ide jualan anak sekolahan

Ide Jualan Anak Sekolahan: Jadi Pebisnis Sejak Muda

Bisakah seorang pelajar memiliki penghasilan? Jawabannya tentu saja bisa, contohnya dengan berjualan. Ada banyak ide jualan anak sekolahan yang dapat mulai merintisnya sejak sekarang juga, tanpa mengganggu aktivitas belajar.

Ide Jualan Anak Sekolahan yang Mudah dan Menghasilkan

Anak muda yang produktif tentu berpotensi memiliki masa depan lebih baik. Bentuk produktivitas pemuda ini ada berbagai macam. Bisa produktif meraih penghargaan, atau produktif dalam menghasilkan uang. Jika ingin merintis usaha sejak jadi pelajar, coba cek beberapa ide di bawah ini.

ide jualan anak sekolahan

1. Berjualan Pulsa

Tampaknya memang sederhana, tetapi berjualan pulsa dan kuota data bisa menjadi bisnis bagi anak sekolahan. Modalnya relatif kecil, sementara potensinya cukup tinggi. Dengan menawarkan ke teman sekolah saja, tentu pelanggannya cukup banyak. Belum lagi jika mampu menawarkan ke lingkungan yang lebih luas.

Modal ide jualan anak sekolahan ini hanya membutuhkan smartphone dan sejumlah uang sebagai top up saldo. Biasanya, nominalnya bisa mulai dengan Rp 100.000 dahulu. Carilah agen pulsa yang juga melayani pembelian token listrik. Hal ini  supaya bisa menjangkau pasar lainnya, yaitu rumah tangga yang menggunakan listrik pintar.

Baca juga:  Beragam Ide Jualan Makanan Yang Layak Dicoba Anak Muda!

Ide Jualan Dessert Box

2. Menjual Dessert Box

Bisa membuat dessert box? Manfaatkan saja kemampuan itu sebagai ide jualan anak sekolahan. Pelajar SMP maupun SMA, bisa merintis usaha ini, karena cukup mudah dan umumnya tidak perlu menggunakan oven. Selain itu, produk dessert box tergolong kekinian dan memiliki banyak penggemar. 

Sebaiknya tidak hanya menawarkan kepada sesama pelajar, melainkan juga menjangkau pasar lebih luas melalui internet. Gunakan media sosial untuk mempromosikan produk. Trik lain adalah membuat beberapa variasi produk, sehingga pelanggan lebih leluasa memilih.

3. Menjual Barang Fancy

Selanjutnya, ada lagi ide jualan anak sekolahan yang tidak kalah menarik, yaitu menjual barang fancy. Ini adalah produk sejenis aksesoris, aneka stationery unik, dan benda sejenisnya. Beragam warna, model, dan kemasan yang unik, membuat fancy goods menjadi incaran banyak anak muda. Jadi, mengapa tidak memanfaatkannya sebagai ide jualan?

ide jualan anak sekolahan

4. Ide Menjual Kerajinan Tangan 

Bagi anak sekolah yang memiliki bakat dalam bidang kerajinan tangan, bisa memulai jualan dengan memanfaatkan skill ini. Beberapa contoh kerajinan tangan yang tergolong mudah dan kekinian adalah membuat scrapbook dan snack buket. Pertama, tentu bisa menawarkan kepada teman sekolah. Selanjutnya, menggunakan media sosial untuk promosi.

Jika ide jualan ini yang menjadi pilihan, jangan ragu untuk meminta teman merekomendasikan produk tersebut ke orang lain. Hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah selalu asah kreativitas dan mampu membaca trend saat ini.

Baca juga:  Jualan Untuk Anak SD: Receh, Tetapi Cuan

ide jualan anak sekolahan

5. Ide Berjualan Foto

Jika memiliki keahlian memotret, jangan mensia-siakannya. Saat ini ada banyak smartphone yang telah lengkap dengan kamera beresolusi tinggi. Jadi, hasil fotonya sudah cukup memuaskan. Kamu bisa memotret objek apa pun dari sudut terbaik, kemudian mengedit, dan menjualnya di platform penyedia stok foto, seperti Shutterstock, iStock, dan lainnya.

Cara lain yang lebih cepat menghasilkan uang adalah dengan menawarkan jasa foto ke pelaku usaha kecil di kota tempat tinggal. Banyak pemilik usaha yang tidak memiliki kemampuan memotret dagangannya, sehingga tampilannya kurang menarik. Peluang ini potensial sebagai ide jualan anak sekolahan.

Tawarkan jasa memotret produk dengan harga yang sepantasnya. Akan lebih baik jika memiliki kemampuan mengedit foto. Dengan kemampuan ini, tentu bisa sekaligus menawarkan hasil foto berupa materi promosi. Tentu saja jika ada tambahan jasa edit tersebut, biayanya juga meningkat.

Berbagai macam ide jualan anak sekolahan itu cocok untuk pelajar yang kreatif. Selain itu, tidak berkaitan dengan usia, pelajar SMP dan SMA pun bisa mulai merintisnya dari sekarang. Pelajari banyak hal yang berkaitan dengan tips usaha sukses.