Contoh Advertorial Produk Kecantikan

2 Contoh Advertorial Produk Kecantikan : Hasilkan Cuan

Dariberita – Pernah dengar kata advetorial? Sebagai contoh advertorial produk kecantikan, ketika seorang artis cantik bermake up sempurna menghadiri sebuah acara dengan atribut selendang bertuliskan Oriflame.

Oriflame merupakan produk kecantikan terkenal, dan advertorialnya adalah dengan menghadirkan brand ambasador seorang artis yang sangat cantik. Tanpa banyak kata, sang artis meng’iklan’kan produk Oriflame melalui dirinya.

Mengenal Iklan Advertorial

Advertorial sendiri berasal dari dua kata, yaitu advertisement (promosi atau iklan), dan editorial (pendapat dalam dunia redaksi).

Sehingga secara keseluruhan, advetorial merupakan jenis iklan bergaya bahasa jurnalistik atau redaksional, dengan tujuan membangun opini positif di masyarakat.

Selain pengertian iklan dan contoh advertorial produk kecantikan sebelumnya, terdapat pengertian dan contoh lain. Bentuk penyajian dan tulisan iklan advertorial akan berbeda antar media, bergantung pada kebijakan dan cara penyajian media itu sendiri.

Berikut dua tipe iklan advertorial:

1. Iklan Terselubung 

Kehadiran sang artis dalam sebuah promosi brand, ini bertujuan agar masyarakat percaya dengan kualitas makeup Orifl*****, yang jika dipakai akan terlihat sempurna seperti artis tersebut.

Hal di atas merupakan contoh advertorial produk kecantikan. Seperti inilah cara kerja iklan advertorial, beriklan dengan cara yang sangat halus, seperti tidak sedang beriklan. Model iklan seperti ini yang kini banyak dipilih oleh suatu perusahaan besar.

2. Iklan dengan Teks Narasi 

Pengertian lain dari iklan advertorial (iklan pemberitaan) adalah iklan dengan lebih banyak review atau ulasan daripada gambar. Iklan ini mengulas keunggulan produk dengan bahasa yang lebih panjang agar mudah dipahami oleh pembaca.

Contoh advertorial produk kecantikan lainnya yaitu review pengguna produk kecantikan tersebut. Ulasan pengguna memakai produk original, dan pengalamannya menggunakan produk abal-abal sebelumnya.

Karena campuran bahan di dalamnya tidak dapat dipertanggungjawabkan, produk tersebut justru malah menjadikan wajah iritasi, berjerawat, atau penyakit kulit lainnya. Maka dari itu, pengguna memilih berganti produk kecantikan original.

Jenis iklan ini membahas segala sesuatu berkaitan dengan produk yang diiklankan dalam penulisannya. Tema tulisan beragam, bisa tentang jenis produk, merk, keberadaan produk, atau kualitas produk tersebut.

Iklan advertorial bertujuan mengenalkan produk kepada masyarakat luas, sama dengan tujuan pemasaran.

Fungsi utama teks iklan advertorial adalah sebagai ulasan yang mendampingi iklan pendek berdurasi beberapa detik di media massa. Iklan pendek tersebut berfungsi menangkap perhatian masyarakat.

Kemudian iklan advertorial disajikan dalam bentuk narasi yang menarik, untuk mengikat perhatian sebelumnya dengan logika pemahaman akan manfaat produk tersebut.

Baca juga:  Contoh Advertorial Produk Makanan Terbaru

Oleh karena ada begitu banyak produk kecantikan di pasaran, narasi teks harus kreatif agar iklan efektif menyampaikan pemahaman. Teks narasi dapat dimulai dengan memberikan tips menjaga kesehatan kulit secara alami.

Pahami bahwa ciri khas iklan ada pada pilihan kata yang menarik, logis, tepat, dan sopan. Susun kata dengan informasi yang dipilih dan dipentingkan (disesuaikan dengan produk yang diiklankan), tepat sasaran, dan memiliki sugesti bagi pembaca.

Setelah itu promosikan produk kecantikan yang dimaksud. Sebutkan berbagai kelebihan produk sesuai dengan tips kecantikan yang disebutkan sebelumnya (diawal narasi). 

Tambahkan beberapa informasi mengenai produk yang telah disesuaikan dengan iklim atau kulit pembaca.

Hal ini sebagai sugesti akhir sekaligus kesimpulan atau punch line dari narasi, agar pembaca semakin yakin dan tergerak untuk membeli.

Beberapa contoh advertorial produk kecantikan di atas memiliki gaya yang berbeda, namun fungsi yang sama, yaitu mengenalkan produk. Semakin kreatif gaya advertorial dituliskan, semakin efektif iklan tersebut menemani iklan durasi.

Kata Kunci: