebut belum termasuk jika memiliki pegawai. Jangan lupa untuk mulai menjalankan beberapa srategi ketika membuka bisnis cafe. Supaya bisa berjalan lancar. 

Demikian rincian modal usaha cafe sederhana yang harus diketahui, terutama bagi pebisnis pemula yang ingin membuka cafe. Ingat, jangan memilih nama cafe yang sulit. Buatlah nama yang unik namun mudah pelafalannya dan mudah diingat oleh konsumen. Perhatikan juga kualitas makanan yang akan disajikan. Semangat mencoba. 

Baca juga:  3 Tips Bisnis Baju Modal 1 Juta : Anti Gagal dan Terbukti Works