Inspirasi Usaha Anak Muda Kreatif dengan Modal Minim

Inspirasi Usaha Anak Muda Kreatif dengan Modal Minim

Memulai usaha anak muda kreatif, merupakan langkah tepat untuk Anda lakukan. Sebab di usia muda kita bisa berkreasi dan mencoba hal baru, yang bisa menambah pengalaman dan juga menghasilkan pendapatan atas usaha tersebut.

Biasanya permasalahan utama yang dialami oleh banyak anak muda, saat memutuskan untuk memulai bisnis adalah modal. Banyak orang beranggapan bahwa memulai usaha, berarti kita juga harus menyiapkan modal yang besar.

Banyak sekali inspirasi usaha anak muda kreatif, yang dapat Anda jadikan opsi untuk memulai bisnis. Berbisnis tidak selalu harus mengeluarkan dana besar, dengan dana kecil juga bisa mendapatkan keuntungan besar.  

Namun dalam memulai bisnis, hal utama yang perlu Anda tanamkan dalam diri sendiri adalah sifat konsisten dan sabar. Tentunya pada awal-awal memulai bisnis, rasa ingin mundur dari usaha atau menyerah akan Anda rasakan.

Baca juga:  Berbagai Contoh Proposal Usaha untuk Mencari Modal

Ide Usaha Anak Muda Kreatif dengan Modal Minim

Sebetulnya banyak sekali inspirasi usaha, yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis. Apalagi di era teknologi serba canggih seperti ini, semua orang bisa memulai bisnis apapun yang berawal dari rumah.

1. Jasa Ketik

Mengetik merupakan kemampuan, yang hampir bisa dilakukan semua orang. Apalagi bagi kalangan anak muda, berhadapan dengan laptop atau komputer, sepertinya sudah menjadi rutinitas sehari-hari.

Anda bisa memulai bisnis jasa ketik, dengan mengetik tugas teman, makalah, laporan akhir atau skripsi. Hampir semua pelajar atau mahasiswa, pasti akan membutuhkan jasa seperti ini, bagi mereka yang memiliki aktivitas sibuk. 

2. Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki kemampuan pada bidang desain grafis, mungkin bisa memulai untuk membuka jasa mendesain. Tidak perlu menyiapkan peralatan yang rumit, hanya dengan bermodalkan laptop atau handphone Anda bisa memulainya.

Bisa mulai dari desain grafis yang simpel seperti membuat logo perusahaan, baju custom, desain interior rumah dan lain sebagainya. Terlebih lagi jika Anda adalah mahasiswa DKV, maka dapat mengasah dan menyalurkan kemampuan Anda pada bisnis sendiri. 

3. Jasa Membuat Bucket Bunga

Saat ini usaha anak muda kreatif yaitu membuat bucket bunga, cukup dibutuhkan dan banyak peminatnya. Untuk keperluan acara wisuda, pernikahan, ulang tahun atau kelahiran. Merangkai bunga bisa dipelajari dengan mudah, melalui tutorial dari Youtube.

4. Jasa Potong Rambut Delivery

Banyak sekali usaha. Jika Anda berpengalaman dalam memotong rambut, mungkin bisa memulai bisnis ini.

Hanya perlu menyiapkan alat cukur serta kendaraan, yang akan digunakan untuk mengunjungi pelanggan-pelanggan untuk dipotong rambutnya. Bisa juga menawarkan lewat teman-teman, dan nanti disebarkan melalui media sosial.

Baca juga:  Ide Bisnis Kreatif Menguntungkan dan Patut Dicoba

Inspirasi Usaha Anak Muda Kreatif Bersama Teman-Teman 

Memulai bisnis tidak harus selalu Anda sendiri yang memikirkan konsepnya, mengajak teman-teman untuk memulai bisnis, juga menjadi awal positif yang bisa dilakukan. Sehingga beban akan terasa lebih ringan, karena melakukannya bersama-sama.

1. Jasa Cuci Sepatu

Sekarang ini jasa mencuci sepatu, cukup banyak Anda temui dan tersebar di media sosial. Meskipun banyak orang bisa mencuci sepatunya sendiri, namun jasa ini cukup membantu bagi mereka yang malas, atau tidak punya waktu untuk mencuci sepatunya.

Dengan menyiapkan sabun khusus serta alat pencuci, maka dapat memulai bisnis ini dengan teman-teman. Anda bisa membagi tugas dengan teman anda, seperti bagian mencuci, pemesanan dan pengantaran.

2. Bisnis Kaos Custom

Biasanya jasa membuat kaos custom seperti ini akan dibutuhkan, jika ada acara ulang tahun, atau permintaan konsumen untuk dibuatkan kaos dengan gambar pilihannya. 

Memiliki alat untuk membuat kaos custom memang mahal, namun Anda bisa memulai usaha anak muda kreatif ini dengan mencari pemasok kaos berkualitas. 

Lalu mencari jasa sablon, serta mencari pelanggan melalui sosial media, dan jangan lupa untuk meminta bantuan teman atau relasi, yang Anda miliki untuk menyebarkan bisnis tersebut.

3. Jasa Fotografer

Jika Anda memiliki hobi fotografi, maka mungkin saja hobi tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi penghasilan. Jasa ini pasti akan dibutuhkan saat acara ulang tahun, memfoto makanan dari suatu brand tertentu atau acara-acara lain. 

Dengan bermodalkan kamera Anda bisa memulai bisnis ini, dan tentunya dengan bantuan dari teman-teman, maka pekerjaan akan jauh lebih ringan.

Memulai usaha memang terdengar sulit dilakukan, terlebih lagi bagi kalangan anak muda yang minim untuk memiliki pengalaman. Namun memulai usaha anak muda kreatif, bisa menjadi langkah yang tepat untuk Anda lakukan dengan memulainya sekarang.

Baca juga:  Usaha yang Cocok Untuk Anak Muda Dengan Modal Minim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.