apa itu investasi

Apa itu Investasi: Jenis dan Manfaat Investasi Lengkap

Banyak yang mengatakan bahwa penanaman modal ini bisa memberikan penghasilan tambahan yang besar. Namun sebenarnya apa itu investasi dan bagaimana cara kerjanya? Meskipun sudah sering terdengar, namun masih banyak orang yang belum tahu maksud dari penanaman investasi ini.

Bagi Anda yang masih belum paham tentang penanaman modal, tidak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan berbagai informasi terkait investasi, mulai dari pengertian, jenis, manfaat dan contohnya.

Apa itu Investasi

Secara singkat, Investasi adalah aktivitas menanam modal untuk bisa ditarik di masa mendatang dengan hasil atau nilai yang lebih besar. Intinya lewat penanaman modal ini investor atau orang yang berinvestasi berharap nilai dari aset yang mereka beli akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Aset investasi ini bisa berwujud waktu, tenaga, emas, reksadana, saham dan masih banyak lagi. Sedangkan definisi penanaman modal menurut KBBI sendiri adalah penanaman uang atau modal dalam suatu proyek atau perusahaan dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Baca juga:  Cara Menghitung Pip: Pengertian, Jenis dan Contoh

Manfaat Investasi

Setelah mengetahui pengertian apa itu investasi, Anda juga harus tahu tujuan atau manfaatnya. Penanaman modal dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Namun perlu Anda ketahui bahwa keuntungan yang didapat ini bisa dari bunga, royalti dan deviden.

1. Menghindari Inflasi

Inflasi merupakan suatu kejadian yang mungkin terjadi di masa mendatang dari waktu ke waktu. Inflasi ini sangat berdampak pada menurunnya  nilai mata uang. Nah untuk menghindari inflasi, penanaman modal ini menjadi salah satu cara paling ampuh. Dengan penanaman modal yang tepat, Anda bisa membuat uang lebih berkembang.

2. Mendapat Penghasilan Tambahan

Salah satu manfaat utama dari investasi adalah mendapat penghasilan tambahan. Jadi selain dari gaji pekerjaan tetap, Anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan lewat penanaman modal. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus melakukan penanaman modal dengan benar, jika sembarangan dalam penanaman modal malah bisa rugi.

Baca juga:  Ketahui Biaya Admin Tabungan Mandiri

3. Memenuhi Kebutuhan Mendatang

Manfaat penanaman modal yang berikutnya adalah untuk membantu mempersiapkan modal yang dibutuhkan di masa depan seperti pernikahan, kesehatan, pendidikan anak, dan lain-lain. Lewat penanaman modal ini Anda bisa terbantu mengumpulkan biaya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

4. Membangun Gaya Hidup Hemat

Kegiatan penanaman modal ini muncul dari semangat investor dalam menabung. Dengan melakukan penanaman modal Anda bisa berlatih mengalokasikan pendapatan Anda ke aset jangka banyak dibanding memakainya untuk kebutuhan yang tidak diperlukan.

Jenis-Jenis Investasi

Pengetahuan tenntang penanaman modal berikutnya yang harus Anda ketahui adalah jenis-jenis penanaman modal. Berikut penjelasannya dua jenis penanaman modal yaitu janga pendek dan panjang.

1. Investasi Jangka Pendek

Apa itu investasi jangka pendek? penanaman modal jangka pendek adalah jenis investasi yang berlangsung dalam kurun waktu 1-3 tahun. Pada penanaman modal jenis ini investor memutuskan untuk menanamkan modal dalam waktu yang singkat yaitu 1-3 tahun.

Baca juga:  Tekanan Candlestick: Analisa, Aturan, dan Cara Pakai

Jenis penanaman modal ini sangat cocok untuk ada yang menginginkan keuntungan dengan cepat. Beberapa contoh penanaman modal jangka pendek yang populer dan banyak dibeli adalah reksadana dan P2P Lending. Bagi Anda yang ingin mendapat return lebih cepat, bisa coba investasi jenis ini.

2. Investasi Jangka Panjang

Jenis penanaman modal yang berikutnya adalah penanaman modal jangka panjang. penenaman modal berjangka adalah aktivitas penanaman modal dalam waktu lama yaitu 3 sampai puluhan tahun. Keuntungan dari penanaman modal jenis ini lebih besar dibanding jangka pendek.

Ada banyak jenis instrumen penanaman modal jangka panjang yang bisa Anda beli. Beberapa contohnya adalah saham, dana pensiun, logam mulia, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang ingin mulai menyiapkan dana pensiun, silahkan pilih jenis penanaman modal ini.

Nah itulah tadi pengertian apa itu investasi beserta jenis-jenis dan manfaatnya lengkap. Bagi Anda yang baru terjun di dunia modal, pastikan memahami point-point yang kami sampaikan di atas.