https://www.fajarpendidikan.co.id/wp-content/uploads/2021/12/Pengertian-Reksadana.jpg

5 Cara Mulai Usaha Tanpa Modal, Cocok untuk Pemula!

Cara mulai usaha tanpa modal bukanlah hal yang mudah, namun tidak mustahil untuk dilakukan. Banyak orang yang beranggapan bahwa membangun sebuah bisnis membutuhkan uang yang banyak. Padahal memulai usaha tidak harus dengan uang.

Di era digital seperti sekarang ini, Anda bisa memulai bisnis tanpa modal sepeserpun. Kunci dari bisnis tanpa modal adalah memanfaatkan apa yang kita miliki sekarang. Bukan cuma uang, bisa skill, barang, keahlian, ide dan lain-lain.

Cara Mulai Usaha Tanpa Modal

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips memulai usaha tanpa modal. Jika Anda termasuk orang yang ingin jadi wirausahawan namun tidak punya modal banyal. Silahkan ikuti cara mulai usaha tanpa modal berikut ini.

Baca juga:  Kenali Pentingnya Memahami Konsep Rezeki Sebelum Berbisnis

1. Mulai Dari Apa yang Dimiliki

Tips pertama, Anda bisa memanfaatkan apa yang dimiliki atau sumber daya yang ada sekarang ini. Sumber daya ini bisa menjadi langkah awal Anda dalam memulai bisnis. Pertama, Anda harus tahu terlebih dahulu bidang atau keahlian apa yang Anda kuasai.

Keahlian Anda ini bisa menjadi bekal untuk memulai bisnis tanpa modal. Anda juga bisa memanfaatkan aset-aset kecil seperti Hp, Laptop dan Internet. Contohnya jika Anda hobi menulis, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan artikel dengan modal pengalaman Anda, laptop, dan internet.

2. Pertahankan Pekerjaan Yang Ada

Cara mulai usaha tanpa modal yang berikutnya adalah dengan mempertahankan pekerjaan Anda sekarang jika ada. Memutuskan resign kerja untuk memulai bisnis usaha tanpa modal sendiri bukanlah hal yang bagus.

Hal ini karena bisnis yang Anda jalankan belum tentu berhasil. Jadi sebaiknya pertahankan pekerjaan Anda yang sekarang. Sambil bekerja, Anda bisa mengembangkan bisnis tanpa modal. Dengan begitu, jika bisnis tersebut gagal, Anda masih punya pekerjaan utama.

Baca juga:  7 Contoh Usaha Sampingan Untuk Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dicoba

3. Rela Bersusah Payah

Jika Anda sangat antusias untuk memulai bisnis tanpa modal, maka Anda harus siap bekerja keras untuk mencapainya. Karena Anda tidak menggunakan modal, persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Oleh karena itulah, untuk menghemat biaya Anda harus melakukan semuanya sendirian.

Mulai dari berhadapan dengan konsumen, mengirim produk, membuat produk, memasarkan produk, dan lain-lain. Menjalankan bisnis sendirian tanpa  modal tentu akan sangat menguras banyak tenaga, oleh karena itulah Anda harus siapkan mental sebelum memulainya.

4. Mengandalkan Platform Online

Di era digital seperti sekarang ini, mengandalkan sistem online akan sangat membantu perkembangan bisnis Anda. Ada banyak cara mulai usaha tanpa modal secara online, salah satunya adalah dengan membuat sebuah website.

Lewat website ini Anda bisa memperkenalkan bisnis Anda dengan praktis. Anda juga bisa menjangkau pelanggan dengan lebih mudah dan luas. Beberapa keuntungan mempunyai website untuk bisnis adalah hemat biaya, bisa buka 24 jam, brosur online, etalase produk/jasa, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Jualan Produk Digital Yang Paling Menguntungkan

5. Mencari Bantuan Modal

Untuk Anda yang merasa bahwa ide bisnis Anda bisa menarik perhatian banyak orang. Anda bisa pertimbangkan untuk Crowdfunding atau mencari bantuan modal. Ada banyak platform Crowdfunding seperti Indiegogo, Kickstarter, dan Gofundme.

Di Indonesia juga banyak platform Crowdfunding yang terkenal, contohnya Kitabisa, Kolase, Akseleran, Ayopeduli, dan Gandengan Tangan. Namun harus Anda ingat bahwa sistem Crowdfunding ini sangat kompetitif. Jadi pastikan produk atau karya Anda itu inovatif, kreatif dan bisa memikat orang.

Nah itulah tadi beberapa tips cara memulai usaha tanpa modal yang bisa Anda coba. Dengan beberapa tips di atas Anda bisa memulai bisnis dengan sumber daya yang Anda miliki seperti keahlian, laptop, internet, dan lain-lain.