Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

Melihat Contoh Usaha Modal Kecil Yang Belum Banyak Pesaing

Zaman terus mengalami perkembangan. Teknologi kian meroket, kompetitor semakin banyak dan ada di mana-mana. Oleh sebab itu kita dituntut harus lebih kreatif. Namun, sebenarnya ada beberapa contoh usaha modal kecil yang bisa kamu tiru.

Akan tetapi kamu harus mempunyai pola pikir yang kreatif untuk memanfaatkan peluang yang ada, walau peluang itu kecil. Contohnya, dalam memulai suatu usaha, mulailah dengan usaha bermodal minim.

Untuk perkara modal, sebenarnya tergantung pilot, dalam hal ini adalah Anda. Kemampuan meminimalisir pengeluaran untuk modal, akan menjadi sangat penting dalam memulai usaha. Apa lagi, jika Anda masih baru atau pertama kali merintis usaha.

Baca juga:  11 Rekomendasi Bisnis online untuk Pelajar Tanpa Modal, Berani Coba?

5 Contoh Usaha Modal Kecil

Saat ini ada juga usaha yang memang minim modal. Maksudnya, tidak lagi membutuhkan kemampuan meminimalisir pengeluaran untuk modal. Misalnya pada contoh usaha modal kecil yang akan kita bahas pada kesempatan ini.

Tidak hanya minim modal, tetapi 5 contoh berikut termasuk ke dalam contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing. Tentu ini akan sangat bagus untuk Anda yang belum punya banyak pengetahuan dan pengalaman dalam merintis suatu usaha.

Berikut beberapa contoh ide usaha modal kecil yang harus kamu perhitungkan dimasa pandemi seperti saat ini:

1. Produk Daur Ulang

Sampai saat ini, produk daur ulang selalu punya pasarnya sendiri. Lumayan banyak peminat dari produk daur ulang ini. Sebab, orang melihat melalui fungsi secara estetik dan kegunaannya dari produk daur ulang ini.

Usaha yang satu ini, termasuk ke dalam usaha dengan modal minim karena tidak membutuhkan banyak biaya untuk mendapatkan bahan baku. Bahan baku adalah sampah yang sebenarnya dapat dengan mudah ditemui di lingkungan sekitar.

Contoh produk hasil daur ulang yang mudah dibuat dan memiliki nilai jual yang tinggi, misalnya kerajinan tangan, pot bunga, tas, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda Dengan Modal Minim

2. Membuka Jasa Menulis

Usaha yang mengandalkan jasa, sudah pasti minim modal. Khusus untuk jasa menulis, cuman membutuhkan skil merangkai kalimat dan alat penunjang lainnya seperti ponsel, buku, alat tulis, dan lain-lain.

Contoh pekerjaan yang membutuhkan jasa menulis adalah dengan menjadi penulis website dan blog. Di era digital, banyak orang yang sudah memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan barang dan menghasilkan uang. Dengan membuka usaha jasa menulis, peluang semakin terbuka lebar.

3. Jasa Mengajar Online

Lagi, usaha jasa menjadi contoh usaha modal kecil yang mampu mendatangkan keuntungan. Untuk persaingan dari usaha yang satu ini, sebenarnya bervariasi tergantung jasa mengajar apa yang ditawarkan.

Semakin unik jasa mengajar, maka semakin rendah juga persaingannya. Misal jasa mengajar atau privat online, membuat kerajinan tangan, membuat makanan daerah, dan lain sebagainya.

Namun, perlu diingat. Ketika membuka jasa mengajar, sebelumnya pertajam terlebih dahulu skil yang relevan dengan apa yang akan diajarkan pada banyak orang nantinya. Sebagai contoh, membuka jasa mengajar online membuat kerajinan tangan. Jadi, si pengajar harus benar-benar paham cara membuat kerajinan tangan. Sediakan juga alat-alat penunjang lainnya seperti laptop, ponsel, koneksi internet, dan lain sebagainya untuk menunjang proses mengajar yang akan dilaksanakan secara online.

Baca juga:  11 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya dan Patut Dicoba!

4. Ternak Telur Kroto

Di kalangan pencinta burung kicau, telur kroto menjadi cukup populer karena dipakai menjadi pakan burung yang cukup menyehatkan.

Kroto dihasilkan oleh semut rangrang. Cara ternaknya cukup mudah dan hanya menggunakan alat sederhana yakni paralon. Ada banyak referensi yang menjelaskan cara ternak telur kroto ini. Kamu bisa melihat referensi atau mengkreasikan sendiri cara ternak telur kroto ini.

5. Jual Sarapan

Zaman sekarang, orang-orang punya keinginan untuk mendapatkan atau menyelesaikan sesuatu secara instan. Tak terkecuali dalam urusan sarapan.

Apa lagi bagi mereka yang super sibuk, pasti sudah tidak ada lagi waktu untuk membuat sarapan. Anda bisa melihat ini sebagai peluang yang cukup menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan.

Buatlah usaha jual sarapan yang menarik dan berbeda dengan tempat jual sarapan lainnya. Misalnya, dari segi menu. Anda menyediakan menu yang bervariasi. Bisa juga dari tempat, atau apa pun itu yang kiranya menarik dan dapat menyita banyak perhatian orang.

Baca juga:  Tips Memulai Usaha Ternak Bebek Pedaging

Cara Mengetahui Contoh Usaha Modal Kecil Belum Banyak Pesaing

Cara mengetahui suatu usaha adalah usaha low kompetitor atau yang punya persaingan rendah, sebenarnya cukup mudah. Usaha low kompetitor punya ciri-ciri mendasar. Apa itu? Pertama, masih banyak orang yang merasa asing dengan usaha yang akan kamu jalani.

Ini indikasi yang paling nyata. Dengan banyaknya orang yang merasa asing dengan usahamu, berarti tandanya, usahamu itu baru kamu yang membuatnya. 

Kedua adalah belum digarap oleh perusahaan besar. Ketika suatu usaha mau itu yang modalnya kecil, usaha yang mudah dilakukan, tetapi kalau lawan atau kompetitornya adalah perusahan besar, sama saja. Usaha itu, akan sulit untuk ditaklukkan karena kompetitor sudah punya nama besar dan dikenal juga dipercaya oleh banyak orang.

Tips Memulai Usaha Modal Kecil

Untuk menjadi sukses dengan memanfaatkan contoh usaha modal kecil, Anda harus punya persiapan. Tidak hanya persiapan teknik memulai juga perlu. Jadi, berikut ini adalah tips memulai usaha modal kecil untuk membuat usaha Anda menjadi lebih berkembang dan meminimalisir kerugian.

1. Fokus

Tips memulai usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang pertama adalah dengan selalu fokus pada tujuan. Gunakan segala waktu dan tenaga yang ada untuk mengembangkan bisnis. Dengan begitu, Anda dapat memahami lebih jauh persoalan seluk beluk bisnis kamu.

2. Menghitung Modal yang Digunakan

Dengan menghitung modal yang digunakan untuk memulai bisnis, Anda bisa melihat barang apa saja yang sebenarnya tidak Anda perlukan dulu untuk waktu dekat. Prioritaskan barang yang diperlukan dalam jangka waktu yang dekat saja terlebih dahulu.

Baca juga:  Penting! Sebelum Memulai Bisnis, Sebaiknya Perhatikan Hal ini

3. Punya Strategi dalam Mengelola Uang

Bisnis perlu yang namanya pengelolaan uang dengan baik. Apa lagi, bisnis yang Anda akan jalani adalah bisnis dengan modal kecil. Semua pengeluaran, harus benar-benar diatur, agar tidak perlu lagi memakan banyak dana.

4. Melakukan Banyak Inovasi

Tips selanjutnya memulai bisnis dari contoh usaha modal kecil adalah dengan terus menciptakan inovasi agar pelanggan tidak bosan. Dengan begitu, bisnis Anda akan tetap terus berjalan.

5. Jangan Larut dalam Kegagalan

Tips terakhir adalah dengan tidak larut pada kegagalan. Gagal memang kerap kali terjadi. Namun untuk larut dalam kegagalan, jangan pernah terjadi.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai contoh usaha modal kecil. Apa pun usahanya, jika Anda mencintai dan menjalankan usaha dengan ikhlas, maka hasil akan baik pula. Pilihlah usaha yang sesuai dengan kemampuan dan keadaan Anda. Dengan begitu, Anda akan mencintai usaha yang Anda jalani. Akhirnya, hasil akan memperlihatkan hal baik dan positif pula.

Baca juga:  Mengapa Harus Memulai Usaha di Usia Muda? ini Alasannya