Cara Jualan di Shopee Food

Cara Jualan di Shopee Food : Auto Cuan Setiap Hari

Dariberita – Para pebisnis kuliner kini banyak yang meluaskan pangsa pasarnya dengan cara jualan di Shopee Food. Platform pemasaran makanan dan minuman daring ini tengah naik daun menyaingi pendahulunya GoFood dan GrabFood. 

Shopee baru memperkenalkan layanan Shopee Food pada bulan April 2020, namun sudah banyak partner maupun driver yang bergabung. Shopee Food banyak peminatnya karena menawarkan keistimewaan yang berbeda dengan platform lainnya. 

Cara Jualan di Shopee Food untuk Pemula

Berjualan di Shopee Food menguntungkan. Jika tertarik mencoba bisnis kuliner tetapi masih bingung menentukan produk, maka pelajari dan riset dulu.

Untuk memulai berjualan di Shopee Food langkah pertama yang harus pebisnis kuliner lakukan adalah mendaftar online terlebih dahulu.

  1. Lakukan pendaftaran Shopee Food dengan cara mengunduh formulir di sini
  2. Isi formulir secara lengkap dan benar. Lalu klik “Submit” untuk mengirim formulir pengajuan kerja sama. 
  3. Tim Shopee Food akan menghubungi calon merchant dalam waktu 3 – 5 hari kerja setelah pengiriman formulir untuk mengkonfirmasi kesesuaian data. 
  4. Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk bisnis perorangan/individual, dokumen yang menjadi syarat adalah KTP atau KITAS, NPWPD (Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah), SPPKP (Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak) dan foto buku tabungan pribadi.
Baca juga:  7 Ide Bisnis untuk Pemula, Tidak Perlu Modal!

Untuk usaha yang sudah berbadan hukum, siapkan dokumen yang meliputi : foto KTP atau KITAS, foto SIUP atau TDUP, foto Surat keterangan domisili, foto NPWPD, foto akta pendirian usaha.,foto buku tabungan dan foto bukti restoran atau outlet.

  1. Tim Shopee Food akan mengirim formulir kelengkapan dokumen dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) kepada calon merchant.
  2. Pelajari isi surat PKS, bubuhkan tanda tangan jika setuju dengan semua persyaratannya. Lengkapi semua dokumen dan kirim kembali dalam bentuk softcopy melalui email ke alamat surel tim Shopee Food. Dokumen dalam bentuk hardcopy kirim ke alamat kantor Shopee Food.  
  3. Tim Shopee Food akan memeriksa dokumen dan melakukan proses verifikasi. Biasanya butuh waktu 20 hari. Tanyakan status pengajuan ke tim Shopee Food atau ke Customer Service jika belum ada kabar. 
  4. Tim Shopee Food menginformasikan hasil verifikasi dan menyetujui pengajuan kerjasama. Kemudian tim akan menjelaskan mekanisme dan prosedur berjualan di Shopee Food. .
Baca juga:  5 Usaha Dibidang Jasa Yang Menguntungkan

Cara Jualan di Shopee Food agar Laris Manis

Setelah tim Shopee Food menyetujui pengajuan kerja sama, saatnya giat berpromosi agar penjualan meningkat. Nah, berikut ini cara jualan di Shopee Food agar laris manis :

1. Siapkan Konten Foto Produk yang Menarik

Foto makanan atau minuman yang menarik dan menggugah selera akan mengundang perhatian konsumen untuk membeli. Kuasai skill fotografi dengan mengikuti kursus foto online atau sewa fotografer profesional demi hasil foto yang berkualitas.

2. Beriklan di Media Sosial

Salah satu keunggulan Shopee Food adalah terintegrasi langsung dengan aplikasi Shopee yang memiliki banyak pengguna. Meskipun demikian upaya meluaskan jangkauan pemasaran tetap perlu dilakukan. 

Baca juga:  4 Afiliasi Indonesia Yang Terbukti Membayar, Komisi 70%!

Misalnya dengan beriklan dan berpromosi di media sosial untuk menginformasikan bahwa produk makanan/minuman merchant tersedia di Shopee Food. Semakin banyak pengikut merchant yang membeli melalui Shopee Food, maka algoritma akan naik. 

Bisnis kuliner merchant pun naik kelas menjadi star seller. Predikat ini akan menempatkan di barisan atas yang mudah terlihat konsumen.

3. Berikan Diskon Atau Promo Rutin

Berikan Diskon Atau Promo Rutin

Sediakan dana khusus untuk promosi secara rutin. Contohnya, sebulan sekali memberlakukan diskon 50% selama 1 minggu. Ini berguna agar tidak merugi.

Dengan memberikan diskon maka bisnis kuliner merchant bisa muncul di kategori promo yang bisa menarik banyak pembeli. Untuk mendaftarkan promo, hubungi tim Shopee Food atau mengisi Formulir Pendaftaran Diskon menu Shopee Food.

Nah, itulah cara jualan di Shopee Food yang dapat merchant aplikasikan. Untuk mengetahui kiat-kiat memasarkan bisnis kuliner yang lain, baca di sini.