Contoh Advertorial Produk Makanan

Contoh Advertorial Produk Makanan Terbaru

Dariberita – Contoh advertorial produk makanan adalah sebagian dari iklan terselubung sebuah perusahaan. Sebab, promosi yang disampaikan tidak nampak sama sekali seperti sedang menjual dagangan.

Sekarang ini, jenis advertorial menjadi pilihan banyak perusahaan besar untuk menawarkan produk yang dijual. Sebab, iklan yang disampaikan lebih halus bahkan tidak seperti sedang menawarkan barang.  

Pengertian, Tujuan dan Contoh Advertorial Pada Makanan

Melihat sekilas penjelasan di atas, Anda pasti sudah bisa menafsirkan pengertian tentang iklan advertorial seperti apa. Daripada hanya bisa menafsirkan, lebih baik simak dulu uraian pengertian dan fungsi iklan advertorial berikut:

1. Pengertian Advertorial

Advertorial merupakan salah satu jenis cara mengiklankan produk, namun tidak tampak seperti sebuah iklan. Apabila melihat kaidah jurnalistik, advertorial menggunakan rumus 5W+1H. 

Baca juga:  Tips Memulai Bisnis Online Paling Cuan di Tahun 2021

Biasanya jenis iklan ini akan mudah dijumpai pada media massa atau sebuah situs web. Meskipun sama-sama menggunakan advertorial, namun iklan yang ada pada setiap media tidak memiliki jenis penyampaian yang sama.

Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh kebijakan media yang berbeda-beda. 

2. Fungsi dan Tujuan Advertorial

Advertorial memiliki tujuan yang sama seperti pemasaran produk iklan pada umumnya. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Agar dapat memperkenalkan dan juga mempromosikan seluruh produk, kegiatan, maupun jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan tertentu pada masyarakat luas.
  • Agar dapat menanamkan atau menumbuhkan citra baik perusahaan pada masyarakat tertentu yang telah dijadikan sebagai target pemasaran..

Fungsi Advertorial tentu saja untuk memasarkan produk akan tetapi sifatnya hanya sebagai pendamping dan penerjemah dari produk dan jasa yang dipromosikan.

3. Jenis Advertorial

Advertorial memiliki beberapa jenis pengiklanan dengan masing-masing fungsi dan berbeda. Sebab, jenis iklan ini memiliki jenis penulisan yang mencakup pembahasan  semua terkait produk yang akan diiklankan. Tema tulisan advertorial biasanya mencakup merk, kualitas, jenis, bahkan keberadaan produk dari perusahaan tersebut.

Baca juga:  7 Usaha yang Jarang Rugi dan Dijamin Dapat Untung Besar

Berikut merupakan beberapa jenis iklan advertorial yang dapat Anda simak dan ketahui:

Advertorial Jasa

Tentu saja akan menawarkan berbagai jenis jasa. Tidak heran jika tema penulisannya melulu tentang keunggulan, jenis jasa, pelayanan dan kualitas atau hal lain yang berkaitan dengan jasa yang akan dipasarkan.

Advertorial Korporat atau Perusahaan

Berbeda dengan iklan advertorial jasa, jenis ini lebih cenderung  memberitakan eksistensi suatu perusahaan. Biasanya mengambil topik tentang berbagai kegiatan perusahaan untuk masyarakat, sebuah kegiatan CSR atau lain sebagainya.

Advertorial Pemerintahan

Terlihat jelas dari namanya, iklan advertorial ini tentu saja akan membahas segala aktivitas pemerintahan. Bisa juga memberikan pembahasan potensi beberapa daerah yang akan ditonjolkan.

Iklan advertorial biasanya memiliki sifat yang Interpretatif, Informatif, Persuasif, Eksplanatif, Influentif, Argumentatif dan Eksploratif.

Baca juga:  Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik

4. Contoh Advertorial Produk Makanan

Dari penjelasan diatas, artikel memberikan sebuah contoh iklan advertorial produk makanan. Misalnya seperti penggalan iklan di bawah ini:

Pizza merupakan makanan khas dari Italia namun saat ini sudah sangat mudah ditemui di Indonesia, sebab dibawa oleh sang pelopor pizza di Indonesia dengan merk Pizza Hut.

Sebagai contoh lain, jenis produk serupa dengan nama Pizza Time turut menggunakan iklan advertorial, dengan tujuan agar produk yang dijualnya dapat laku seperti brand pelopor seperti Pizza Hut.

Sebab, advertorial iklan akan memberikan target pasar sebuah informasi yang mengundang komunikatif dan eksploratif seperti sifatnya. Maka dari itu, iklan advertorial kerap kali menarik banyak perhatian. 

Itulah pembahasan singkat mengenai pengertian, tujuan dan jenis serta contoh advertorial produk makanan yang dapat disampaikan. Jika ingin mengundang rasa penasaran masyarakat luas terhadap produk yang Anda jual, sebaiknya coba terapkan iklan advertorial saja.