usaha pertanian yang menjanjikan

5 Jenis Usaha Pertanian yang Menjanjikan Kala Pandemi

Masa pandemi memang memberikan efek yang drastis untuk perekonomian individu maupun perusahaan. Tidak sedikit diantaranya harus rela kehilangan pekerjaan dan penghasilan yang menurun. Namun, ada usaha pertanian yang menjanjikan sebagai sisi positifnya. 

Sektor perekonomian pada umumnya memang mengalami krisis saat pandemi terjadi. Akan tetapi, sektor bisnis pertanian semakin meninggi. Penasaran apa saja contoh bisnis yang mengalami peningkatan saat pandemi? Simak selengkapnya melalui ulasan di bawah ini:

5 Jenis Usaha Pertanian yang Menjanjikan Kala Pandemi 

Memilih usaha pertanian di bawah ini  ketika pandemi adalah hal yang positif untuk dilakukan. Pasalnya, termasuk jenis bisnis pertanian yang menjanjikan dengan potensi keuntungan yang semakin meningkat. Penasaran apa saja pilihan bisnisnya? Silakan menyimak ulasan berikut:

1. Bisnis Pembuatan Pupuk Kompos

Bisnis Pembuatan Pupuk Kompos

Siapa yang menyangka bisnis pembuatan pupuk kompos tidak terkena imbas pandemi. Tidak heran apabila yang menjalankan bisnis ini tetap eksis dan menghasilkan keuntungan yang aman.

Memproduksi pupuk kompos sangat ramah lingkungan karena memanfaatkan sampah rumah tangga. Ditambah lagi modalnya cukup murah  dan mudah untuk memproduksinya. Meskipun demikian, hasil yang akan diperoleh cukup besar bahkan menjanjikan keuntungan yang besar.

Tidak hanya itu, pupuk kompos juga mempunyai kelebihan dalam  potensi besar di pasar, apalagi seperti pandemi sekarang. Sebab, masyarakat mulai mengisi kegiatan di rumah dengan bercocok tanam untuk menghilangkan kejenuhan. 

Baca juga:  Cara Membuka Kios Pertanian Agar Langsung Laris

2. Menjual Bibit-bibit Tanaman

Usaha pertanian yang menjanjikan Menjual Bibit Tanaman

Usaha pertanian yang menjanjikan selanjutnya adalah dengan menjual bibit tanaman. Peluang ini semakin terbuka lebar karena banyak sekali masyarakat yang mulai mendalami dunia bercocok tanam saat pandemi.

Sama seperti memulai bisnis pupuk kompos di atas, menjual bibit tanaman juga tidak memerlukan modal yang besar. Akan tetapi membuka peluang yang cukup menjanjikan penghasilan tinggi.

Satu hal yang pasti ketika hendak memulai bisnis ini adalah dengan memastikan produk yang dijual adalah bibit unggul. Oleh sebab itu, memerlukan kehati-hatian ketika menentukan supplier yang akan menjadi partner

3. Bisnis Tanaman Hidroponik

Saat ini, tanaman hidroponik sedang menjadi buruan banyak vegetarian. Sebab, media tanam yang digunakan tidak memakai tanah lagi, melainkan air yang memiliki kandungan hara.

Mengapa bisnis tanaman hidroponik menjadi usaha pertanian yang menjanjikan? Sebab, termasuk peluang usaha yang dapat dengan mudah melakukannya di rumah dengan modal yang kecil. 

Bisnis ini juga  memberikan peluang keuntungan yang cukup besar dan cepat. Sebab, bandrol harga untuk tanaman hidroponik jauh lebih tinggi dari tanaman konvensional pada umumnya.

4. Bisnis Tanaman Hias

Apakah benar memilih berbisnis tanaman hias merupakan usaha pertanian yang menjanjikan? Tentu saja jawabannya adalah, ya! Mengapa? Karena seperti alasan yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini masyarakat mulai gemar untuk bercocok tanam.

Sebab, hampir tiap individu memulai kegiatan ini untuk mengisi kesenggangan saat pandemi. Alasannya karena berdiam diri di rumah saja membuat banyak waktu terbuang sia-sia. Oleh sebab itulah, bercocok tanam hingga memulai bisnis tanaman hias menjadi pilihan terbaik.

Tanaman hias sedari dulu sudah terkenal dan mempunyai pangsa yang besar. Sebab, tanaman hias adalah salah satu hal yang membuat rumah menjadi lebih indah dn cantik. Alasan lainnya adalah mudah untuk dirawat, sehingga siapapun dapat  memilikinya. 

5. Bisnis Alat untuk Berkebun

usaha pertanian yang menjanjikan

Apabila 4 rekomendasi bisnis di atas tidak memungkinkan untuk dijalani, mungkin bisa dengan memulai usaha jualan alat untuk berkebun. Sebab, ide ini sejalan dengan potensi pasar yang saat ini mulai gemar bercocok tanam.

Artinya, seiring dengan meningkatnya permintaan tanaman hias maka semakin besar pula potensi penjualan alat berkebun. Usaha pertanian yang menjanjikan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Caranya adalah dengan menjadi reseller atau agen agar mendapatkan banyak potongan harga.