Angkringan Modern Minimalis : Tradisional Naik Kelas

Dariberita – Sebungkus nasi putih berukuran mini dengan lauk sambal goreng tempe terhidang dengan menu andalan aneka sate. Ya, inilah ciri khas yang bisa Anda temui di angkringan. Kini, angkringan modern minimalis pun semakin menjamur.

Awalnya, angkringan ini khas dengan wadah berisi makanan yang dipikul. Selanjutnya, banyak penjual angkringan yang berjualan secara menetap di warung sederhana. Namun, kini angkringan menjadi berkembang dengan konsep modern.

Angkringan Modern Minimalis Berkonsep

Sudah naik kelas, kini angkringan tidak sekadar tempat makan saja, melainkan bagian gaya hidup. Sentuhan tangan anak muda yang kreatif membuat kedai makan yang khas dengan nasi mininya itu tampak lebih menarik. Berikut ini konsepnya.

1. Desain Angkringan Gerobak

Bukan sekadar berjualan keliling maupun warung sederhana, kini angkringan merupakan suatu tempat makan dengan konsep tertentu. Salah satunya adalah konsep gerobak.

Baca juga:  Solutif : Risiko Usaha Cuci Motor Dan 7 Solusinya

Desain gerobak kayu dengan pernis menjadi pilihan banyak pengusaha muda bisnis angkringan ini untuk men-display dagangannya. Kesan etnik yang unik membuat pelanggan betah. Adapun meja kursinya juga terbuat dari kayu.

Oleh karena kesannya etnik, untuk piringnya, sediakan yang berbahan anyaman lidi atau bambu. Dengan begitu, ketika menjadi alas nasi berbungkus daun, akan tampak serasi. Adapun tempat minumannya, pilihlah cangkir vintage berbahan seng.

2. Konsep Angkringan Food Truck

Perkembangan angkringan saat ini pun merambah ke konsep food truck. Cukup dengan memodifikasi kendaraan roda empat, selanjutnya tinggal mangkal di tempat yang ramai. Modal pun lebih minim, karena tidak harus menyewa tempat.

Untuk pembeli, tidak perlu menyediakan meja, melainkan cukup beberapa kursi plastik saja. Peralatan makan juga sebaiknya berbahan plastik. Adapun untuk gelas minuman, bisa menggunakan paper cup, jadi tidak perlu repot mencucinya.

3. Angkringan Rumahan

Selanjutnya, bisa juga mencoba desain angkringan modern minimalis di rumah. Tinggal memanfaatkan teras dan halaman depan rumah, Anda pun bisa berjualan nasi kucing.

Baca juga:  Peluang Usaha Rumahan yang Cocok Bagi Ibu Rumah Tangga

untuk memberikan kesan modern minimalis, tambahkan sentuhan logam pada meja dan kursi. Selain itu, di bagian dinding, Anda bisa menghiasi dengan berbagai pigura berisikan quotes kreatif dan lucu.

4. Angkringan Modern Minimalis ala Cafe

Siapa bilang angkringan tidak bisa menggunakan konsep cafe? Pada kenyataannya, kini banyak cafe yang menyulap angkringan dengan taste berkelas. Menyasar kalangan menengah ke atas, konsep ini menjadi lebih pas.

Sediakan meja dan kursi nyaman, kemudian tambahkan musik yang menenangkan. Pasti akan membuat pelanggan betah. Perlu juga untuk menyediakan free wifi untuk konsumen kalangan muda.

Tips Sukses Usaha Angkringan

Setelah menentukan akan mengusung konsep apa, saatnya menentukan strategi bisnis angkringan tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips sukses usaha angkringan.

1. Pilih Lokasi Strategis

Meskipun bukan hal utama, lokasi memegang peranan cukup penting demi kesuksesan sebuah usaha, termasuk angkringan. Ketika berada di wilayah yang ramai orang, maka usaha ini memiliki visibilitas tinggi dan berpotensi ramai pembeli.

Baca juga:  5 Tips Buka Warung Sembako Modal 5 Juta : Auto Cuan

Meskipun demikian, jika ternyata memilih konsep rumahan saja, tentu masih ada trik agar angkringan memiliki banyak pengunjung. Caranya adalah menyediakan satu menu andalan yang unik. Selain itu, harus gencar promosi di media sosial.

2. Tentukan Target Pasar

Memiliki target pasar angkringan yang spesifik, tentu akan membuat pebisnis angkringan lebih bisa menyusun strategi. Contohnya, jika menyasar anak muda, maka lebih tepat mengusung konsep kekinian plus menyediakan wifi gratis.

3. Menu Angkringan

Umumnya, menu utama angkringan adalah nasi kucing dengan pilihan lauk aneka sate dan gorengan. Namun, bisa saja menyediakan menu tambahan unik yang akan menjadi selling point. misalnya menyediakan aneka kue sebagai teman ngopi.

Bagaimana, tertarik mencoba angkringan modern minimalis? Tentukan dahulu strategi yang paling sesuai dengan konsep pilihan Anda. Selain itu, pastikan melakukan pencatatan yang detail dan tertib agar usaha berjalan baik.