Usaha Cafe Modal Lima Juta

Usaha Cafe Modal 5 Juta : Check This Out!

Dariberita – Setiap orang tentunya ingin memiliki usaha sendiri. Namun, modal yang dimiliki tidaklah banyak. Modal sedikit bukan penghalang untuk mewujudkan impian, sebab ada tips menarik buka usaha cafe modal 5 juta

Angka 5 juta dengan jenis usaha cafe tentu tidak sebanding. Mengingat biaya tempat dan perlengkapannya bisa melampaui angka tersebut. Namun, jika sudah mengetahui tipsnya, maka budget 5 juta bisa pengusaha maksimalkan dengan baik. 

Tips Buka Usaha Cafe Modal 5 Juta

Kafe termasuk salah satu tempat yang ramai di tongkrongin para remaja. Hal itu kemungkinan karena suasana dan atributnya yang berjiwa muda. Maka dari itu, bisa menjadi peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar. 

Namun, pada proses mendirikan sebuah kafe tidaklah mudah. Makanya, jangan heran jika tidak sedikit kafe yang memutuskan untuk gulung tikar. Salah satu penyebabnya bisa karena modal yang tidak mencukupi. 

Padahal, jika bisa berpikir lebih kreatif dan inovatif, hal itu bukan masalah besar. Buktinya, ada usaha cafe yang sukses dari modal hanya 5 juta. Maka dari itu, yuk intip apa saja tips-tipsnya. 

1. Membuka Usaha Cafe Modal 5 Juta dengan Sistem Kerjasama Tempat Usaha

kerjasama

Salah satu yang bisa menghabiskan modal adalah biaya tempatnya. Biaya sewa pun harganya cukup tinggi, apalagi jika lokasinya strategis. Oleh karena itu, solusi yang tepat adalah menggunakan sistem kerjasama. 

Jadi, pengusaha harus bisa mencari orang yang mau diajak kerjasama dengan meminjamkan tempatnya. Keuntungan pemilik tempat adalah bagi hasil dari laba usaha kafe nantinya. 

Tentu saja hal ini alternatif termurah yang sangat menguntungkan. Sebab, di awal perintisan, pengusaha tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk biaya tempat. 

Baca juga:  Sukses F&B : Rincian Modal Usaha Cafe Sederhana

2. Catat Perlengkapan yang Dibutuhkan

catat bahan baku yang digunakan

Agar modal benar-benar tersalur dengan baik, maka harus memastikan sesuai dengan perlengkapannya. Jadi, cara yang tepat adalah mencatat rincian perlengkapan kafe beserta perkiraan modal yang akan keluar. 

Dengan begitu, pengusaha bisa memanajemen dengan baik dan tidak akan kekurangan modal. Bisa juga membeli barang bekas yang masih layak pakai, tentu harganya akan lebih murah. 

Biasanya, banyak yang menawarkan furniture dan perlengkapan kafe bekas. Apalagi permintaan dari pembeli tergolong sedikit, sehingga bisa lebih mudah dan leluasa mendapatkannya. 

3. Menggunakan Pegawai Part-Time

Ketika baru merintis usaha, hal yang lebih baik adalah mengelolanya sendiri terlebih dahulu. Namun, jika merasa akan kerepotan jika bekerja sendiri, maka bisa menggunakan pegawai part-time

Hal itu karena gaji yang harus pengusaha bayar lebih sedikit, sehingga tidak akan membuat rugi. Mengingat usaha baru tentunya memiliki omset yang tidak terlalu tinggi. 

Namun, jika memang masih sanggup untuk melakukan sendiri, maka tidak perlu memakai pegawai. Menjadi seorang pengusaha memang dituntut untuk menguasai hal-hal yang berkaitan dengan bidang tersebut. 

Misalnya, untuk usaha kafe, pengusaha harus bisa meracik minuman dengan baik. Kemudian, jika ada menu makanan, maka harus dapat memasaknya. Selain itu, buat tampilan menunya dengan cantik dan menarik agar pelanggan menyukainya. 

Baca juga:  Penerapan Contoh POAC dalam Usaha Cafe

4. Beli Bahan Baku Menu dari Grosir

Beli bahan baku dari Grosir

Tips buka usaha cafe modal 5 juta yang terakhir adalah membeli bahan baku dari grosir. Dengan begitu, akan mendapatkan harga yang lebih murah daripada membelinya dari pengecer. 

Namun, pengusaha harus membeli dalam jumlah banyak. Biasanya, pembelian dari grosir akan ada minimal order tertentu. Agar hal tersebut lebih maksimal, maka bisa mencatat stok bahan baku yang sudah habis dan masih tersedia. 

Mencatatnya pun tidak harus dengan cara manual, karena sudah tersedia software yang bisa membantu. Jadi, akan bisa terhitung secara otomatis dan datanya juga lebih tertata rapi serta tersimpan dengan baik. 

Demikianlah tips buka usaha cafe modal 5 juta. Atribut atau hiasan yang digunakan pun tidak perlu mahal. Bisa dengan membuat kreasi sendiri, seperti mendaur ulang barang bekas sehingga menghasilkan karya luar biasa.