Inspirasi nama brand

3 Cara Menemukan Inspirasi Nama Brand Yang Tepat

Mendapatkan inspirasi nama brand memang sangat penting, bagi kelangsungan sebuah bisnis. Pasalnya, hal tersebut akan melahirkan yang tepat dan penuh makna. Seperti yang diketahui brand diibaratkan sebagai identitas sebuah perusahaan.

Pernah tidak anda melihat sebuah tas dari suatu brand. Kemudian anda dapat menafsirkan seperti apa kualitas dari tas tersebut, siapa saja yang menggunakannya, bahkan harganya pun dapat anda ketahui.

Cara Menemukan Inspirasi Nama Brand

inspirasi ide brand

Memberikan nama brand, tentu tidak bisa sembarangan. Pasalnya, produk akan berkaitan erat dengan citra suatu brand. Seperti halnya brand nike, apakah yang pertama kali anda ketahui?

Pasti produk tersebut merupakan produk olahraga dan memiliki kualitas yang tinggi, bukan? Nah dibawah ini ada beberapa cara mendapatkan inspirasi nama brand yang tepat!

1. Produk Yang Akan Dipasarkan

Jika anda kesulitan dalam menemukan nama brand, cobalah untuk menelusuri produk apa yang sebenarnya akan diluncurkan. Misalnya, jika aku ingin meluncurkan berbagai produk perempuan muslim dengan karakter yang Tangguh. Maka anda dapat mengambil nama Khadijah Moeswear.

Dimana nama Khadijah menceritakan perempuan yang berkarakter tanggung seperti halnya Siti Khadijah, istri pertama Rasulullah SAW. Sementara Moes dan wear. Moes yaitu kependekan dari Moeslim yang berarti muslim. Sedangkan Wear yaitu mengartikan pakaian.

Sehingga secara tidak langsung, brand pakaian tersebut merupakan khusus pakaian perempuan muslim. Namun, jika ingin meluncurkan sepatu wanita maka dapat menggunakan kata shoes di akhir atau bahkan hanya satu kata. Seperti Simpshoes, Pink, dan lain sebagainya.

Baca juga:  5 Ide Bisnis Start up Untuk Kalangan Milenial

2. Menganalisa Siapa Yang Menjadi Target Market

Inspirasi nama brand pun dapat lahir dengan mengenal lebih jauh target marketnya. Misalnya, anda telah membuat target marketnya siapa saja. Dari mulai pekerjaan, kebiasaan, Gaji, dan lain sebagainya. Ketika sudah mendapat kesimpulan barulah Menuliskan beberapa ide nama brand dalam sebuah kertas.

Misalnya, yang menjadi target marketnya yaitu, perempuan, aktif bermain sosial media, menyukai barang-barang mahal, Gajinya 50 Jt/ bulan, dan senang shopping. Maka brand nya bisa menggunakan nama Goldsat. Dimana nama ini kepanjangan dari Gold Satchel. Jika anda ingin mengusung tas-tas klasik yang mewah.

Selain itu dapat pula menggunakan nama brand LX. Nama dari brand ini merupakan kepanjangan dari luxurious yang berarti mewah. Selain memiliki nama mewah, LX pun terbilang cukup simple dan memiliki peluang besar untuk mudah diingat karena Namanya pendek dan unik.

Baca juga:  Ide Usaha bagi Pemula dengan Penghasilan Menjanjikan

3. Tujuan Dari Company

Anda dapat mencari inspirasi nama brand dengan cara menelusuri tujuan dari company yang anda rintis atau kembangkan. Dengan begitu, anda akan lebih mudah dalam proses pencarian nama. Misalkan, jika anda memproduksi sebuah produk yang bertujuan untuk membersihkan kamar mandi secara maksimal.

Maka anda dapat menggunakan nama brand seperti Mommy Cleaner. Hal ini dikarenakan ibu selalu identik dengan sikap detailnya. Sehingga pilihan Bunda tidak akan salah. Ditunjang dengan promosi menggunakan talent ibu-ibu. Hal ini akan memperkuat pesan yang ingin disampaikan kepada para calon customer.

anda dapat membuat konsep aktivitas ibu dan anak, aktivitas keluarga, maupun yang lainnya. Untuk menunjang brand lebih hidup, digunakan pula warna-warna kemasan yang tepat. Jika dalam produk ini, anda bisa menggunakan biru, putih, dan lain sebagainya.

Namun, jika anda ingin menggunakan cara ini, anda harus benar-benar memahami latar belakang dari tujuan tersebut agar nama brand yang dihasilkan mudah diingat dan sesuai dengan ekspektasi anda.

Kata Kunci: