Tabel Angsuran KUR BRI

Tabel Angsuran KUR BRI: Ini Ketentunya

Kamu berniat mengajukan pinjaman untuk modal usaha tapi takut dengan jebakan pinjol? Atau takut dengan angsuran dan bunga yang tinggi? Jangan khawatir. Tawaran Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI bisa jadi pilihan sebagai solusi. Untuk memantapkan hati dalam mengajukan kredit, berikut akan diberikan tabel angsuran KUR BRI.

Bank BRI merupakan salah satu bank dengan layanan yang bisa dijangkau hingga pelosok. Kamu dapat dengan mudah menemukan kantor cabang BRI di daerahmu untuk mengajukan kredit demi mengembangkan bisnis atau memulai usaha.

Sebagai bank berplat merah, BRI menjadi penyalur pinjaman KUR yang disediakan oleh pemerintah untuk memajukan ekonomi rakyat. Tak tanggung-tanggung, tiap tahunnya BRI menggelontorkan dana hingga 100 triliun rupiah.

Syarat Mengajukan KUR BRI

Syarat Mengajukan KUR BRI

Untuk mengajukan pinjaman, ada beberapa tahapan yang mesti kamu penuhi. Segala persyaratan wajib ada dan dibuat dengan sejujur-jujurnya. Hal ini karena BRI memiliki mekanisme tersendiri untuk menentukan apakah pengajuan layak disetujui atau tidak.

  • Fotokopi KK
  • Fotokopi KTP pribadi dan pasangan (jika sudah menikah)
  • Surat keterangan usaha minimal sudah berjalan 6 bulan (untuk pinjaman tertentu)
  • Fotokopi NPWP (Untuk pinjaman di atas 50 juta)
  • Tidak sedang menerima pinjaman dari bank lain, kecuali untuk kredit konsumsi seperti KPR, KKB, dan kartu kredit
  • Lolos BI Checking (tidak ada kredit macet)
  • Mengisi dokumen pengajuan KPR
  • Menyertakan jaminan (untuk KUR ritel)

Tabel Angsuran KUR BRI

1. Pinjaman KUR Super Mikro

Kamu pekerja yang baru saja di-PHK dan ingin memulai usaha baru? Atau ibu rumah tangga yang ingin berbisnis kecil-kecilan? Jika iya, bisa mencoba mengajukan KUR Super Mikro.

Untuk pinjaman jenis ini, tidak perlu syarat usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan. Kamu juga tidak perlu menyertakan agunan/jaminan. Nominal pinjaman cukup bervariasi mulai dari 1 juta sampai 10 juta rupiah.

Berdasarkan tabel angsuran KUR BRI, tenor pinjaman jenis ini fleksibel bisa 9 bulan, 15 bulan, 21 bulan, dan 33 bulan. Semakin lama tenor, maka total uang yang dikembalikan juga makin tinggi.

Baca juga:  Jenis-Jenis Kartu ATM BRI Britama Terbaru dan Cara Membukanya

2. Pinjaman KUR Mikro BRI

Perlu uang untuk berbisnis online? Maka pilihlah pinjaman ini. Pasalnya KUR Mikro BRI ditujukan untuk pedagang dan para pelaku UMKM sektor kecil.

Sama dengan jenis pinjaman sebelumnya, KUR ini tidak perlu menyertakan agunan. Batas plafon pinjaman sampai 50 juta rupiah. Berdasarkan tabel angsuran KUR BRI, tenor pinjaman paling lama 3 tahun.

Pilihan lain yang bisa diambil adalah 12 bulan, 18 bulan, dan 24 bulan. Jika kamu bingung, tanyakan semua yang belum dipahami pada petugas bank.

3. Pinjaman KUR TKI

Pinjaman yang ketiga ditujukan untuk calon TKI yang memerlukan biaya keberangkatan ke luar negeri untuk bekerja. Plafon atas pinjaman sebesar 25 juta.

Untuk persyaratan surat keterangan usaha bisa diganti dengan surat perjanjian kerja dan tambahan fotokopi passport serta visa.

Menurut tabel angsuran KUR BRI, suku bunga pinjaman ini cukup ringan dengan 6% saja dan tenor paling lama 3 tahun atau sesuai kontrak kerja.

Baca juga:  Cara Daftar E-Banking BRI Agar Lebih Mudah Bertransaksi

4. KUR Retail BRI

Ini merupakan KUR BRI dengan plafon pinjaman yang terbesar mencapai 500 juta rupiah. KUR Retail ini ditujukan untuk pelaku UMKM kelas menengah. Karena nominal plafon yang besar, kamu perlu menyertakan agunan baik berupa sertifikat rumah atau lainnya.

Keterangan tenor dalam tabel angsuran KUR BRI menunjukkan waktu yang bervariasi dari mulai 12 bulan, 24 bulan, 36 bulan, hingga 48 bulan dengan suku bunga 6% per tahun.

Itulah beberapa gambaran dari tabel angsuran KUR BRI berdasarkan jenis pinjaman. Masing-masing memiliki kuota atau limit pinjam serta angsuran yang berbeda, anda bisa menyesuaikanya jika ingin menggunakan pinjaman dari bank BRI melalui dana KUR.