Nama PT yang bagus

Mau Bikin Nama PT Yang Bagus? Simak Dulu Tipsnya!

Ketika Kamu mendirikan sebuah perusahaan, baik skala besar atau kecil sekalipun harus diberi nama yang tepat. Pemilihan nama PT yang bagus bisa menjadi sebuah doa dan memberikan dampak positif terhadap keberlangsungan sebuah perusahaan.

Meskipun pada pelaksanaannya tetap harus diimbangi dengan strategi pemasaran yang benar agar tak sekedar nama yang bagus. Banyak orang percaya bahwa sebuah nama itu mengandung doa bahkan sakral untuk sebuah perusahaan sehingga tidak bisa sembarangan.

Mari ambil contoh dari sebuah nama perusahaan yaitu Astra Internasional, jika ditelisik lebih lanjut nama Astra mengandung arti yang tak main-main. Astra berarti bintang, tak heran jika perusahaan tersebut kini berhasil menjadi bintang di bidangnya, benar kan?

Tips Membuat Nama PT Yang Bagus

Nama PT Yang Bagus

Sekarang tugas Kamu adalah membuat nama perusahaan yang bagus, sebelum lanjut ke persyaratan pendirian pt secara legal. Masih bingung apa saja yang harus dipertimbangkannya? Coba perhatikan ulasan berikut ini agar mendapatkan nama PT yang bagus.

1. Cari Referensi

Mencari referensi disini bukan berarti mau mencontek nama sebuah perusahaan, melainkan untuk mendapatkan pencerahan. Kamu bisa mencarinya dari internet, majalah, buku atau bahkan koran sebanyak-banyaknya.

2. Jelas, Singkat dan Mudah Diingat

Ketika sudah mendapatkan sebuah nama perusahaan, gunakan nama yang jelas, singkat dan mudah diingat. Bahkan kalau perlu sampai bisa terngiang-ngiang di benak masyarakat atau konsumen perusahaan Kamu.

Semakin singkat biasanya semakin mudah diingat, contohnya saja Google, Youtube, Amazon, merupakan nama yang mudah diingat dan dieja. Kalaupun mau lebih panjang, maksimal 3 kata saja agar nantinya mendapatkan nama PT yang bagus dan pas.

3. Nama Perusahaan Berbeda Dengan Nama Brand

Ini sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di industri kreatif dan consumer good, nama perusahaan dengan nama brand harus bisa dibedakan dengan jelas. Sehingga dari awal pembuatannya harus dipikirkan dengan baik apa nama perusahaan dan apa nama brand yang akan digunakannya.

Contoh sederhananya, Kamu sering berbelanja ke Alfamart? Nah nama perusahaannya adalah PT Sumber Alfaria Trijaya, sedangkan Alfamart adalah nama brand-nya.

Baca juga:  Cara Membuat Usaha Jasa Desain Grafis

4. Punya Makna Lebih Baik

Nama PT yang bagus sebaiknya memiliki makna di dalamnya, selain sebagai ruh perjuangan dari sebuah perusahaan, makna dari sebuah nama bisa memberikan semangat lebih. Meski begitu, kalau pun tidak memiliki makna tidak apa-apa juga.

Tonjolkan nama perusahaan yang keren dan unik, bahkan beberapa perusahaan tidak memiliki makna namun berhasil sukses. Siapa contohnya? Starbucks Corporation terinspirasi dari salah satu awal kapal Pequod, yaitu Starbuck. Akhiran “s” pada nama tersebut hanya tambahan agar lebih enak ketika diucapkan dan didengar.

5. Berhubungan Dengan Identitas Bisnis

Beberapa nama perusahaan, baik lokal atau mancanegara memilih nama perusahaan yang berhubungan dengan identitas bisnisnya. Rupanya nama perusahaan yang berhubungan dengan identitas bisnis tersebut bertujuan agar mudah dikenali masyarakat.

Sebagai contoh, PT Garudafood Putra Putri Jaya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi makanan ringan. Brand dan nama produknya sudah banyak dikenal di masyarakat secara luas.

Memiliki nama yang bagus bisa membangun kepercayaan para konsumen, apalagi jika maknanya positif bisa membangun citra perusahaan jadi semakin baik. Beberapa konsumen menilai kualitas perusahaan atau kesan pertamanya dari sebuah nama.

Citra perusahaan akan terus meningkat berkat pemilihan nama yang tepat, itu artinya konsumen akan lebih percaya dan memilih perusahaan Kamu. Jadi, masih mau main-main dalam memilih nama perusahaan?

Nama PT yang bagus dilengkapi dengan logo yang tepat akan memudahkan Kamu juga untuk go online. Nama perusahaan yang mudah dicari di internet memberikan keuntungan tersendiri terutama dari sisi penjualan produk.