Proposal Bisnis Coffee Shop

Proposal Bisnis Coffee Shop, Investasi Keuangan Masa Depan

Dariberita – Dalam menjalani suatu bisnis hendaknya senantiasa melihat pangsa pasar. Apalagi dalam memilih sebuah franchise kopi, sebaiknya lihat dahulu bagaimana proposal bisnis coffee shop tersebut. Sebab setiap waralaba atau franchise memiliki ciri dan management yang berbeda-beda.

Dengan memilih franchise yang tepat, maka bukan suatu hal yang mustahil jika keuntungan akan berpihak kepada Anda. Pastikan memilih jenis usaha yang sesuai dengan keinginan Anda, sebab sekarang ini pun bisnis coffee shop juga menjamur. Namun Anda juga bisa membuat sebuah brand sendiri dan mencari investor dengan membuat proposal coffee shop tentunya.

Langkah Dalam Membuat Proposal Bisnis Coffee Shop

Dalam membuat proposal bisnis coffee shop pastikan isinya menarik. Sebab dengan proposal yang jelas dan menarik, maka orang akan tertarik untuk bergabung dengan usaha yang Anda dirikan. Proposal yang Anda buat setidaknya harus berisi tentang hal-hal seperti berikut.

1. Membuat Pendahuluan Proposal Bisnis Coffee Shop

Dalam membuat proposal coffee shop, hampir sama dalam membuat proposal pada umumnya. Di dalamnya  juga harus memuat latar belakang serta tujuan dari coffee shop tersebut. Tuliskan alasan apa yang melatarbelakangi serta tujuan dari bisnis Anda kedepannya.

Baca juga:  Berbagai Contoh Proposal Usaha untuk Mencari Modal

2. Menentukan Isi

Berikutnya adalah menentukan isi dari proposal tersebut. Untuk isi dari proposal ini harus lengkap dan jelas. Pada bagian isi, Anda harus menuliskan visi dan misi dari bisnis coffe tersebut. Selain itu, pada bagian isi juga harus berisi bagaimana strategi dari usaha coffe shop tersebut.

Hal lain yang harus terdapat dalam isi adalah brand dari coffee shop serta rencana lokasinya. Tentukan juga jam operasional serta target pasar  dari coffee shop tersebut. Di dalam isi proposal juga harus terdapat produk apa saja yang akan ada dalam coffee shop tersebut. Untuk menarik minat, sebaiknya ciptakan jenis varian yang lain, agar orang yang tidak suka dengan kopi pun tetap bisa menikmatinya.

Jangan lupa untuk menuliskan cara pemenuhan bahan dasar pembuatannya. Hal penting lainnya yang harus ada adalah pemilihan nama perusahaan dan alamat yang akan dipakai. Cantumkan juga bagaimana strategi promosi yang akan diterapkan. Pada bagian ini lah Anda harus membuat terobosan untuk menarik pihak investor agar mau menanamkan modal untuk bisnis coffee tersebut.

3. Pemasaran

Bab selanjutnya yang harus tercantum dalam proposal adalah bagaimana langkah pemasarannya. Sudah sedikit disinggung pada bab dua mengenai target pasar. Namun Anda harus membuat second opinion terhadap target potensi. Jadi bagi target tersebut ke dalam beberapa kelompok.

Sebutkan juga masalah potensial serta resiko yang mungkin saja bisa terjadi kedepannya serta cara mengatasinya. Pada bagian strategi pemasaran ini Anda harus detail dalam pemaparan alat dan juga perlengkapannya.

Tuliskan juga jenis produknya, harga serta ukurannya. Untuk masalah strategi pemasaran Anda bisa memanfaatkan menyebar brosur, iklan di media sosial dan strategi pemasaran lainnya. Perlu juga penelitian terhadap analisis peluang, kelemahan, serta ancaman dalam menjalan coffee shop tersebut.

Baca juga:  Apa itu Pemasaran Langsung? Berikut Manfaat dan Contohnya

4. Perencanaan Dan Modal

Pada bab tiga ini nantinya berisis tentang perencanaan dan dari mana sumber modal usaha. Susun juga perencanaan finansial yang mencakup semua laporan kegiatan di dalam coffee shop tersebut. Termasuk di dalamnya keuntungan maupun kerugian. Dengan begitu maka akan fair dan terbuka dalam pelaporannya.

Dengan membuat proposal bisnis coffee shop sesuai langkah di atas, maka akan terbentuk sebuah proposal yang menarik. Namun untuk hasil yang maksimal tentunya diperlukan usaha yang tidak kalah berat menuju titik sukses tersebut. Terus berinovasi dan mengikuti pergerakan zaman agar usaha yang dijalani juga tetap eksis dan sukses.

Baca juga:  Lengkap! Inilah Cara Menghitung Modal Awal Dengan Mudah