bearish engulfing

Bearish Engulfing: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

Untuk Anda yang sudah lama terjun di dunia trading mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya engulfing candle.  Ada dua jenis candlestick engulfing, yaitu bearish engulfing dan bullish engulfing. Kedua jenis engulfing ini sama-sama digunakan sebagai sinyal akan adanya pembalikan arah di market.

Bedanya disini pola bearish digunakan sebagai indikasi untuk open posisi sell sedangkan bullish engulfing digunakan sebagai sinyal untuk entry buy. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas lebih spesifik tentang candle engulfing jenis bearish.

Pengertian Bearish Engulfing

Bagi Anda yang masih bingung apa itu Bearish Engulfing, Engulfing Bearsih adalah sebuah pola yang menunjukan sinyal adanya potensi bearsih. Ciri atau tanda kemunculan dari pola engulfing ini adalah munculnya satu candle bearsih yang lebih besar dari bullish sebelumnya.

Baca juga:  Apa itu Investasi: Jenis dan Manfaat Investasi Lengkap

Pola ini menandakan akan adanya pembalikan tren yang sedang terjadi pada saat itu. Hal ini karena akan ada lebih banyak penjual yang masuk ke market dan membuat harga menjadi turun jatuh. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa ciri candle ini adalah candle kedua yang terlihat menelan candle sebelumnya.

Namun perlu Anda perhatikan bahwa ukuran dari candle pertama bisa bervariasi, besar candlenya juga tidak terlalu berpengaruh terhadap pola tersebut. Lebih bagus lagi jika candle yang muncul itu candle tunggal atau candle kecil sejenis.

Hal ini karena candle tersebut merefleksikan ketidakpastian yang sedang terjadi di pasar. Candle yang berikutnya dallam pola bearsih ini adalah sinyal tanda reversal yang bisa Anda gunakan.

Ciri-Ciri Bearish Engulfing

Selanjutnya Anda juga harus tahu karakteristik atau ciri-ciri dari pola candle engulfing tersebut. Berikut ini adalah karakteristik atau ciri-ciri bearish engulfing:

  • Ciri yang pertama dari pola ini adalah candle bearsih yang lebih besar dari bullish sebelumnya. Jadi terlihat seolah-olah memakan candle yang sebelumnya.
  • Ciri kedua dari pola bearish ini adalah harga low bearish candle ini lebih kecil dari harga low bullish sebelumnya.
  • Ciri yang ketiga atau terakhir adalah penutupan candle bearish pola ini lebih kecil dari harga low candle bullish yang sebelumnya, namun ciri ini opsional.
Baca juga:  3 Candle Pembalikan Arah, Cocok Untuk Open Posisi!

Syarat Bearish Engulfing

Kebalikan dari pola bullish engulfing, engulfing jenis ini muncul atau berkembang ketika trend naik habis dan menandakan adanya potensi terjadi pembalikan harga yang sedang menuju downtrend. Pada pola bullish engulfing, candle bullish engulfing seakan-akan memakan candle bearish.

Yang perlu Anda perhatikan disini adalah bearish engulfing ditandai dengan munculnya candle bearish yang ukurannya lebih besar dari candle bullish yang sebelumnya. Seakan-akan candle bearish ini menelan candle bullish sebelumnya, jadi intinya engulfing jenis ini merupakan kebalikan dari bullish engulfing.

Baca juga:  5 Jenis Candlestick Doji Beserta Penjelasannya Lengkap

Selain itu, syarat lain dari candle bearish ini adalah dibuka ketika penutupan sebelumnya dan ditutup jauh dibawah candle yang sebelumnya. Market yang turun menunjukan seller lebih mendominasi pasar.

Contoh Candle Engulfing

Image: https://bit.ly/3rfbFOR

Sillahkan Anda perhatikan grafik chart diatas, bisa dilihat bahwa pada chart tersebut terdapat tiga bearihs engulfing. Pola pertama terjadi ketika pulback ke atas dalam downtrend yang lebih besar, harga bergerak lebih rendah mengikuti pola.

Harga forex pair yang mulai menyempit menunjukkan bahwa perdagangan sedang berombang dan pergerakan harga naik sangat sedikit sebelum pola terbentuk. Pola pembalikan mempunyai sedikit kegunaan apabila hanya ada sedikit pembalikan saja. Dalam rentang dan pola yang sedang terjadi di market berombak akan sering terjadi namun umumnya bukan sinyal untuk trading yang baik.