Contoh Salam di Whatsapp Bisnis dan Tipsnya

Contoh Salam di Whatsapp Bisnis dan Tipsnya

Contoh salam di Whatsapp bisnis berguna sebagai referensi pada saat Anda memerlukan bahasa formal. Menyapa customer atau calon customer lebih sopan akan menciptakan image positif terhadap bisnis yang Anda kelola.

WA bisnis adalah fitur pengirim pesan otomatis yang dibuat khusus bagi pemilik usaha supaya lebih mudah berinteraksi dengan para pelanggan. Dari sisi pebisnis, lebih mudah mempromosikan produknya dalam waktu singkat.

Bagi sisi pembeli, mudah melakukan pemesanan dengan praktis. Konsultasi dan tanya jawab mengenai layanan, produk, harga dan sebagainya lebih privasi dan mendapat jawaban segera. Karena percakapannya dijawab oleh pesan otomatis.

Pentingnya pesan otomatis dalam usaha harus dimaksimalkan. Fitur WA bisnis terlebih dahulu perlu Anda aktifkan. Sehingga bisa digunakan untuk mendukung komunikasi efektif dengan pelanggan Anda. Jadi setiap pertanyaan langsung dijawab.

Baca juga:  Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri

Cara Menggunakan Fitur Salam di Whatsapp Bisnis

Sebelum membuat contoh salam di Whatsapp bisnis terlebih dahulu aktifkan fitur WA bisnis. Download aplikasi pesan otomatis tersebut melalui Play store. Kemudian registrasikan nomor HP dan lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Sebaiknya gunakan nomor WA berbeda dengan kebutuhan personal sehingga keduanya bisa digunakan maksimal. Muncul pop up untuk akses ke kontak foto, pilih izinkan. Ini untuk memudahkan WA menerima berbagai file.
  2. Buat akun usaha untuk bisa mengaplikasikan contoh salam di WA bisnis. Isinya berupa profil usaha, nama toko, kategori usaha, logo untuk profil usaha Anda. Bisa juga menggunakan foto yang representative.
  3. Lengkapi halaman profil untuk menginformasikan kepada pelanggan mengenai usaha Anda. Waktu operasional, alamat, deskripsi usaha harus ditulis jelas. Sehingga meyakinkan pelanggan yang akan membeli produk saat melihat dari halaman profilnya.
  4. Manfaatkan fitur katalog yang ada. Pelanggan atau calon konsumen lebih mudah memilih ketika akan membeli. Update stok secara berkala sehingga pelanggan tidak perlu memberikan pertanyaan berulang karena sudah tahu katalognya.

Fitur bisnis selain contoh salam di WA bisnis paling umum, Anda bisa melabeli setiap konsumen. Mana yang “pre order” mana “belum bayar” dan sebagainya lebih jelas. Sehingga menghindari selisih perhitungan.

Karena semuanya akan diatur secara otomatis menggunakan fitur yang tersedia pada WA bisnis tersebut. Itulah kenapa banyak pelaku usaha biasanya suka menggunakan fitur ini untuk melayani semua calon pelanggannya langsung.

Ini penting sekali, mengingat tidak setiap hari Anda selalu aktif di depan layar HP. Itulah kenapa menggunakan fitur penjawab otomatis akan membantu pelanggan mendapatkan jawaban ketika memiliki keluhan atau pertanyaan.

Baca juga:  Cara Verifikasi Akun WA Bisnis Mudah dan Praktis

Contoh Salam di Whatsapp Bisnis untuk CS

“Selamat datang di toko Fahira Hijab. Kami menyediakan berbagai macam model hijab. Pesan sekarang juga, CS kami akan segera menghubungi Anda. Selamat berbelanja!” Jadi contohnya sebenarnya cukup sederhana untuk dilakukan.

Contoh salam di WA bisnis hijab tersebut terlihat jelas dari kalimatnya. Sementara itu untuk contoh greeting jasa les privat bisa menggunakan kalimat berikut

“Terima kasih sudah menghubungi. Kami menyediakan jasa les privat”.

Isi kalimat dalam salam bisa Anda kreasikan sendiri menyesuaikan jenis produk usaha. Pastikan komunikatif, seolah Anda berhadapan langsung dengan pelanggan. Sisipkan kata-kata persuasive supaya mau melakukan pemesanan jasa atau produk.

Contoh salam di Whatsapp bisnis bisa menyisipkan link sosial media atau marketplace untuk mengajak pelanggan like atau subscribe. Berikan tawaran menarik seperti update info dan katalog terbaru, atau diskon pada saat melakukan pembelian selanjutnya.

Salam akan muncul ketika konsumen chat di luar jam operasional perusahaan. Tentu Anda tidak sempat membalas sedangkan diperlukan jawaban atau respon segera supaya tetap profesional. Maka pesan jawaban otomatis solusinya.

Fitur ini lebih efektif mempererat hubungan Anda dengan konsumen atau pelanggan dibanding pesan broadcast. Broadcast atau pesan siaran membantu untuk hal-hal urgen saja. Sebaiknya tidak digunakan sering-sering karena akan mengganggu.

Terutama jika isi broadcast panjang. Meski isinya merupakan informasi penting, namun mengganggu karena bisa jadi tidak diharapkan. Jika terpaksa menggunakan cukup sesekali untuk menawarkan promo atau keuntungan lainnya kepada pelanggan.

Semakin singkat, jelas, dan padat pesannya. Pesan Anda pada saat menyapa konsumen semakin mengena. Contoh salam di Whatsapp bisnis Anda membuat nyaman yang sekaligus menggerakkan hati konsumen untuk pemesanan produk.