Financial Planner

Ciri Financial Planner yang Berkompetensi

Apabila Anda merasa kesulitan dalam menabung uang padahal telah mencatat setiap pengeluaran di buku, Anda dapat menyewa seorang financial planner.

Apa fungsinya? Sebagai seseorang atau lembaga yang membantu Anda dalam mengatur pengeluaran dan pemasukan. Perancang keuangan pun siap mewujudkan segala cita-cita hidup Anda, termasuk liburan ke tempat mewah.

Dengan fungsi tersebut, jumlah perancang keuangan sangat banyak di Indonesia. Masing-masing dari mereka menawarkan jasa yang sama kepada klien. Oleh karenanya, Anda mesti memilih salah satu yang terpercaya dan berkompeten sesuai ciri di bawah ini.

Sebelum itu, Anda sebaiknya mengetahui apa saja jenis financial planner alias perancang keuangan beserta tanggung jawabnya terlebih dahulu.

Jenis Financial Planner

Perancang keuangan adalah lembaga atau seseorang yang bekerja sebagai pemberi rekomendasi kepada klien terkait masalah finansial untuk mencapai segala tujuan. Secara umum, posisi ini terbagi menjadi tiga jenis, seperti:

1. Robot Pemberi Saran

Jenis perancang keuangan pertama adalah Robo-Adviser. Seperti namanya, ia berfungsi sebagai pemberi saran terkait bagaimana seorang klien mesti mengelola uang mereka.

Adapun metodenya adalah Anda akan disuruh mengisi beberapa pertanyaan terlebih dulu dengan jawaban sebenar mungkin. Setelah itu, jawaban Anda akan dihubungkan dengan algoritma yang ada. Dari sana, robot bisa memberikan Anda sebuah saran.

2. Direct Planner

Direct Financial Planner adalah jenis kedua yang terdapat pada pembahasan sekarang. Berbanding dengan sebelumnya, salah satu tipe perancang keuangan ini menawarkan beragam keunggulan kepada Anda, seperti merencanakan keuangan seseorang sesuai kondisi dan situasi.

Selain itu, keunggulan lainnya adalah Anda dapat meminta sebuah perencanaan yang sifatnya jangka panjang dan kompleks. Dengan ini, perencanaan tersebut bisa Anda ikuti sebaik mungkin demi kebaikan ke depan.

Baca juga:  Gaji 2 Juta Ingin Punya Rumah? Ini Tipsnya!

3. Online Financial Planner

Di dunia internet, banyak situs yang bertindak sebagai online financial planner bagi para anak muda. Mayoritas di antaranya bersifat gratis sehingga Anda tidak mesti mengeluarkan uang sama sekali untuk menggunakannya.

Oleh karenanya, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut sebaik mungkin. Sebagai penasihat keuangan Anda ketika telah bekerja nanti. Tenang saja, semua rencana keuangan yang tampil disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Tanggung Jawab Financial Planner

Secara umum, tanggung jawab utama seorang perancang finansial adalah membantu klien dalam mencapai tujuan. Di balik itu semua, masih ada tanggung jawab yang diberikan kepada pekerjaan satu ini, seperti:

  • Menganalisis keinginan dan maksud klien
  • Menghitung dan mengevaluasi kondisi finansial seorang klien
  • Merancang rencana keuangan
  • Menjelaskan, mengawasi, dan membantu dalam menjalankan rencana keuangan klien
Baca juga:  Contoh Pembukuan Toko Sembako Manual yang Efektif

Ciri Financial Planner Berkompetensi

Sebagaimana disebutkan tadi, jumlah financial planner di Indonesia sangat banyak. Masing-masingnya menawarkan keunggulan kepada klien. Oleh karenanya, Anda mesti memilih salah satu yang memenuhi ciri berikut ini.

1. Mengantongi Sertifikat

Perancang keuangan berkompeten seharusnya memiliki sertifikat sebagai bukti bahwa dirinya memiliki keahlian tersebut. Sertifikat pun dikeluarkan oleh lembaga resmi di Indonesia, seperti Badan Standar Perencanaan Keuangan (BSPK).

2. Memiliki Izin

Selain itu, perancang keuangan mengantongi izin konsultasi dari lembaga resmi. Dengan hal tersebut, maka mereka tidak akan memberikan saran yang asal-asalan dan merugikan klien, baik perusahaan maupun individu.

Baca juga:  Contoh Buku Stok Barang Harian Manual Untuk Bisnis Kecil

3. Diciptakan oleh Ahli

Seorang Financial Planner harus dibuat oleh para ahli. Otomatis telah mengantongi sertifikat keahlian dari lembaga terkait. Ciri ini berlaku kepada perancang keuangan berjenis online atau robot yang berkembang di Indonesia.

Seiring profesi finansial planner saat ini sudah banyak beredar, baik secara online maupun offline. Maka Anda harus berfikir keras dalam menentukan mana yang terbaik untuk  perencanaan finansial anda.