Apa-Jenis-Wirausaha-yang-Dijalankan-Oleh-Ibu-Made-Yuliani

Apa Jenis Wirausaha yang Dijalankan Oleh Ibu Made Yuliani

Apa jenis wirausaha yang dijalankan oleh Ibu Made Yuliani asal Bali? Ibu made Yuliani adalah sosok inspiratif wanita pebisnis dari Bali. Produknya berupa kerajinan tangan dengan memanfaatkan bahan dari alam.

Sejak tahun 1998 beliau sudah memulai usaha produk cenderamata. Bersama dengan suami, memanfaatkan bahan-bahan limbah sekitar menjadi aneka bentuk benda bernilai seni. Pemasaran cukup mudah mengingat Bali sebagai lokasi wisata.

Namun bisnis mulai mengalami penurunan pada tahun 2000 akibat peristiwa Bom Bali. Geliat wisata cukup lesu untuk beberapa saat. Apa jenis wirausaha yang dijalankan oleh ibu Made Yuliani yaitu menjual produk herbal.

Sejak saat itulah ibu Made Yuliani memulai usahanya kembali. Sehingga hal tersebut menjadikannya sebagai wirausaha terlihat cukup sukses sampai sekarang. Penasaran seperti apa jenis bisnisnya? Simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga:  Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda Dengan Modal Minim

Apa Jenis Wirausaha yang Dijalankan oleh Ibu Made Yuliani Adalah Seperti Ini

Jenis usaha yang dijalankan oleh ibu Made Yuliani ini bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi masyarakat Indonesia. Memanfaatkan hasil sumber daya alam sekitar untuk dikembangkan menjadi suatu hal bernilai jual tinggi.

Apa jenis wirausaha yang dijalankan oleh ibu Made Yuliani? Fokus di bidang spa dan kecantikan, Ibu Made Yuliani mampu menggaet pasar mancanegara salah satunya adalah Negara Korea Selatan. Bisnis spa dan kecantikan menurutnya sangat potensial di Indonesia saat ini.

Bahan baku tersedia melimpah di alam mengingat Indonesia Negara penghasil rempah. Ini alasan utama Made Yuliani menekuni bisnis, dengan brand kebanggannya Bali Tangi. Kemudian mengembangkan produk-produk traditional natural holistic lainnya.

Kompetitor masih terbatas, karena penggiat traditional natural holistic masih sedikit. Sehingga lebih mudah menguasai pasar dalam negeri yang sedang berkembang. Terutama Bali sebagai tempat tujuan wisata wisatawan domestic maupun mancanegara.

Jenis wirausaha yang dijalankan offline sejak awal tahun 2000-an ini sudah memiliki 2 showroom dan 1 factory. Berlokasi di pusat kota, Kuta dan Denpasar. Sasaran utamanya adalah para kaum wanita.

Pada awalnya Bali Tangi hanya menyediakan produk kecantikan boreh atau lulur. Karena sambutan konsumen yang positif, secara bertahap berkembang dengan membuat scrub, masker, sabun, massage oil, aromatherapy, serta body milk.

Total sudah ada 71 macam produk dipersembahkan Bali Tangi bagi konsumen. Rangkaian perawatan kecantikan dan tubuh herbal menjadi daya tarik wisatawan khususnya wanita untuk datang ke Bali sambil menikmati hari.

Traditional natural holistic dari Bali Tangi selaras dengan image pulau tersebut yang sarat dengan tradisi dan kekayaan alam. Bali Tangi merupakan salah satu jenis wirausaha paling potensial di masa depan.

Baca juga:  Pelajari Teknik dan Bisnis Sepeda Motor untuk Raih Keuntungan

Potensi Bisnis Produk Herbal di Indonesia

tanaman-herbal-indonesia
Produk Herbal Indonesia

Indonesia adalah Negara penghasil tanaman obat, aromatic, serta kosmetik yang menempati urutan kedua setelah Brazil. Kementerian Perindustrian mencatat omset produk herbal nasional sejak tahun 2011 telah mencapai Rp 11 Triliun.

Angka tersebut didapat dari pemanfaatan 700 jenis tanaman herbal dan obat yang ada. Padahal di Indonesia terdapat 30.000 lebih spesies tanaman yang masih bisa digali potensinya sebagai bahan baku.

Jenis wirausaha dari bahan alami memiliki prospek cerah di masa depan. Mengingat pergeseran tren konsumen. Sebelumnya penggunaan produk kecantikan merupakan kebutuhan sekunder, namun kini beralih menjadi kebutuhan primer bagi wanita. 

Tidak hanya ingin tampil cantik instan, konsumen mulai cerdas memilih produk bagi kulitnya. Lebih mengutamakan kualitas bahan herbal dibanding sintetis. Karena efek jangka panjangnya lebih aman bagi kecantikan dan kesehatan.

Selain Ibu Made Yuliani yang memulai bisnis perorangan, Anda pasti tidak asing dengan Martha Tilaar Group. Perusahaan yang fokus mengembangkan produk herbal, bahkan memiliki kebun sendiri dan sangat populer sekarang.

Itulah kenapa melihat hal tersebut, Ibu Made Yuliani ingin mengembangkan bisnisnya di bidang perawatan dan kecantikan para wanita yang ingin terlihat cantik sepanjang waktu. Terbukti sudah banyak produk yang diciptakannya.

Meski sebenarnya perawatan kecantikan dan kesehatan tradisional sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang. Resep dan cara pembuatan tidak sulit, diwariskan turun-temurun hingga dikenal luas oleh masyarakat umum karena ingin cantik. 

Mulai dari sumber daya alam sekitar, ternyata dapat diubah menjadi bisnis besar. Apa jenis wirausaha yang dijalankan oleh ibu Made Yuliani bisa juga Anda ikuti sebagai inspirasi bisnis saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.