candlestick engulfing

Pengertian Candlestick Engulfing dan Jenis-Jenisnya

Dalam melakukan trading baik itu saham ataupun crypto, Anda wajib melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Analisis trading ini bisa Anda lakukan dengan melihat pola-pola candle yang ada di market. Candlestick engulfing adalah salah satu jenis candlestick yang sering muncul di grafik market.

Engulfing candle menjadi salah satu pola favorit para trader karena memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi. Bagi Anda yang penasaran tentang candle engulfing, berikut akan kami jelaskan pengertian pola candle engulfing beserta jenis-jenisnya lengkap.

Bagi Anda yang masih bingung dengan apa itu candlestick engulfing dan apa saja jenis-jenisnya, silahkan simak artikel ini samapai selesai.

Pengertian Candlestick Engulfing

Candlestick engulfing adalah sebuah pola candle yang terdiri atas 2 bar candlestick. Ciri dari pola ini ditandai dengan kemunculan candle pertama yang terlihat seperti menelan candle sebelumnya. Jadi candlestick kedua dari pola ini memiliki ukuran yang sepenuhnya lebih besar dari sebelumnya.

Baca juga:  Bearish Engulfing: Pengertian, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pola engulfing ini semakin akurat apabila mempunyai ekor pendek atau tanpa ekor. Hal ini karena ekor yang panjang mengartikan ketidakpastian arah pergerakan pasar atau kecenderungan untuk terjadi konsolidasi.

Pada pasar yang sedang trending, kemunculan candle engulfing bisa memberikan tanda bahwa akan terjadi pembalikan arah trend atau reversal.

Banyak sekali trader yang menganggap bahwa semakin kuat sebuah tren, maka semakin tinggi probabilitasnya. Bukan cuma itu saja, tingkat keakuratan candlestick engulfing ini juga semakin tinggi di time frame yang lebih tinggi. Jadi semakin tinggi time framenya, semakin tinggi pula kemungkinan benarnya.

Jenis-Jenis Candlestick Engulfing

Setelah Anda memahami tentang engulfing candle, Anda juga perlu tahu tentang jenis-jenis pola candle engulfing. Aada dua jenis pola engulfing yang biasanya muncul di market, yaitu pla bullish dan bearish. Berikut penjelasan kedua jenis engulfing tersebut.

Baca juga:  7 Aplikasi Investasi Penghasil Uang Terpercaya OJK

1. Bullish Engulfing

Bullish Engulfing merupakan jenis candlestick engulfing yang biasanya ada di akhir downtrend, pola ini menandakan berakhirnya dua candle. Candle yang pertama menggambarkan akhir dari pasangan mata uang.

Bullish engulfing memiliki ukuran yang berbeda-beda, namun candle yang berukuran kecil mirip doji dianggap lebih bagus. Sedangkan untuk candle kedua merupakan candle yang menjadi sinyal reversal market yang sebenarnya, Anda bisa memakainya untuk melakukan entry.

Candle ini terdiri atas candle biru panjang yang membuat momentum harga. Idealnya tinggi candle ini harus diatas tinggi candle sebelumnya. Jadi, semakin tinggi ukuran candle tersebut, maka semakin akurat pula sinyal yang diberikan pola ini. Candle bullish engulfing ini biasanya muncul saat harga naik di trend yang berikutnya.

Baca juga:  3 Pola Candlestick Untuk Open Posisi yang Akurat

2. Bearish Engulfing

Jenis candlestick engulfing yang satunya lagi adalah Bearish Engulfing, pola ini menghasilkan sinyal kuat ketika muncul di akhir uptrend. Ciri-ciri utama dari bearsih candle adalah ukuran candle pertama yang lebih besar dari sebelumnya dan diikuti candle-candle yang lebih kecil.

Candle engulfing ini semakin akurat dan valid apabila candle tersebut memiliki ekor pendek atau tanpa ekor sama sekali.

Yang harus Anda perhatikan berikutnya dari candle ini adalah ukurannya. Ukurannya bisa bermacam-macam dan candle pertama terlihat ditelan candle berikutnya. Sedangkan untuk candle kedua dalam pola ini merupakan sinyal dari pembalikan atau reversal.

Pola candle ini terdiri atas candle merah panjang yang menciptakan momentum harga turun yang baru. Jadi jika Anda melihat sebuah momentum harga turun dengan body candle panjang. Anda bisa menyeut pola candle tersebut sebagai pola bearsih engulfing.