bisnis jualan ayam potong

Tips Bisnis Jualan Ayam Potong Agar Berhasil

Ketika hendak memulai bisnis jualan ayam potong perlu strategi hingga beberapa tips lain agar lekas berhasil. Sebab, memilih berjualan ayam potong harus benar-benar mempersiapkan segala kebutuhannya. 

Sudah menjadi rahasia umum, memulai bisnis ayam potong memerlukan modal yang cukup besar. Oleh sebab itulah strategi hingga pemikiran tentang segala hal harus benar-benar matang dan mendetail. 

5 Tips Bisnis Jualan Ayam Potong agar Segera Berhasil

Mempraktikkan beberapa tips untuk menjalankan bisnis merupakan hal yang umum. Sama seperti ketika akan membuka sebuah peluang bisnis ayam potong. 

Ada beberapa cara agar bisnis tersebut dapat segera menghasilkan, simak selengkapnya dalam ulasan di bawah ini:

1. Menghitung Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Jualan Ayam Potong

Menghitung Persiapan Sebelum Memulai Bisnis Jualan Ayam Potong

Tidak jauh berbeda seperti hendak melakukan jenis bisnis lainnya, memulai bisnis jualan ayam potong juga membutuhkan persiapan. Utamanya adalah dengan mempersiapkan modal dan strategi penjualan. 

Jika pada jenis bisnis jualan makanan membutuhkan modal bahan-bahan dan alat masak. Memulai bisnis jualan ayam potong juga membutuhkan tempat untuk beternak, alat perawatan dan bibit ayam hingga makanannya. 

Oleh sebab itu, persiapan dengan menghitung jumlah modal awal wajib menjadi perhatian. Tujuannya agar dapat menentukan atau memperkirakan berapa harga jual ayam potong yang akan ditetapkan. 

Dengan menghitung persiapan modal juga dapat membantu memprediksikan jumlah ayam yang akan berhasil terjual. Tujuannya tentu saja untuk meminimalisir kerugian akibat gagal panen saat tiba waktu memasarkan. 

Baca juga:  Rincian Modal Usaha Telur Ayam dan Tips Suksesnya

2. Mempersiapkan Tempat Bisnis Ayam Potong

Mempersiapkan Tempat Bisnis Ayam Potong

Memilih bisnis ayam potong adalah hal yang cukup riskan. Sebab, memerlukan tempat beternak yang baik agar dapat menghasilkan ayam yang berkualitas. 

Oleh sebab itu, perhatikan tempat untuk beternak dengan baik agar ayam dapat tumbuh dengan sempurna. Pastikan bahwa tempat yang akan menjadi kandang sudah cukup ideal untuk digunakan. 

Misalnya saja melihat dari jumlah asupan cahaya matahari yang cukup. Memperhatikan sirkulasi udara dan suhu yang cukup stabil juga menjadi persiapan penting sebelum beternak bibit ayam potong.

Pastikan pula bahwa akses listrik dan air cukup dekat dan mudah memperolehnya. Sebab, beternak ayam potong sangat membutuhkan pencahayaan dan juga air yang memadai. 

Baca juga:  Tips Memulai Usaha Ternak Bebek Pedaging

3. Melakukan Perawatan yang Maksimal

Melakukan Perawatan Ayam Potong

Tidak seperti beternak ayam kampung, memilih bisnis jualan ayam potong cukup menantang. Sebab, biasanya ayam broiler kerap kali terkena stress yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan hingga mudah mati. 

Artinya, memilih berbisnis ayam potong selain membutuhkan persiapan modal juga harus mempersiapkan perawatan maksimal. Tujuannya tentu saja agar menghasilkan ayam berkualitas dengan kuantitas yang banyak. 

Misalnya saja ketika baru memasukkan bibit ayam, perhatikan apakah tempat tersebut membuatnya nyaman atau tidak. Selain itu, perhatikan pula asupan makanan yang teratur hingga vitamin dan antibiotiknya. 

Baca juga:  Lengkap! Inilah Cara Menghitung Modal Awal Dengan Mudah

4. Memahami Harga Pasar Ayam Potong

Memahami Harga Pasar Ayam Potong

Tentunya tips memahami harga pasar akan menjadi penentu dari sebuah keuntungan. Oleh sebab itu, pahami dan selalu lakukan survei harga ayam potong agar dapat menjual dengan nominal yang realistis dan menguntungkan. 

Sebab, jika memberikan tawaran harga yang cukup tinggi dari harga pasaran akan menyebabkan kerugian tidak laku. Begitu pula sebaliknya, jika mematok harga yang sesuai maka keuntungan pun dapat dengan mudah didapatkan. 

5. Menentukan Jenis Bisnis 

Tips terakhir dalam memulai bisnis ayam potong adalah dengan menentukan jenis bisnis. Apakah akan melakukan bisnis mandiri atau kerja sama. 

Apabila memilih bisnis mandiri, maka bersiaplah untuk mengorbankan banyak waktu dan tenaga. Sebab, memilih metode ini harus mempersiapkan segala sesuatu dengan sendiri mulai dari perawatan hingga penjualan. 

Berbeda dengan memilih bisnis kerja sama. Perawatan hanya dilakukan oleh penjual, sedangkan masalah harga jual sudah ditentukan sesuai kontrak dengan pembeli. Jadi, dengan memilih bisnis jualan ayam potong ini tidak perlu mengkhawatirkan harga turun, karena sekalipun menurun tetap akan mendapatkan harga sesuai kontrak.