ide bisnis kreatif

4 Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif, Wajib Coba!

Kreativitas sangatlah penting dan dibutuhkan dalam bisnis. Apalagi sekarang ini banyak bisnis yang muncul sesaat dan setelah itu tidak laku. Salah satu alasannya adalah karena kurangnya kreativitas dan inovasi dalam bisnis tersebut. Oleh karena itulah sangat penting memikirkan ide bisnis kreatif sekarang ini.

Kreativitas sangat penting untuk bisa mempertahankan bisnis. Anda harus memiliki ide bisnis yang bukan cuma bisa memenuhi kebutuhan konsumen, namun juga bisa membedakan Anda dari para kompetitor.

Ide Bisnis Kreatif dan Inovatif

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa ide bisnis kreatif dan investasi menarik yang bisa Anda coba. Anda bisa mengembangkan ide bisnis berikut ini supaya lebih menarik dan beda dari para kompetitor Anda.

1. Jual Barang Antik

Usaha barang antik merupakan sebuah bisnis yang masih jarang dan peminatnya masih sedikit. Namun meskipun begitu, banyak orang dari kalangan lanjut usia yang rindu dengan produk atau teknologi zaman dulu dan ingin bernostalgia.

Baca juga:  Usaha Potensial di Desa Serta Tips Suksesnya

Selain orang tua, ada juga anak muda yang mempunyai selera terhadap barang antik. Bahkan Anda bisa menemukan banyak komunitas pecinta barang antik. Oleh karena itulah bisnis jual barang antik ini masih sangat potensial, bahkan pasar dari produk ini tidak ragu mengeluarkan banyak uang.

Beberapa contoh benda antik yang dicari adalah peralatan, otomotif, dan kamera analog. Namun ada juga beberapa kolektor yang mencari barang-barang elektronik seperti radio, televisi, dan telepon zaman dulu untuk dekorasi semata.

2. Souvenir Pernikahan Custom

Ide bisnis kreatif yang selanjutnya adalah menyediakan jasa pembuatan souvenir pernikahan custom. Bagi Anda yang sering pergi ke acara pernikahan tentu merasa bahwa souvenir pernikahan yang diberikan para tamu mempunyai desain yang biasa saja dan kurang variatif.

Baca juga:  Kartu Nama Bisnis: Pengertian dan Fungsinya Lengkap!

Nah, Anda bisa memanfaatkan kekurangan tersebut untuk memulai bisnis souvenir pernikahan custom yang unik dan tidak bisa, contohnya adalah Biebiegift.

Selain menyediakan berbagai cinderamata unik seperti bingkai foto, pouch earphone, Anda juga bisa menerima jasa kustomisasi souvenir pernikahan. Tentu harga dari suvenir custom ini berbeda, Anda juga harus menentukan batas minimal pesanan yang dibuat.

3. Desain Interior

Sekarang ini desain interior menjadi salah satu jasa yang paling banyak dicari. Terutama untuk para pemilik toko dan kantor yang sekarang ini semakin bertambah jumlahnya. Usaha desain interior ini bisa dibedakan menjadi dua, yaitu bagian tenaga dan logistik.

Untuk segi tenaga, bisnis ini hanya membutuhkan sekitar dua orang saja. Satu bekerja sebagai desainer dan satunya lagi sebagai kontraktor. Sedangkan di bagian logistik, Anda harus memiliki laptop untuk mengerjakan desain, software desain, dan workshop.

Jika belum punya modal untuk membeli software desain interior, Anda bisa memakai software gratisan seperti Google Sketchup. Hal yang sama berlaku untuk workshop, Anda bisa menggunakan ruko kecil atau garasi sebagai tempat pengerjaan proyek.

Baca juga:  11 Rekomendasi Bisnis online untuk Pelajar Tanpa Modal, Berani Coba?

4. Clothing Line

Ide bisnis kreatif terakhir yang kami rekomendasikan adalah clothing line. Banyak orang yang sudah mencoba bisnis ini, namun tidak semuanya berhasil. Dalam membangun bisnis ini, Anda harus membuat sebuah brand yang unik dan beda dari brand-brand lain.

Pikirkan juga jenis model pakaian yang ingin Anda jual. Jika memungkinkan, sebaiknya pasarkan model pakaian sesuai selera pembeli pada umumnya. Untuk awal-awal, Anda bisa memasarkan produk sendiri ke saudara atau kendala yang menjual produk-produk orang lain.

Di artikel ini kami sudah membahas beberapa ide bisnis kreatif dan inovatif yang bisa Anda coba. Anda bisa kembangkan ide-ide tersebut supaya semakin menarik dan berbeda dari bisnis-bisnis yang sudah ada sebelumnya.