bisnis telur ayam

4 Tips Memulai Bisnis Telur Ayam, Supaya Sukses!

Telur merupakan salah satu lauk favorit di Indonesia, selain karena mudah memasaknya rasanya juga enak. Hampir setiap rumah pasti mempunyai persedian telur ayam. Telur ini merupakan makanan super murah yang hampir semua orang menyukainya. Melihat banyaknya orang yang membutuhkan telur, peluang bisnis telur ayam masih terbuka lebar.

Bukan cuma sebagai lauk yang murah dan enak, telur ini juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat cemilan. Telur memiliki prospek bisnis yang sangat menjanjikan dan bisa memberikan kita keuntungan yang melimpah, tentu saja jika dilakukan dengan benar.

Tips Memulai Bisnis Telur Ayam

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda yang ingin memulai usaha telur ayam. Apa saja itu, simak artikel ini sampai selesai.

1. Tentukan Jenis Telur Yang Dijual

Sebelum memulai usaha telur ayam, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu jenis telur yang paling banyak di minati di tempat Anda. Telur disini adalah telur ayam kampung, telur ayam ras, dan telur ayam negeri.

Baca juga:  30+ Contoh Caption Jualan Baju Di Whatsapp Siap Pakai

Secara keseluruhan, telur ayam kampung lebih disukai oleh masyarakat karena rasanya yang enak meskipun bentuknya lebih kecil. Hanya saja, harga telur ini cukup mahal dan susah didapat dalam jumlah banyak.

Kami sarankan untuk menjual telur ayam negeri karena harganya yang terjangkau dan lebih mudah di dapat. Lebih dari setengah penduduk Indonesia membutuhkan telur jenis ini. Hal ini menjadikan telur ayam negeri menjadi salah satu sembako yang di butuhkan kebanyakan orang di Indonesia.

2. Tentukan Cara Berjualan

Setelah menentukan jenis telur yang ingin Anda jual, selanjutnya tentukan juga strategi pemasaran yang efektif dan berbeda dari pedagang lain. Anda harus memikirkan sebuah metode dan strategi yang berbeda dalam memasarkan telur ke pelanggan.

Cara berjualan yang Anda gunakan ini nantinya akan berpengaruh pada manajemen bisnis dan jalannya bisnis telur ayam Anda kedepannya. Ada beberapa cara berjualan telur yang bisa Anda gunakan, yang pertama adalah menyewa toko di pasar atau membuka toko sendiri untuk berjualan telur tersebut.

Baca juga:  6M Dalam Wirausaha Yang Wajib Anda Ketahui

Jika Anda mempunyai dana dan ingin membuka toko sendiri, pastikan mencari tempat yang ramai seperti di pinggir jalan. Cara kedua untuk memasarkan telur adalah dengan memasok telur ayam di setiap toko kelontong dan pasar tradisional.

3. Memilih Lokasi Strategis

Jika ada memilih menjalankan usaha telur ayam dengan membuka toko sendiri, pastikan yang dipilih adala lokasi yang strategis dan banyak di lewati orang. Pilih lokasi yang mudah di jangkau pelanggan seperti pinggir jalan utama dan jalan raya.

Pastikan juga setiap pelanggan yang ada di sekitar toko Anda merupakan pelanggan yang membutuhkan telur ayam. Semua hal yang berhubungan dengan lokasi penjualan telur ayam akan sangat berpengaruh terhadap bisnis telur ayam Anda kedepannya.

Baca juga:  Contoh Salam di Whatsapp Bisnis dan Tipsnya

Jangan lupa juga untuk melakukan komunikasi yang teratur supaya para pelanggan merasa nyaman belanja telur di tempat Anda. Saat pelanggan nyaman, mereka akan menjadi langganan dan terus membeli telur di toko Anda.

4. Kualitas Telur Bagus

Tips terakhir untuk memulai bisnis telur ayam adalah dengan menyediakan telur berkualitas. Meskipun sudah bekerjasama dengan agen terpercaya yang menyediakan telur berkualitas tinggi. Namun Anda tetap harus memastikan kondisi telur ketika sudah sampai di toko.

Pastikan telur tersebut berada dalam kondisi yang bagus, cangkang utuh, tidak bau busuk, tidak bersuara ketika di kocok-kocak dan tidak mempunyai cacat sedikitpun. Kualitas telur yang Anda jual ini akan sangat berpengaruh terhadap penilaian pelanggan ke toko Anda.

Nah itulah tadi beberapa tips untuk memulai bisnis telur ayam yang harus Anda perhatikan. Ketika memulai usaha telur ayam, ada banyak sekali hal penting yang harus Anda perhatikan beberapa di antaranya adalah yang kami sebutkan di atas.