memulai-usaha-diusia-muda

Mengapa Harus Memulai Usaha di Usia Muda? ini Alasannya

Sering sekali ditemui anyak motivator menyarankan untuk memulai usaha di usia muda. Banyak orang menilai bahwa usia muda adalah masa yang menggebu-gebu. Tidak salah memang, karena mereka masih cenderung kreatif.

Uniknya, mereka justru takut dan ragu ketika ingin memulai usaha. Padahal, ada banyak sekali keuntungan ketika berani memulai usaha ketika usia muda. Setidaknya, pengalaman yang didapatkan jauh lebih banyak.

Usia 20-an dan 30-an menjadi masa yang sangat tepat ketika ingin mendirikan usaha. Jangan berpikir untuk memulai usaha besar terlebih dahulu. Cukup mulai dari membangun bisnis kecil dan mengembangkannya.

Baca juga:  Melihat Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

Alasan Harus Memulai Usaha di Usia Muda

Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa seseorang harus berasi menjalankan bisnis sendiri ketika muda. Beberapa orang bahkan sudah memulai usaha kecil-kecilan sejak bangku sekolah. Lalu, mengapa harus mulai menjalankan usaha?

1. Memiliki Waktu Lebih Leluasa

Banyak orang berpikir bahwa sebelum usia 30-an bahwa waktu tidak akan ada habisnya. Masih banyak waktu yang dapat dilakukan untuk melakukan banyak hal. Bersenang-senang, melanjutkan pendidikan, atau justru memulai usaha.

Ada banyak kesempatan mengembangkan diri dengan mulai berbisnis. Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk mencoba, gagal, lalu coba lagi, hingga akhirnya berhasil. Momen ini seharusnya dapat dimaksimalkan dengan baik.

“setiap orang memiliki jatah gagal, jadi, habiskan jatah gagalmu di usia muda”. Ini merupakan salah satu kutipan yang banyak orang katakan. Artinya, Anda memiliki peluang keberhasilan lebih tinggi ketika tua.

Jangan takut mencoba untuk memulai menjalankan bisnis sendiri. Investasikan diri Anda dengan berbagai hal bermanfaat. Mengikuti seminar hingga pelatihan dapat membantu mengembangkan usahamu, meskipun berjalan secara bertahap.

Baca juga:  Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda Dengan Modal Minim

2. Tidak Takut Kehilangan

Sebagian besar mereka yang berusia di bawah 30 tahun tidak memiliki terlalu banyak tanggungan. Setidaknya, mereka tidak memiliki tanggungan untuk menyekolahkan anak, atau tanggungan finansial besar lain.

Sayangnya, beberapa orang justru takut ketika ingin memulai sesuatu. Alasannya adalah karena takut gagal, takut rugi, atau takut kehilangan orang sekitar. Justru inilah yang memang harus dibayar jika ingin sukses.

Memulai usaha di usia muda memang memiliki banyak risiko, termasuk kehilangan sesuatu. Namun, sebagai anak muda, tidak seharusnya rasa takut menghalangi kesuksesan, bukan? Justru, harusnya menjadi semangat untuk berkembang.

Tidak logis memang jika ingin sukses, tapi tidak mengorbankan sesuatu. Buatlah to do list dari ide-ide kreatifmu dan bulatkan tekad. Realisasikan setiap ide kreatifmu dalam bentuk tindakan nyata.

3. Masih Memiliki Banyak Energi

Mencoba berbagai hal baru membutuh energi, baik tenaga maupun pikiran. Fisik prima hanya akan Anda dapatkan ketika masih usia muda. Kondisi tubuh masih bugar dan fungsi anggota badan masih bekerja.

Ini juga yang membuat mengapa menjalankan bisnis ketika masih muda sangat tepat dilakukan. Fisik yang masih prima dapat menopang aktifitas Anda ketika bekerja keras demi membangun usaha.

Lelah ketika beraktifitas dapat Anda hilangkan dengan istirahat cukup. Berbeda ketika usia tua, Anda harus melakukan banyak upaya supaya tetap sehat. Jadi, jangan sia-siakan usia emas ini.

Baca juga:  Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!

4. Cenderung Kreatif

Sadar atau tidak, hampir semua bisnis kekinian diciptakan oleh anak muda. Dari bisnis minuman kekinian, tempat hangout, bahkan hingga usaha lainnya lebih banyak dikembangkan generasi usia di bawah 30 tahun.

Fungsi otak juga masih dalam kondisi terbaiknya untuk memikirkan ide luar biasa. Apalagi, berkembangnya dunia digital cukup berpengaruh mengembangkan ide bisnis. Bisa dilihat dari banyak pekerjaan baru muncul.

Misalnya, dulu tidak ada orang yang berpikir bahwa menulis dapat menghasilkan. Sekarang, beberapa orang sudah melihatnya sebagai peluang usaha. Akhirnya, mereka mendirikan sebuah agensi sebagai wadah mengembangkan peluang tersebut.

5. Kemampuan Beradaptasi

Tidak diragukan lagi bahwa usia muda adalah masa seseorang lebih mudah beradaptasi. Percaya atau tidak, pelaku industri kreatif di dunia didominasi oleh anak muda. Mereka mampu menciptakan model usaha baru.

Kemampuan adaptasi yang jauh lebih baik menjadikan memulai usaha di usia muda bukan hal mustahil. Banyak kisah inspiratif di mana orang usia di bawah 30 tahun mampu beradaptasi dan berinovasi.

Memang, tidak ada terlambat untuk memulai sebuah bisnis. Namun, apa yang terjadi jika Anda memulai jauh lebih awal. Setidaknya, memulai usaha di usia muda akan memberikan kesempatan sukses lebih besar.

Baca juga:  Peluang Usaha Modal 1 Juta di Kampung untuk Anak Muda dan Ibu Rumah Tangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.