contoh buku stok barang harian manual

Contoh Buku Stok Barang Harian Manual Untuk Bisnis Kecil

Memiliki stok barang di gudang atau toko menjadi hal yang wajib dilakukan apalagi jika usaha Kamu berjalan lancar, dalam artian perputaran barangnya cepat. Untuk itu Kamu perlu mengetahui contoh buku stok barang harian manual agar keluar masuknya barang bisa terawasi.

Sebelum menggunakan vendor yang menawarkan sistem untuk membantu pencatatan stok, ada baiknya menggunakan buku stok barang yang manual terlebih dahulu. Biasanya sistem tersebut ditawarkan dengan harga yang cukup mahal, kurang cocok bagi pengusaha pemula.

Apa itu Buku Stok Barang?

Mungkin Kamu harus memahami dengan benar maksud dari buku stok barang harian manual agar nantinya bisa dengan mudah menjalankannya. Buku stok barang bisa diartikan sebagai buku yang mencatat semua data yang berkaitan dengan barang yang ada di gudang.

Dengan adanya pembukuan ketersediaan barang tersebut, Kamu bisa dengan mudah menghitung stok barang. Hal ini penting untuk mengetahui dan mengawasi setiap barang yang masuk dan keluarga agar tidak terjadi selisih.

Apalagi jika melakukan stok opname, keberadaan buku stok barang sangatlah penting untuk mengetahui kesesuaian antara stok fisik dan stok di buku. Contoh buku stok barang harian manual di bawah ini bisa dijadikan sebagai panduan sederhana yang sangat bermanfaat.

Contoh Buku Stok Barang Harian Manual

Kehadiran buku stok barang bisa membantu Kamu dalam menjaga stok dan mengetahui jumlah ketersediaannya di gudang. Dari proses pencatatan itu pula Kamu bisa mengetahui selisih kekurangan dan kelebihan barang yang ada di gudang.

Apalagi ketika melakukan inventory control, kehadiran buku stok barang sangat penting untuk keberlangsungan bisnis. Lalu bagaimana contoh buku stok barang harian manual itu?

contoh buku stok barang harian

Dengan gambar di atas, Kamu bisa melihat beberapa poin penting yang ada di contoh buku stok barang. Stok awal dan kolom barang masuk keluar harus diperhatikan dengan baik agar tidak terjadi selisih jumlah barang di stok akhirnya.

Tips Mudah Menyusun Buku Stok Barang

Membuat laporan penjualan atau buku stok barang menggunakan Excel terbilang cukup konvensional di tengah keterbatasan budget untuk membuat sistem yang lebih modern. Namun tak ada salahnya untuk dicoba karena bisa mempermudah penyusunan laporan.

Selain contoh buku stok barang harian manual seperti di atas, perhatikan tips berikut agar mudah menyusun buku stok barang.

1. Kelompokkan Barang Sesuai Jenisnya

Barang yang ada di gudang biasanya terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, mulailah dengan menyortir dan mengumpulkannya sesuai jenis masing-masing. Misalnya Kamu memiliki toko sembako dan kelontongan, maka bisa disimpan sesuai merk, jenis atau gramasinya.

Misalnya rak A digunakan untuk tempat penyimpanan khusus tepung dan terigu, Rak B untuk bahan sembako, Rak C untuk minuman dan seterusnya.

Baca juga:  Cara Membuat Pembukuan Keuangan Usaha Kecil

2. Kumpulkan Nota Penjualan Dan Pembelian

Proses input data sepertinya menjadi kegiatan yang paling krusial dari pencatatan stok barang, Kamu harus benar-benar teliti ketika melakukannya. Tak jarang selalu ada saja kesahan pencatatan yang bisa berakibat pada selisih jumlah barang yang ada di gudang.

Segera koreksi kesalahan yang terjadi agar tidak berlarut-larut, Kamu bisa mengecek kembali nota penjualan ataupun pembeliannya.

3. Harus Rutin Setiap Hari

Jika setiap harinya terjadi penjualan, maka Kamu harus melakukan pencatatan stok juga. Jangan sampai ada satu hari yang terlewat untuk melakukan pencatatan, hal ini penting dilakukan agar tidak pusing mengecek terlalu banyak nota penjualan.

Jadi update stok barang juga bisa Kamu lakukan secara berkesinambungan tanpa harus mengecek nota penjualan yang sudah menumpuk.

Contoh buku stok barang harian manual ini sangat penting bagi para pelaku usaha di zaman seperti sekarang. Tak bisa lagi hanya mengandalkan penjualan untuk mendapatkan profit berlimpah, kesesuaian antara barang yang masuk dan keluar juga berperan penting untuk kemajuan sebuah usaha.

Desain tabel stok barang mungkin akan berbeda satu sama lain, jika kamu butuh pembukuan yang lebih intent, contoh pembukuan stok barang yang pernah dijelaskan BukaReview mungkin sedikit menginpirasi.