cara mengecek saldo KIP lewat HP

Cara Mengecek Saldo KIP Lewat HP, Mudah dan Cepat

KIP berhubungan erat dengan kebijakan pemerintah, yaitu program Indonesia pintar. Nantinya, PIP akan menyalurkan dana bantuannya melalui KIP ini. Nah, bagaimana cara mengecek saldo KIP lewat HP?

Dalam ulasan berikut ini akan temukan penjelasan  mengenai cara melakukan cek saldo KIP melalui HP dengan menggunakan dua metode. Metode tersebut adalah cek saldo KIP menggunakan aplikasi serta memakai browser.

Cara Mengecek Saldo KIP Lewat HP Menggunakan Aplikasi Ataupun Browser

Sebelum lanjut pada pembahasan mengenai cara pengecekan saldo KIP melalui HP, berikut adalah sedikit informasi mengenai KIP itu sendiri. KIP merupakan kependekan dari Kartu Indonesia Pintar dan salah satu program pemerintah untuk membantu anak yang kurang mampu.

Pemberian dana berbentuk tunai ini ditujukan pada anak usia 6 sampai 21 tahun yang masih menempuh pendidikan. Syarat penerima bantuan ini pun cukup mudah yaitu memiliki rekening sendiri yang nantinya akan dipakai untuk menyalurkan dana bantuan.

Baca juga: Tabungan yang Cocok untuk Mahasiswa, Cek di Sini

Dana bantuan akan disalurkan melalui KIP dan pemegang kartu dapat mencairkan dananya melalui bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Sebelum mencairkan, pemilik KIP dapat mengecek saldonya, caranya adalah dengan menggunakan aplikasi dan atau browser. 

Cara mengecek saldo KIP lewat HP yang pertama dalam uraian ini adalah dengan memakai aplikasi, berikut cara lengkapnya:

cara mengecek saldo KIP lewat HP

1. Cek Saldo KIP dengan Install aplikasi jaga.id

Download aplikasi jaga.id melalui Play Store kemudian install. Untuk masuk aplikasi jaga.id gunakan email dan password yang terdaftar.

2. Pilih menu pendidikan

Pada halaman utama, silakan pilih menu pendidikan kemudian tingkat sekolah lalu lengkapi data. Data tersebut berisi kota kabupaten, nama sekolah. Ketik nama sekolah pada search yang terdapat pada menu nama sekolah. Silakan pilih nama sekolah ketika sudah muncul.

3. Pilih Menu Program Sekolah

Masukkan informasi pada kolom jenjang sekolah dan NISN kemudian tekan tombol cari. Selanjutnya akan tampil data lengkap mulai dari jenjang sekolah, NISN, nama, nama sekolah, kelas, nomor SK serta saldo KIP. Tertera juga informasi mengenai rekening bank dan tanggal pencairan KIP.

Cara selanjutnya untuk mengecek saldo KIP adalah dengan menggunakan browser dan masuk ke website jaga.id. Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut:

4. Buka browser untuk Cek Saldo KIP

Buka browser pada HP kemudian pada search bar ketik jaga.id, lalu masuk dengan menggunakan email dan password yang terdaftar.

5. Pilih menu pelayanan publik

Setelah memilih menu pelayanan publik selanjutnya pilih pendidikan. Pada menu ini, lengkapi data–data yang diperlukan seperti jenjang atau tingkat sekolah, nama sekolah, wilayah atau kabupaten. Setelah itu, pilih tombol tampilkan.

6. Mengecek saldo KIP

Setelah memilih tombol tampilkan, maka akan muncul halaman sektor/pendidikan. Lakukan cek saldo dengan cara memilih nama lembaga tampil pada layar lalu pilih profil sekolah kemudian pilih program PIP. Pada bagian sebelah kanan, masukkan nomor KIP atau NISN selanjutnya pilih cari.

Kemudian akan tampil data dan informasi mengenai siswa yang menerima bantuan KIP. Data tersebut meliputi, jenjang pendidikan/sekolah, nama sekolah, nomor NISN siswa, kelas, saldo serta rekening bank pencairan KIP.

Selain menggunakan website jaga.id, pemegang KIP juga dapat mengecek saldonya melalui website sipintar. Caranya yakni dengan masuk ke situs pip.kemendikbud. Setelah masuk, pilih menu cek penerima PIP. Selanjutnya, silakan masukkan nomor NISN dan data lain yang diperlukan kemudian cek data. 

Dengan dua metode di atas, cara mengecek saldo KIP lewat HP menjadi sangat mudah. Penerima bantuan program PIP ini tak perlu lagi harus pergi ke bank jika hanya ingin mengetahui saldonya.

Baca juga:  Ketahui Biaya Admin Tabungan Mandiri