manajemen bisnis

Manajemen Bisnis: Pengertian dan Fungsinya, Lengkap!

Manajemen bisnis sangat diperlukan untuk mereka yang mempunyai sebuah bisnis. Seperti yang kita tahu, setiap orang mempunyai keinginan untuk membuka usaha sendiri. Namun untuk membuka usaha tidak semudah yang diinginkan, harus ada perencanaan yang matang supaya bisnis bisa berjalan.

Untuk menjalankan bisnis, dibutuhkan perencanaan. Artinya disini peran seorang manajemen sangat dibutuhkan supaya usaha bisa berjalan lancar dan bisa mencapai target. Banyak sekali bisnis yang gagal karena tidak adanya perencanaan yang matang.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang apa itu manajemen bisnis dan fungsinya dalam sebuah bisnis.

Pengertian Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis adalah kegiatan merencanakan mengerjakan, dan mengawasi sebuah usaha atau bisnis.Tujuan dari kegiatan ini adalah supaya target usaha atau bisnis dapat tercapai. Business Manajemen juga bisa di artikan sebagai segala usaha untuk mencapai target penjualan.

Baca juga:  5 Tips Menulis Slogan dan Deskripsi Toko Online

Yang artinya tanpa adanya proses manajemen ini tidak mungkin keuntungan penjualan bisa Anda dapat. Manajemen usaha mengalokasikan semua kebutuhan secara menyeluruh ke berbagai hal. Mulai dari perencanaan, action, kontrol, sampai dengan evaluasi.

Dari penjelasan di atas bisa di simpulkan bahwa manajemen bisnis ini merupakan unsur yang sangat penting untuk perkembangan sebuah bisnis. Bisnis yang di jalankan tanpa manajemen yang baik akan berpeluang besar untuk gagal atau gulung tikar.

Fungsi Manajemen Bisnis

Setelah mengetahui pengetahuan dari manajemen usaha, Anda juga harus tahu fungsi atau kegunaan dari manajemen usaha ini. Kurang lebih ada lima fungsi utama dari manajemen usaha, berikut penjelasan singkat mengenai fungsi manajemen usaha

1. Perencanaan

Fungsi yang pertama adalah perencanaan atau planning. Untuk membangun bisnis di butuhkan rencana yang jelas, seperti rencana pemasaran, produk yang akan di jual, penawaran, dan lain sebagainya. Perencanaan ini harus di catat dengan baik karena ini akan menjadi patokan untuk pergerakan bisnis Anda kedepannya. Banyak pelaku bisnis yang tidak melakukan pembukuan ketika memulai bisnis.

Baca juga:  Ide Jualan Anak Sekolahan: Jadi Pebisnis Sejak Muda

2. Organizing

Pengelompokan atau organizing ini berhubungan dengan tenaga kerja.Misalnya jika ada rencana maka kelompok kerja harus di buat. Anda harus memastikan kelompok tersebut mempunyai porsi kerja yang sama di bidangnya masing-masing. Seperti tim administrasi, tim pemasaran, tim gudang, dan lain sebagainya.

3. Staffing

Fungsi manajemen bisnis yang berikutnya adalah staffing. Staffing ini berhubungan dengan sumber daya yang ada di perusahaan seperti mesin produksi, bahan baku produk, fasilitas pendukung, dan lain sebagainya. Anda harus mengatur sumber daya dengan tetap sesuai kebutuhan usaha. Jika sumber daya di pakai untuk hal yang tidak prioritas, maka modal yang di butuhkan bisa membengkak.

4. Directing

Directing merupakan tindakan pimpinan untuk menyemangati timnya supaya bisa bekerja sesuai dengan rencana yang sudah ada di awal. Biasanya di awal gairah karyawan untuk bekerja sangat bersemangat, namun di akhir semakin menurun. Hal ini bisa menyebabkan perusahaan mengalami kerugian. Di sini pimpinan harus turun langsung dan melihat langsung kerja dari para karyawan.

Baca juga:  Contoh Buku Stok Barang Harian Manual Untuk Bisnis Kecil

5. Controlling

Fungsi bisnis manajemen yang terakhir adalah controlling atau pengawasan. Controlling ini di lakukan untuk mengetahui apakah sistem kerja sudah di lakukan dengan baik atau belum. Dengan adanya fungsi ini Anda bisa melakukan evaluasi dan meningkatkan kinerja dari perusahaan Anda kedepannya. Controlling tidak harus di lakukan pimpinan, boleh juga di lakukan oleh ketua kelompok.

Nah itulah tadi tadi penjelasan tentang pengertian dan fungsi manajemen bisnis. Sekarang Anda sudah tahu bahwa manajemen usaha ini sangat penting dalam sebuah bisnis supaya bisnis bisa berjalan dengan lancar sesuai rencana yang telah dibuat.