investasi modal kecil

4 Investasi Modal Kecil Cocok untuk Pemula

Pemahaman masyarakat mengenai investasi sekarang ini sedang meningkat pesat. Selain itu dengan didukungnya revolusi industri 4.0 membuat munculnya banyak bentuk investasi modal kecil yang bisa dicoba. Investasi jenis ini sangat cocok untuk mahasiswa, karyawan, dan ibu ibu yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

Bagi pemula yang baru terjun di dunia investasi, sangat disarankan untuk memulainya dengan modal yang minim terlebih dahulu. Jangan langsung terjun ke investasi yang membutuhkan modal sebelum tahun dan mengalami pengalaman investasi secara langsung.

Investasi Modal Kecil Terbaik

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi investasi dengan modal kecil. Jadi bagi Anda yang baru mulai mau investasi, silahkan coba beberapa jenis investasi modal minim berikut ini.

1. Reksadana

Investasi reksadana adalah jenis investasi dimana pengelolaan dananya dipercayakan kepada Manajer Investasi yang telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bagi pemula, investasi reksadana ini sangat cocok karena bisa dengan modal receh.

Baca juga:  7 Aplikasi Investasi Penghasil Uang Terpercaya OJK

Anda bisa memulai investasi reksadana ini dengan mulai mulai dari Rp10.000, ada juga yang minimal modalnya 100.000. Dengan modal ceban Anda bisa mendapatkan return atau keuntungan investasi sebesar 4-20% tergantung dari jenis reksadana yang dipilih.

Jenis reksadana ini ada banyak, mulai dari pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham. Setiap jenis memiliki risiko yang berbeda-beda, semakin tinggi resikonya, semakin banyak pula return atau untung yang bisa didapat.

2. Emas

Investasi modal kecil berikutnya yang kami rekomendasikan adalah Emas. Harga emas sekarang ini sudah hampir tembus 1 juta per gramnya. Namun berinvestasi emas sekarang ini tidak perlu langsung mengeluarkan modal 1 juta untuk membeli emas tersebut. Anda bisa investasi emas secara online di situs e-commerce yang pembeliannya tidak harus langsung satu gram.

Baca juga:  5 Daftar Koin Micin Potensial yang Akan Booming

Anda bisa berinvestasi emas secara online dengan modal mulai dari Rp5.000. Bahkan Anda juga bisa membeli emas hanya dengan Rp100 aau 0,0001 gram. Investasi emas jangka panjang ini bisa memberikan return sampai dengan 12% setiap tahunnya.

Selain itu, investasi emas ini juga bisa melindungi nilai kekayaan Anda. Alasannya karena harga emas cenderung stabil, walaupun turun tidak akan sedrastis harga sama. Hal inilah yang membuat investasi emas menjadi salah satu jenis investasi paling aman dan cocok untuk pemula.

3. P2P Lending

Jenis investasi untuk pemula berikutnya yang kami rekomendasikan adalah investasi P2P Lending atau Peer to Peer Lending. P2P Lending adalah kegiatan pendanaan pada sebuah aplikasi atau platform pinjaman online.

Investor disebut dengan lender atau pemberi pinjaman sedangkan peminjam disebut borrower. P2P Lending bisa Anda lakukan dengan modal mulai dari Rp100.000 dengan keuntungan sampai 18% setap tahunnya.

Baca juga:  Mengenal Prusolusi Sehat Lebih Jauh!

Anda bisa menerima keuntungan dari investasi P2P Lending setiap bulannya. Lewat keuntungan dari P2P Lending ini Anda bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Atau Anda juga bisa memakainya untuk berinvestasi kembali supaya bisa mendapat untung yang lebih besar.

4. Saham

Investasi modal kecil terakhir yang kami rekomendasikan adalah Saham. Kebanyakann orang awam menganggap bahwa bermain saham memerlukan modal yang besar, padahal sebenarnya tidak. Anda bisa mencoba saham dengan modal kecil dan mendapat untung yang besar.

Namun yang harus Anda ketahui adalah investasi saham ini memiliki risiko yang sangat tinggi dengan return yang tinggi pula. Sebagai pemula, sebaiknya pakai modal kecil terlebih dahulu supaya Anda bisa  merasakan bagaimana rasanya.

Nah itulah beberapa rekomendasi investasi modal kecil untuk pemula yang dapat kami sampaikan. Silahkan pilih jenis investasi yang paling sesuai untuk Anda, gunakanlah uang dingin untuk berinvestasi.