Usaha Modal satu Juta Ke Bawah

7 Peluang Usaha Modal 1 Juta Ke Bawah

Dariberita – Memulai sebuah bisnis dengan modal besar memang memberikan kemudahan dan ketenangan tersendiri. Namun, bukan berarti usaha modal 1 juta ke bawah tidak mampu menjanjikan keuntungan besar.

Meski terdengar cukup klasik, modal utama untuk memulai sebuah usaha bukanlah uang semata. Faktanya, usaha juga butuh semangat yang tinggi serta kemauan untuk belajar dan upgrade diri. 

Ide Usaha Modal 1 Juta Ke Bawah

Kedua hal tersebut yang akan menopang seseorang untuk tetap bertahan, saat usaha mengalami berbagai hambatan. Dengan demikian, beberapa ide usaha berikut bisa menjadi inspirasi, bagi yang masih punya modal minim:

1. Bisnis Dropship dan Reseller

dropship dan reseller

Sekarang ini, jualan online memang menjadi salah satu bisnis yang tidak ada matinya. Peluang tersebut cocok untuk pelajar maupun ibu rumah tangga, karena ada beragam produk reseller yang untung besar.

Baca juga:  Kenali Pentingnya Memahami Konsep Rezeki Sebelum Berbisnis

Namun, carilah supplier terpercaya dan memiliki sistem kerjasama yang jelas. Sebelumnya, pastikan untuk mengecek kualitas barang secara langsung, agar tidak sampai mengecewakan pelanggan. 

2. Bisnis Kuliner

Usaha Kuliner

Bisa dikatakan, bisnis bidang kuliner senantiasa menjadi ‘tempat basah’. Sebab, jarang sekali mengalami kerugian, asal bisa mengambil hati para pelanggan. Tentu saja, hal yang paling utama adalah dari segi rasa dan harga.

Menariknya, ada banyak bisnis kuliner yang memberikan untuk besar, meski termasuk usaha modal 1 juta ke bawah. Inilah beberapa ide untuk berkecimpung dalam dunia kuliner:

  • Jualan makanan untuk sarapan di depan pabrik, perkantoran, kompleks, maupun pasar.
  • Jasa katering untuk berbagai acara.
  • Terima pesanan kue, baik online maupun offline
  • Membuat makanan ringan atau camilan.
  • Membuka stand minuman kekinian.

3. Jual Pulsa, Kuota, & PPOB

Di zaman seperti sekarang ini, siapa yang tidak membutuhkan pulsa dan kuota internet? Peluang usaha tersebut patut untuk dicoba, karena tidak membutuhkan modal besar serta pengelolaannya terbilang praktis.

Baca juga:  Selain Elon Musk, 7 Selebritas Yang Juga Main Cryptocurrency

Asal bisa mendatangkan pembeli, maka besar kemungkinan untuk berkesempatan menjadi pelanggan. Sebab, masyarakat perlu mengisi kuota internet dan membayar tagihan (air, listrik, TV kabel, dan lain-lain) setiap bulan.

4. Kerajinan Tangan Dan Aksesori

kerajinan tangan dan aksesoris

Bila mempunyai jiwa seni dan kreativitas yang tinggi, tidak ada salahnya untuk mengutak-atik barang bekas menjadi sebuah kreasi atau aksesori. Mulailah untuk membuat aksesori rambut, hiasan dinding, dan barang-barang unik lainnya.

5. Budidaya Tanaman

budidaya tanaman

Bergelut dengan tanaman memang mampu memberikan ketenangan dan kepuasan yang berbeda. Namun, siapa sangka bila budidaya tanaman bisa untung besar, meski modal masih seadanya. 

Selain jual-beli jenis bunga, cobalah untuk menyediakan bibit tanaman yang banyak dicari oleh masyarakat. Misalnya, bibit cabai, tomat, terong, bayam, sawi, buah-buahan, hingga budidaya jamur.

6. Usaha Modal 1 Juta Ke Bawah: Ternak

Ternak

Untuk menambah penghasilan keluarga, cobalah memanfaatkan sisa lahan yang ada di rumah dengan beternak. Bila lahan terbatas, pilihlah ternak yang lebih simpel dan tidak menghabiskan banyak tempat.

Baca juga:  5 Contoh Bisnis yang Menguntungkan, Layak Dioba!

Contohnya, ternak ikan lele atau nila menggunakan kolam terpal. Padukan sistem perairan dengan budidaya tanaman aquaponic, sehingga keuntungannya bisa semakin berlipat ganda.

7. Les Privat Atau Bimbingan Belajar

Les Privat Atau Bimbingan Belajar

Meski kehadiran bimbel online semakin menjamur, tetapi tidak sedikit masyarakat yang lebih memilih untuk les dengan sistem tatap muka (offline). Sebab, anak-anak memiliki karakter dan sistem belajar yang berbeda-beda.

Di samping itu, kebanyakan masyarakat juga merasa lebih puas dan tenang, saat anak-anak belajar secara kasat mata. Sempurnakan ide tersebut dengan cara melakukan penawaran melalui WhatsApp

Dari beberapa inspirasi usaha modal 1 juta ke bawah di atas, carilah yang paling memungkinkan untuk segera terealisasikan. Sebab, kunci sukses dalam bisnis apapun, pasti selalu bermula dari kemauan untuk action. Selamat mencoba.