ide bisnis kreatif

5 Contoh Ide Bisnis Kreatif untuk Pemula

Memiliki kreativitas merupakan hal yang penting ketika menjalankan sebuah bisnis. Kreativitas ini menjadi pembeda dan daya tarik tersendiri dari bisnis Anda yang membedakan dengan kompetitor. Ada banyak sekali contoh ide bisnis kreatif dan inovatif yang sudah terbukti dan bisa bertahan.

Jika Anda bisa memaksimalkan kreativitas dalam bisnis yang Anda kelola, bisnis Anda akan terlihat berbeda dengan bisnis lain yang serupa. Memikirkan sebuah ide yang kreatif memang bukan hal yang mudah, apalagi bagi pemula yang baru memulai sebuah bisnis.

Contoh Ide Bisnis Kreatif untuk Pemula

Oleh karena itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa contoh ide bisnis kreatif dan inovatif yang bisa Anda jadikan inspirasi. Anda bisa mengembangkan ide-ide berikut untuk usaha Anda sendiri.

1. Kerajinan Rotan

Furniture merupakan bagian penting dalam sebuah rumah. Sekarang ini banyak pasangan yang suka menata rumah mereka dengan furniture dan dekorasi yang indah. Nah, rotan ini menjadi salah satu jenis bahan furniture yang banyak diminati karena bisa memberikan kesan alami.

Baca juga:  Prosedur Pembuatan PT Penanaman Modal Asing BKPM

Selain itu, rotan ini juga mempunyai tekstur yang lentur sehingga lebih mudah diubah ke berbagai bentuk. Karena hal inilah banyak orang yang menekuni usaha kreatif memakai rotan. Mengolah rotan menjadi dekorasi unik bisa Anda jadikan bisnis yang potensial.

2. Produk Daur Ulang

Contoh ide bisnis kreatif yang selanjutnya adalah bisnis produk daur ulang. Banyak sekali hal yang kelihatannya tidak berharga bisa diubah menjadi sesuatu yang bernilai, salah satunya barang bekas. Anda bisa mengubah berbagai barang bekas yang tidak bernilai menjadi suatu produk yang menarik.

Contohnya adalah mengubah kertas atau koran yang tidak terpakai menjadi benda-benda bermanfaat seperti frame, bunga, tong sampah, dan benda-benda lain. Selain bisa membuka peluang usaha, cara ini juga membuat Anda ikut berpartisipasi dalam melestarikan alam.

Baca juga:  50 + Daftar Slogan Makanan Menarik dan Mudah Diingat

3. Desain Uang Mahar

Mahar uang merupakan salah satu favorit masyarakat muslim di Indonesia untuk mereka yang mau menikah. Uang yang dipakai untuk mahar ini biasanya dibentuk dan dihias seindah mungkin. Ada bisa gunakan kreativitas Anda untuk membuka bisnis jasa desain uang mahar.

Anda bisa tawarkan jasa Anda ke teman atau keluarga yang akan menikah. Lebih bagus lagi Anda bisa menawarkan atau bermitra dengan para pemilik WO untuk mendesain uang mahar milik klien mereka.

4. Custom Case HP

Seiring dengan banyaknya pengguna Smartphone, kebutuhan akan casing atau case Hp juga ikut meningkat. Case ini menjadi sebuah pelindung yang sangat penting untuk Hp, dengan adanya case Hp bisa terlindung dari benturan sehingga lebih awet digunakan.

Contoh ide bisnis yang selanjutnya ini adalah dengan membuka jasa custom case Hp. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan case Hp dengan desain sesuai keinginan konsumen. Anda juga bisa membuat desain-desain case yang menarik sesuai tren pasar pada saat itu.

Baca juga:  5 Cara Menjadi Agen Sembako Tanpa Modal : Its Works!

5. Fotografer

Bagi Anda yang memiliki kamera bagus, sebaiknya memanfaatkan kamera tersebut untuk membuka bisnis yang bisa menghasilkan uang. Salah satu bisnis yang bisa Anda buka dengan kamera adalah membuka jasa fotografer untuk acara pernikahan atau wisuda.

Anda bisa menawarkan jasa fotografer ini di sosial media, upload portofolio yang unik dan keren di akun sosial media Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjual hasil foto di situs microstock. Setiap orang yang ingin memiliki foto Anda harus membayar lewat situs microstock tersebut.

Nah itulah tadi beberapa contoh ide bisnis kreatif untuk pemula yang bisa Anda coba. Anda bisa kembangkan ide bisnis di atas supaya lebih menarik dan lebih beda dari bisnis lain yang serupa.