kelebihan wa bisnis

Kelebihan WA Bisnis untuk Jualan Online, Wajib Tahu!

WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi yang berbeda dengan WhatsApp original atau WhatsApp Messenger. WA Bisnis memiliki fitur-fitur yang lebih diutamakan untuk para pebisnis dan admin toko online. Ada banyak sekali kelebihan WA Bisnis yang bisa Anda manfaatkan.

Aplikasi ini sangat memudahkan Anda untuk bisa terhubung ke pelanggan secara pribadi. Pada aplikasi WhatsApp bisnis terdapat banyak fitur seperti informasi bisnis, katalog, label untuk mengorganisasi chat, dan masih banyak lagi.

Kelebihan WA Bisnis

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa kelebihan WA Bisnis. Jadi untuk Anda yang belum yakin memakai WhatsApp Bisnis, berikut beberapa kelebihan WhatsApp bisnis yang mungkin bisa meyakinkan Anda.

1. Fitur Pesan Otomatis

Kelebihan yang pertama pada WhatsApp Bisnis adalah fitur pesan otomatis di dalamnya. WhatsApp Bisnis memiliki fitur auto chat yang sangat membantu untuk berjualan. Ada tiga jenis pesan otomatis yang bisa Anda gunakan, yaitu Away Message, Greeting Message, dan Quick Replies. Berikut penjelasannya:

  • Away Message – FItur pesan otomatis yang pertama ini bisa Anda gunakan untuk membalas pesan dari customer secara otomatis. Jadi meskipun Anda sedang sibuk dengan hal lain, Anda tetap bisa menjawab pertanyaan chat dari customer.
  • Greeting Message – Pesan otomatis ini bisa Anda gunakan untuk menyambut dan menyapa customer baru yang pertama kali menghubungi Anda lewat WhatsApp. Fitur ini juga bisa memudahkan Anda mempromosikan produk baru untuk semua customer.
  • Quick Replies – Fitur pesan otomatis yang terakhir adalah Quick Replies atau balasan cepat. Dengan fitur ini Anda bisa membuat beberapa pesan yang banyak ditanyakan customer tentang bisnis Anda. Jika ada pesan masuk, Anda cukup mengetikkan / dan akan muncul quick replies yang Anda buat.
Baca juga:  Cara Daftar J&T Express : Usaha Menguntungkan

2. Keamanan Terjamin

Kelebihan WA bisnis yang berikutnya adalah keamanan yang terjamin. WhatsApp Bisnis ini dilengkapi dengan enkripsi end-to-end dan juga two-factor-authentication (2FA) sehingga keamanan percakapan Anda dengan customer akan terjaga dengan sangat baik.

Hal ini bisa mengurangi terjadinya penipuan dan kebocoran data saat melakukan chat dengan customer. Fitur ini tentu memberikan banyak keuntungan untuk penjual maupun pembeli saat melakukan transaksi. Anda bisa terhindar dari segala hal tindak kriminal ketika berbisnis.

3. Verifikasi Akun

WhatsApp Bisnis akan melakukan verifikasi kepada semua akun bisnis yang Anda daftarkan lewat nomor telepon. Nantinya WhatsApp Bisnis akan memberikan centang hijau ke akun Anda apabila sudah terverifikasi.

Baca juga:  Solutif : Risiko Usaha Cuci Motor Dan 7 Solusinya

Dengan akun WhatsApp Bisnis yang terverifikasi ini, Anda akan lebih dipercaya oleh calon customer yang pertama kali chat di WhatsApp. Seperti yang kita tahu, tanda centang ini memberitahukan bahwa akun bisnis tersebut terpercaya dan sudah terverifikasi oleh WhatsApp Business.

4. Analisis Data Interaksi Pelanggan

Bisa melakukan analisa data interaksi pelanggan merupakan kelebihan WA bisnis yang selanjutnya. WhatsApp Bisnis menyediakan informasi terkait interaksi konsumen dengan Anda, seperti pesan yang terkirim, dikirim, diterima, dan dibaca.

Dengan data ini Anda bisa mengetahui berapa persen pesan Anda bisa tersampaikan ke konsumen Anda. Setelah mengetahui data tersebut, Anda bisa mengevaluasi cara membalas pesan yang baik supaya bisa meningkatkan konversi lewat WhatsApp.

Baca juga:  Kartu Nama Bisnis: Pengertian dan Fungsinya Lengkap!

5. Label Pesan

Beda dengan WhatsApp Messenger, di WA Bisnis ini terdapat fitu runtuk mengelompok pesan yang bernama label. Lewat label pesan ini Anda bisa mengelompokan pesan berdasarkan prospek, pesanan baru, menunggu pembayaran, sampai dengan pesan yang sudah selesai.

Nah itulah tadi beberapa kelebihan WA Bisnis yang sangat membantu usaha atau bisnis Anda. Dengan memakai fitur-fitur yang ada di WA Bisnis, Anda bisa meningkatkan penjualan dan membuat komunikasi dengan customer semakin mudah.