pengertian bisnis

Pengertian Bisnis: Tujuan dan Fungsinya Secara Umum

Bisnis merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Banyak orang yang berbicara tentang bisnis, bahkan setiap harinya mungkin Anda mendengar kata ini. Namun sebenarnya, apa pengertian bisnis? Meskipun sering terdengar, banyak juga orang yang belum tahu.

Jika kita bicara tentang bisnis, maka kebanyakan orang berpikir membuka sebuah usaha untuk mendapat keuntungan. Namun sebenarnya apa itu bisnis dan tujuannya untuk apa? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang apa itu bisnis, tujuan dan fungsi dari bisnis.

Pengertian Bisnis

Bisnis merupakan kata yang diambil dari bahasa Inggris yaitu “business” yang artinya adalah kesibukan. Secara sederhana, kesibukan yang dimaksud adalah melakukan pekerjaan atau aktivitas yang memberikan keuntungan untuk seseorang.

Secara konteks, pengertian bisnis adalah sebuah kegiatan yang dilakukan perorangan atau organisasi yang melibatkan aktivitas produksi, pembelian, penjualan, atau pertukaran barang jasa dengan tujuan mendapatkan untung atau laba.

Baca juga:  Cara Bisnis Jualan Pulsa Tanpa Modal Hanya dengan Android

Sedangkan secara konteks entitas, maksud dari bisnis adalah suatu organisasi atau badan lain yang bergerak dibidang komersial, industri, atau profesional untuk mendapatkan keuntungan. Dari sini bisnis bisa merujuk pada tiga hal, yaitu:

  • Badan Usaha – kesatuan teknis, yuridis, dan ekonomis untuk memperoleh keuntungan.
  • Sektor pasar tertentu – misalnya pasar modal.
  • Seluruh aktivitas – dalam hal ini pada komunitas produsen barang dan jasa.

Tujuan Bisnis Secara Umum

Setelah Anda mengetahui pengertian bisnis, selanjutnya Anda juga harus tahu tujuan dari sebuah bisnis. Pada intinya, tujuan utama dari sebuah bisnis adalah mendapatkan untung dengan memproduksi serta menjual barang atau jasa yang di perlukan masyarakat.

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari bisnis:

  • Mendapatkan keuntungan dari suatu kegiatan bisnis.
  • Mencapai kesejahteraan pemilik faktor produksi dan masyarakat.
  • Melakukan pengadaan barang atau jasa yang di perlukan oleh masyarakat.
  • Menciptakan sebuah lapangan kerja untuk masyarakat.
  • Meningkatkan kemajuan dan pertumbuhan ekonomi dalam masyarakat.
  • Menunjukkan eksistensi dari sebuah perusahaan dalam jangka panjang.
  • Menunjukkan prestasi dan prestise.
Baca juga:  Mengapa Harus Memulai Usaha di Usia Muda? ini Alasannya

Fungsi Bisnis Secara Umum

Selain pengertian bisnis dan tujuannya, Anda juga harus tahu fungsi dari sebuah bisnis. Sebuah kegiatan bisnis berfungsi untuk membuat sesuatu yang awalnya kurang atau tidak bernilai menjadi suatu hal yang bernilai tinggi. Sesuatu yang di buat tersebut bisa memenuhi kebutuhan masyarakat setelah diolah.

Namun secara umum, ada beberapa fungsi bisnis yang harus Anda ketahui yaitu:

  • Form Utility – yaitu fungsi produksi di mana sebuah bisnis menghasilkan sebuah barang atau jasa yang di perlukan masyarakat. Contohnya adalah produk furniture dan jasa keuangan.
  • Place Utility – yaitu fungsi distribusi yang mana sebuah bisnis menyalurkan barang atau jasa ke tempat terketat yang bisa dijangkau oleh customer atau pelanggan.
  • Possessive Utility – yaitu fungsi penjualan dalam bisnis. Di sini sebuah perusahaan menjual sebuah produk ke pelanggan yang membutuhkan, baik itu berupa baraun ataupun jasa.
  • Time Utility – yaitu fungsi penyimpanan dan pemasaran dalam sebuah bisnis, di mana barang yang pada saat itu kurang berguna di simpan dan di keluarkan ketika barang tersebut lebih bermanfaat.
Baca juga:  Mau Tahu Contoh Bio IG Untuk Jualan Yang Menarik?

Dari penjelasan yang kami sampaikan di atas, bisa kita simpulkan bahwa bisnis adalah sebuah profesi, pekerjaan, kegiatan jual beli, atau kegiatan komersial lain yang melibatkan barang atau jasa dengan imbalan berupa laba atau keuntungan.

Keuntungan dari bisnis ini tidak selalu berupa uang. Keuntungan yang di dapat bisa juga dalam bentuk lain misalnya relasi. Jadi bisnis bukan melulu soal uang, lewat relasi ini Anda bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.