Kerjasama Distributor Sembako : Cara Jitu Tingkatkan Cuan

Dariberita – Bisnis sembako memang menggiurkan, karena memiliki repeat order tinggi. Namun, meskipun tampak menjanjikan, perlu strategi agar bisa mendapatkan cuan. Salah satu triknya adalah menjalin kerjasama distributor sembako sebagai support.

Nyatanya, setiap bisnis selalu membutuhkan support. Baik itu berupa modal, maupun koneksi yang baik. Jika tidak, bisa-bisa perkembangannya menjadi lambat, atau bahkan tumbang di tengah jalan.

Keuntungan Kerjasama Distributor Sembako

Oleh karena distributor adalah pihak penyalur, maka keberadaannya sangat penting. Berikut ini adalah keuntungan menjalin kerjasama dengan pihak distributor sembako tersebut.

1. Lebih Mudah Mendapatkan Stok Barang

Pertama, keuntungannya adalah Anda tidak perlu repot-repot lagi dalam mendapatkan stok barang. Tinggal menghubungi pihak distributor, maka kebutuhan stok dapat terpenuhi.

Selain itu, tidak perlu menyediakan waktu, tenaga, dan ongkos ketika akan kulakan barang. Hal ini karena biasanya pihak distributor memiliki armada transportasi untuk pengiriman barang.

Kemudian, jika sudah menjalin kerjasama yang baik, tentu ada kemudahan dalam hal pembayaran. Bisa jadi, Anda mendapatkan layanan Cash on Delivery (COD), sehingga barang bisa dibayar di tempat. Ada juga layanan penundaan pembayaran.

2. Varian Produk Lebih Lengkap

Selanjutnya, sudah menjadi kebiasaan bahwa konsumen akan memilih berbelanja di toko yang lebih lengkap produknya. Itulah sebabnya, perlu dukungan distributor sembako, yang umumnya memiliki varian produk lengkap.

Biasanya, distributor sembako biasanya tidak menyediakan satu produk saja. Jadi, dengan kulakan pada distributor, bisa langsung melengkapi toko milik Anda, sehingga konsumen menjadi langganan.

Baca juga:  5 Tips Buka Warung Sembako Modal 5 Juta : Auto Cuan

3. Harga Produk Lebih Murah

Ketiga, melakukan kerjasama distributor sembako lebih menguntungkan daripada berbelanja ke toko kulakan biasa. Hal ini karena harga di distributor jauh lebih murah. Jadi dengan modal 5 juta pun bisnis ini bisa jalan.

Apabila mendapatkan harga yang lebih murah, Anda bisa leluasa menentukan profit margin. Meskipun menetapkan harga lebih rendah dari pasaran pun, toko Anda akan tetap mendapat cuan. Apalagi jika menentukan harga sama dengan pasar.

Di samping itu, mengingat karakteristik pembeli toko sembako sangat sensitif terhadap harga, kulakan pada distributor tentu menjadi solusi. Di tengah persaingan yang ketat, Anda bisa mempertahankan harga, tetapi keuntungan tetap memadai.

4. Stok Barang Terjaga

Selanjutnya, menjalin kerjasama dengan distributor bisa menjaga stok barang di toko Anda tetap aman. Sebagaimana diketahui, jika ada satu barang yang kosong, maka pelanggan akan berpotensi meninggalkan toko Anda.

Adapun jika bekerjasama dengan distributor, kemungkinan stok di toko Anda menjadi kosong sangat kecil. Stok yang memadai pun memungkinkan menjalani strategi pemasaran online.

Baca juga:  5 Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal : Its Works!

Hal yang Perlu Perhatian dalam Mencari Kerjasama Distributor Sembako

Melihat penjelasan di atas, keberadaan distributor memang penting. Namun, tidak semua distributor tepat untuk mendukung usaha sembako Anda. Perlu seleksi yang serius untuk menemukan distributor terbaik, yaitu dengan cara berikut ini.

1. Kerjasama Distributor Sembako dengan Mencari di Internet

Pertama, jika ingin menjalin kerjasama distributor sembako Anda bisa mencari informasinya di internet. Gunakan kata kunci yang tepat, contohnya “Distributor sembako murah dan lengkap”.

2. Mendatangi Lokasi Secara Langsung

Apabila sudah memiliki alamat distributor, Anda bisa langsung mendatangi lokasinya. Tujuannya adalah lebih mudah melakukan tawar-menawar dan membuat perjanjian kerjasama.

Selain itu, dengan mendatangi langsung, tentu bisa sekaligus melihat ketersediaan stok distributor tersebut. Jika stoknya memadai, artinya kerja sama bisa Anda lakukan. Sebaliknya, apabila stoknya minim, sebaiknya pertimbangkan ulang.

3. Perhatikan Pelayanannya

Ketiga, perlu mengecek respon dan pelayanannya. Jika pelayanan kurang baik, segeralah cari distributor lain. Begitu juga dengan responnya. jika selalu slow respon tentu akan memengaruhi perkembangan bisnis sembako Anda.

Jadi, sudah siapkah melakukan kerjasama distributor sembako? Jangan tunda lagi, karena ini berpengaruh besar untuk perkembangan bisnis sembako yang Anda miliki.

Baca juga:  Contoh Laporan Penjualan Harian Toko Sembako