usaha katering

5+ Inovasi Usaha Katering yang Pasti Laris

Sebagai orang yang memliki jiwa pembisnis tentu membutuhkan inovasi yang baru yang mungkin jarang terfikirkan oleh kalangan umum. Jika kita membahas tentang usaha katering, maka secara umum kita semua sudah tahu bagaimana konsep kerjanya.

Namun seiring kemajuan teknologi yang pesat, tentunya model bisnis harus berinovasi menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Jika tidak, jangan harap usaha kalian akan bertahan lama, karena potensi tergantikan jelas ada.

Sebenarnya inovasi bisnis itu tidak harus berdasarkan contoh yang sudah ada. Pasalnya, semakin kamu kreatif, maka inovasi yang kamu kembangkan akan menjadi perubahan yang lebih berpotensi.

Inovasi Usaha Katering

Melakukan perubahan atau inovasi bisnis, bukan cuma meningkatkan dari segi marketing. Inovasi juga akan meningkatkan nuansa baru yang lebih menarik calon pelanggan.

Lalu apa saja yang bisa kita rubah dalam bisnis catering? Berikut ini beberapa contoh inovasi usaha katering yang harus kamu mulai:

1. Tampilan Usaha Katering

Semua orang pasti setuju kalo tampilan merupakan faktor yang sangat penting dalam usaha katering. Pasalnya, tampilan merupakan daya tarik utama sebelum sajian benar-benar di buktikan dari segi rasa.

Baca juga:  Ide Jualan Anak Sekolahan: Jadi Pebisnis Sejak Muda

Bayangkan jika tampilanya kurang menarik? Pasti kamu akan banyak kehilangan kesempatan emas. Maka dari itu, bisa dibilang penampilan bisa mengalahkan rasa itu sendiri.

2. Model Katering

Jika biasanya kalian menggunakan konsep prasmanan, mungkin perlu perubahan yang bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Pasalnya, secara tidak langsung kalian membatasi pasar jika berfokus pada model prasmanan.

Apakah kalian sempat memikirkan menjual katering dengan kosep nasi kotak? Mungkin itu ide yang sangat bagus! Dari segi segmen pasar, nasi kotak jauh lebih umum. Dengan begitu, potensi perkembangan bisnis juga akan lebih terjamin.

3. Resep Makanan

Jika omset bisnis tidak kunjung meningkat, bisa saja inovasi resep usaha katering kamu harus di perbarui. Usahakan selalu mengikuti tren masakan yang sedang banyak diminati.

Tidak harus meniru, kamu bisa memodifikasi untuk menambah ciri khas dari brand katering kalian masing-masing. Sebagai cheff atau yang hobi masak, pasti tidak terlalu sulit kan berkreasi resep yang sudah ada?

4. Inovasi Konsep Marketing

Jika semua inovasi tidak terbukti menaikan omset bisnis, maka sudah bisa di pastikan teknik marketing harus kita ubah. Mulailah beralih ke iklan digital, pasalnya, 80% orang saat ini cenderung lebih aktif di dunia maya.

Baca juga:  4 Cara Membaca Candlestick Agar Profit yang Tepat

Bukan berarti saat ini spanduk tidak penting, mungkin kita perlu lebih selektif saat menetapkan lokasi promosi misalnya di area yang memang pasar makanan atau tempat yang relevan lainya.

5. Pelayanan Usaha Katering

Terkadang nyeleneh itu belum tentu ngawur. Mungkin model usaha kaos Joger bisa menjadi contoh inovasi bisnis yang nyeleneh. Bagaimana tidak, bagi sebagian orang setiap kata-kata yang tertulis di kaos itu bisa membuat bingung. Tapi faktanya, itulah letak keunikanya.

Oleh sebab itu, buka tidak mungkin metode itu bisa diterapkan dalam usaha katering. Akan tetapi proses riset mungkin perlu kalian lakukan, jangan sampai bisnis kamu malah justru terlihat konyol.

Contoh Usaha Katering yang Laris Saat Ini

Melihat trend usaha katering saat ini, ada beberapa jenis catering yang sangat diminati. Menariknya, kebanyakan model bisnis katering yang mereka jalankan tidak menjangkau kebutuhan umum, dengan mempersempit segmen pasar yang mereka targetkan.

Penasaran apa saja model bisnis catering yang laris saat ini? Berikut beberapa contoh usaha katering yang banyak diminati tahun ini:

1. Usaha Katering Sehat

Akhir-akhir ini sangat marak sekali konsep bisnis katering yang mengutamakan katering sehat. Secara jangkauan pasar memang lebih sedikit, tapi faktanya mereka bisa memfilter mana orang yang memang berpotensi menjadi customer.

Baca juga:  Gaji Agen BRILink dan Berbagai Keuntungannya

Pasalnya, semakin sempit segmen pasar, secara tidak langsung juga akan menyaring konsumen yang potensial. maka tidak heran jika mereka bisa mendatangkan pelanggan yang benar-benar potensial.

2. Private Katering

Contoh usaha katering yang sedang laris berikutnya yaitu private katering. Sesuai namanya “Private”, bisa diartikan jasa profesional, bahkan bisa lebih dari satu tingkat diatasnya.

Biasanya model bisnis katering ini menargetkan customer di level atas. Oleh sebab itu, bisnisnya terlihat eksklusif dan terkesan mahal daripada catering lainya.

3. Katering Rantangan

Jika sebelumnya bisa di bilang katering bintang lima, kali ini lebih menyasar kalangan bawah seperti ibu rumah tangga, anak kos, dan lain sebagainya.

Usaha katering rantangan biasanya menyediakan menu masakan sehari-hari. Contoh sederhananya yaitu melayani katering anak kos bulanan. Artinya, kamu wajib menyediakan makanan setiap hari, dan akan di bayar setiap bulan atau di awal perjanjian.

Mungkin itu saja beberapa contoh usaha katering yang sedang laris saat ini. Menurut kalian bagaimana, apakah ini menginspirasi? Dari pembahasan ini bisa disimpulkan bahwasanya memfilter target konsumen juga sangat penting untuk kelangsungan bisnis.

Buatlah lebih spesifik, dan hanya datangkan pelanggan yang sedang mencari kamu. Dengan begitu usaha pasti akan lancar jaya dalam jangka panjang.