bisnis untuk pemula

7 Ide Bisnis untuk Pemula, Tidak Perlu Modal!

Karena melihat peluang dan potensi dari sebuah bisnis, mungkin Anda tertarik untuk mencoba memulai bisnis sendiri. Banyak orang yang sukses memulai bisnis dan membuat kondisi ekonomi mereka semakin baik. Selain itu, ada banyak bisnis untuk pemula yang bisa dilakukan dengan modal kecil.

Selain modal dan pengalaman, ada banyak hal yang membuat sebuah usaha itu bisa sukses atau tidak. Salah satunya adalah ide bisnis yang dijalankan. Ketika memulai bisnis untuk pertama kali, pastikan bisnis tersebut cocok dan sesuai dengan Anda.

Ide Bisnis untuk Pemula

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa ide bisnis untuk pemula. Seperti yang kita tahu, sebelum memulai bisnis kita harus memikirkan ide bisnisnya terlebih dahulu. Berikut ini beberapa ide bisnis untuk pemula.

Baca juga:  Produk Digital Yang Bisa Dijual Online Dan Menguntungkan

1. Laundry Kiloan

Laundry kiloan merupakan salah satu bisnis untuk pemula yang tidak ada matinya. Apalagi jika Anda membuka usaha ini di daerah yang dekat kampus dan perkantoran, pasti akan banyak peminatnya. Selain itu, modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini juga tidak terlalu besar.

Anda hanya perlu menyiapkan mesin cuci, plastik, setrika. Anda bahkan bisa memulai tanpa mesin cuci dan melakukan pencucian secara manual.

2. Desain Grafis

Ide bisnis untuk pemula yang berikutnya adalah menjadi desainer grafis. Usaha desain grafis ini tidak membutuhkan modal yang banyak, hanya berbekalkan kreativitas Anda. Anda bisa membuka jasa untuk membuat logo, kartu nama, desain baju, maskot, poster, interior, dan lain sebagainya. Untuk pemasarannya, Anda bisa tawarkan ke teman dekat dan lewat sosial media.

3. Cuci Motor dan Mobil

Sama seperti laundry, bisnis cuci motor dan mobil tidak pernah sepi. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha ini juga cukup terjangkau jika dibandingkan bisnis lain. Alat yang harus Anda siapkan untuk bisnis ini cukup sederhana. Anda harus menyiapkan pompa air, kain lap, kompresor, sabun motor, dan peralatan untuk semir ban motor.

Baca juga:  5 Ide Bisnis di Masa Pandemi Yang Layak Dicoba

4. Jual Pulsa dan Kuota

Setiap orang pasti membutuhkan pulsa, pulsa ini bisa digunakan untuk membeli kuota internet, paket telepon, SMS, dan lain sebagainya. Seperti yang kita tahu, kebutuhan akan internet ini sudah seperti kebutuhan utama yang tidak bisa di tinggalkan oleh orang-orang sekarang. Anda bisa manfaatkan sebagai peluang untuk membuka usaha jualan pulsa dan kuota.

5. Membuat Kue

Bisnis untuk pemula selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah usaha membuat kue. Bagi Anda yang mempunyai kemampuan membuat kue yang enak, Anda bisa manfaatkan untuk membuka usaha ke. Jika Anda sering membuat kue di rumah, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya saja dan sudah bisa mulai membuat bisnis rumahan sendiri dengan modal yang ada.

Baca juga:  Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda Dengan Modal Minim

6. Berjualan Catering

Sama halnya seperti berjualan kue, catering merupakan salah satu bisnis untuk pemula yang mengandalkan kemampuan memasak. Untuk target pasarnya sendiri bervariasi, bisa anak sekolahan atau mungkin pekerja kantoran. Untuk modalnya sendiri hanya membeli bahan-bahan dan biaya pengantaran catering.

7. Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan adalah salah satu bisnis yang sangat ramai konsumennya di area sekitar kampus. Hal ini karena banyak mahasiswa yang memerlukan jasa pengetikan untuk menulis tugas kuliah ataupun skripsi. Modal yang di butuhkan adalah laptop atau komputer, kios, listrik, dan kemampuan menulis yang baik.

Nah itulah beberapa rekomendasi bisnis untuk pemula yang bisa Anda coba di rumah. Bagi Anda yang baru terjun di dunia bisnis dan bingung mau mulai bisnis apa, Anda bisa beberapa bisnis yang kami rekomendasikan di atas.