cara belajar main saham

5+ Cara Belajar Main Saham Agar Menghasilkan Cuan

Meskipun dunia investasi saham sempat goyang dengan maraknya investasi bodong, namun nyatanya tidak menutup minat bagi pemula untuk mencari tahu cara belajar main saham yang benar agar menghasilkan cuan yang maksimal meski modal minim.

Sebelum kita membahas bagaimana cara main saham, sebaiknya tentukan platform yang terpercaya misalnya pluang, bibit, dan stockbit yang sudah terdaftar secara resmi dan di awasi oleh OJK.

Untuk teknik analisa saham sendiri sebenarnya tidak berbeda dengan trading kripto. Hanya saja tingkat fluktuatifnya yang berbeda, dan itulah yang perlu kamu pelajari sebagai investor.

Cara Belajar Main Saham Untuk Pemula

Hal yang sering menjadi kesalahan fatal bagi investor pemula yaitu melakukan tidakan yang tidak berdasar. Mereka cenderung memutuskan pilihan berdasarkan feeling bukan prediksi data. Itu jelas, tidak ada cara belajar main saham yang mengajarkan feeling sebagai bahan untuk memutuskan keputusan akhir.

Maka dari itu, kita akan merangkum dan membahas bersama bagaimana cara main saham yang baik dan benar sebagai berikut:

Baca juga:  5 Jenis Candlestick Doji Beserta Penjelasannya Lengkap

1. Utamakan Perusahaan Sekuritas yang Murah

Sebagai investor pemula, tentu perlu pengalaman untuk mematangkanteknik analisis yang telah di pelajari. Pada posisi ini sebaiknya kamu bermain dengan modal minim.

Oleh sebab itu, memilih perusahaan sekuritas dengan biaya yang murah akan membantu kamu dalam praktik cara belajar main saham yang optimal. Pasalnya, dalam dunia investasi tidak hanya butuh teknik, kita juga harus mengenal karateristik saham itu sendiri.

2. Mulai Mempelajari Teknik Analisa Saham

Sejauh ini, cara belajar main saham ada dua jenis yaitu analisa fundamental dan teknikal. Keduanya berperan penting untuk melihat potensi pergerakan saham beberapa waktu kedepan.

Analisa saham fundamental adalah teknik analisis untuk mempelajari kondisi keuangan suatu perusahaan, tujuanya adalah agar kita bisa mengetahui karakteristik dasar dari sebuah saham.

Sedangkan analisa teknikal yaitu metode analisis pergerakan aset berdasarkan histori harga sebelumnya tanpa mempertimbangkan fundamental.

3. Tentukan Aset Saham

Setelah proses panjang mengenali karakteristik sebuah aset atau saham, kini saatnya kamu harus menentukan saham yang akan kamu pilih sebagai aset investasi.

Pastikan pilihanmu berdasarkan data analisis, jangan gunakan perasaan yang jelas akan menyesatkan. Untuk lebih mengenali sebuah aset, sebaiknya bermain saham dengan modal 100 ribu.

Anggap saja ini adalah tahap perkenalan. Pasalnya, sekuat apapun analisa yang kamu lakukan, tidak akan cukup jika tidak pernah melakukan investasi dan mengenalinya secara langsung.

Baca juga:  Teknik Cuan Manggunakan Support and Resistance

4. Konsisten Dengan Satu Aset Saham

Cara belajar main saham yang baik yaitu dengan konsisten. Seperti yang sudah kita jelaskan, mengenali karakteristik itu sangat penting. Maka dari itu, potensi cuan akan jauh lebih besar jika kamu konsisten dengan satu aset saham.

Dengan begitu, sering berjalanya waktu kamu seolah memiliki chemistry dan akan sangat mudah menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

5. Tentukan Stragtegi main Saham

Ketika kita sudah menguasai semua hal mulai dari analisa fundamental, teknikal, dan terjalin chemistry, inilah saatnya kita menentukan strategi main saham yang tepat untuk meraup cuan.

Jangan pernah meniru strategi trading atau investasi dari orang lain. Pasalnya, setiap investor pasti akan menemukan strateginya sendiri setelah memahami karakteristik aset yang mereka targetkan.

Kesalahan Fatal Main Saham Online Bagi Pemula

Meskipun sebagian besar pemula sudah mempelajari cara belajar main saham yang baik, namun faktanya tidak sesuai ekspektasi. kebanyakan dari mereka mengalami kerugian dan tidak mendapatkan keuntungan investasi saham yang semestinya.

Perlu kalian tahu, investasi atau trading tidak semudah membeli saat harga turun dan menjual saat harga naik. Jika sesimpel itu, kita semua pasti setuju kalo setiap orang bisa menghasilkan uang dengan sangat mudah bahkan sampai menjadi kaya raya dalam sekejap.

Maka dari itu, bagi investor pemula, berikut catatan penting atau kesalahan fatal main saham online yang harus di hindari:

Baca juga:  5 Contoh Investasi Jangka Panjang, Pemula Harus Tahu!

1. Main Saham Tidak Konsisten

Kenapa konsisten sangat penting? Karena dengan cara konsisten kamu bisa lebih mudah dalam menganalisa pergerakan saham. Dengan begitu, kamu tidak akan sulit untuk mendapatkan cuan dari bermain saham.

Kebanyakan dari mereka memutuskan sesuatu tidak berdasarkan data, melainkan perasaan. Contohnya, mereka tidak akan segan menjual aset ketika harga turun dengan sejuta asumsi mereka sendiri.

2. Mengutamakan Feeling

Sebenarnya materi cara belajar main saham yang sudah kita jelaskan bisa menjadi dasar pengetahuan, Namun lagi-lagi mereka akan mudah tertarik jika melihat grafik yang turun drastis dari sebelumnya dan memutuskan langsung membeli saham tersebut.

Memang sangat manusiawi, namun kemungkinan besar kamu akan mengalami kerugian besar karena tidak cukup informasi tentang fundamental dari saham tersebut. Bisa jadi saham itu memang tidak memiliki fundamental yang baik sehingga tingkat fluktuasinya sangat mudah terpengaruh oleh faktor eksternal.

3. Sangat Ambisius

Investor pemula yang memiliki ambisi besar yang tidak realistis, sudah pasti salah dalam belajar cara belajar main saham yang baik. Mereka cenderung merasa sudah menguasai segala hal teknikal berdasarkan teori.

Namun faktanya, teori tidak selamanya bisa berperan besar di lapangan. Berbeda dengan chemistry, apabila sudah terbentuk, maka bukan tidak mungkin kamu tidak memerlukan proses analisis yang sangat membingungkan.