model bisnis canvas

Model Bisnis Canvas: Pengertian, Elemen, Cara Buat

Model Bisnis Canvas merupakan salah satu model rencana bisnis untuk menjelaskan tujuan, modal, sampai upaya untuk mencapai target yang ingin diraih. Cara Ini sangat efektif untuk meminimalisir kegagalan karena semua risiko sudah dipetakan atau perhitungkan sebelumnya.

Untuk beberapa startup, perumusan bisnis model canvas ini merupakan suatu keharusan mengingat banyaknya perusahaan jenis ini yang mengalami kegagalan di lima tahun pertama mereka. Untuk menghindari kegagalan dalam bisnis, Anda harus merencanakan dengan matang.

Pengertian Model bisnis Kanvas

Business model canvas atau model bisnis canvas merupakan strategi manajemen dalam suatu perusahaan untuk memetakan target customer, keuangan, tujuan, infrastruktur secara sederhana dalam satu halaman. Ini merupakan sebuah keunikan tersendiri dibanding rencana bisnis lain yang biasanya ditulis dalam berlembar-lembar dokumen.

Karena hal inilah model canvas menjadi model rancangan bisnis paling banyak digunakan oleh startup. Meskipun terlihat ringkas, namun tiap lembarnya harus memuat berbagai elemen pendukung. Dengan begitu penyajiannya bisa mengalir dari satu bagian ke bagian lain sampai selesai.

Baca juga:  Contoh Salam di Whatsapp Bisnis dan Tipsnya

Elemen Model Bisnis Canvas

Bisnis model canvas ini merupakan rancangan bisnis yang terdiri atas beberapa elemen. Apa saja elemen dalam business model canvas? Berikut ini elemen bisnis model canvas beserta penjelasan singkatnya.

  • Customer Segment – elemen untuk menentukan siapa pembeli, segmen yang cocok, target pasar produk Anda. Di bagian ini juga dipertimbangkan customer gain, customer pain, dan customer job.
  • Channels – media atau saluran yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk dan untuk komunikasi dengan calon customer. Contohnya website, media sosial, dan sebagainya.
  • Revenue Streams – merupakan kumpulan program yang bisa menjadi sumber penghasilan untuk bisnis Anda. Contohnya selain dari penjualan produk, bisa lewat membership atau metode upgrade menjadi customer premium.
  • Key Resource – aset dan sumber daya yang dipakai untuk menjalankan bisnis. Elemen ini di bagi menjadi empat kategori yaitu kekayaan intelektual, fisik, keuangan dan SDM.
  • Key Partnership – hubungan kerjasama untuk mengembangkan bisnis ataupun pengorganisasian layanan sesuai dengan harapan perusahaan. Di bagian ini Anda harus menentukan mitra, pemasok, dan distributor.
  • Cost Structure – pemetaan biaya sesuai dengan perencanaan bisnis yang telah di buat. Anda harus menentukan perkiraan mulai dari yang terbesar sampai terkecil di setiap elemennya. Berikan juga cara pengelolaannya.
  • Key Activities – merupakan kegiatan-kegiatan yang bisnis Anda lakukan untuk mencapai target serta value perusahaan. Anda harus perhatikan hal seperti cara pendistribusian, aktivitas yang di butuhkan konsumen, dan seberapa banyak tenaga ahli dalam bisnis Anda.
  • Customer Relationship – setelah tahu target konsumen dan channel marketing yang di pakai, Anda juga harus membangun interaksi dengan pelanggan. Contohnya adalah dengan memberikan promo, membership, atau cashback.
  • Value Proposition – merupakan nilai-nilai yang ingin di tawarkan sebuah layanan untuk customer. Ketika menyusun elemen ini Anda harus memperhatikan hal seperti keunggulan produk atau layanan, alasan kenapa customer harus memilih produk tersebut, dan manfaatnya.
Baca juga:  Bisnis Budidaya Unik Menguntungkan Yang Masih Jarang Dilakukan Orang-orang

Cara Business Model Canvas

Setelah mengetahui elemen model bisnis canvas, langkah berikutnya adalah melakukan pembuatan model canvas. Meskipun terlihat sederhana, namun Anda beberapa tahap yang harus Anda lakukan untuk membuat bisnis canvas ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Lakukan analisa kompetitor yang satu bidang dengan perusahaan Anda.
  • Urutkan sembilan elemen di atas secara sistematis.
  • Pastikan kesembilan elemen tersebut saling terhubung dan mendukung satu sama lain sehingga tercipta suatu rangkaian proses.
  • Terakhir, melakukan review dan pengecekan ulang terhadap peluang pelaksanaannya kedepan.

Nah itulah tadi penjelasan tentang model bisnis canvas yang meliputi pengertian, elemen-elemen model canvas, dan cara membuat model canvas. Semoga informasi tadi bermanfaat dan membantu Anda membuat model canvas untuk usaha Anda.

Baca juga:  Contoh Advertorial Produk Makanan Terbaru