Cara Menjadi Distributor Minyak Goreng Langsung dari Pabrik

Dariberita – Setiap harinya, rumah tangga maupun bisnis kuliner, membutuhkan minyak goreng. Peluang ini bisa Anda tangkap sebagai usaha yang menjanjikan. Hanya saja, perlu tahu cara menjadi distributor minyak goreng langsung dari pabrik.

Mengapa harus dari pabrik? tentu saja, alasannya adalah agar memiliki keuntungan yang lebih besar. Hal ini karena, harga langsung dari pabrik tidak melewati rantai distribusi yang panjang.

Cek Cara Menjadi Distributor Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik

Tentunya, tidak semua pebisnis bisa menjadi distributor atau agen langsung dari pabrik. Pasti ada beberapa syarat dan tip untuk melakukannya, seperti di bawah ini.

1. Membentuk Badan Usaha Terlebih Dahulu

Pertama, Langkah yang harus Anda lakukan adalah membentuk badan usaha. Contohnya, koperasi, atau CV. Biasanya, ini merupakan syarat dari pabrik Minyak goreng, untuk pihak yang bekerjasama dengannya.

Selain Itu, Anda juga wajib memiliki izin dagang. Tujuannya adalah, mencegah dari tuduhan melakukan penimbunan minyak. Oleh karena merupakan bagian dari sembilan bahan pokok, pengawasan distribusi minyak cukup ketat.

2. Mencari Produsen Minyak Goreng

Berikutnya, setelah memiliki badan usaha, Anda bisa langsung mencari produsen minyak goreng. Caranya, gunakan mesin pencarian internet untuk menemukan nama perusahaan, alamat dan nomor kontaknya.

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan surat permohonan kemitraan distribusi. Selain itu, apabila nantinya akan menjalin kerjasama, pastikan membaca perjanjiannya dengan teliti.

Baca juga:  Kerjasama Distributor Sembako : Cara Jitu Tingkatkan Cuan

3. Membuat Daftar Target Pasar

Setelah mengetahui cara untuk menjadi distributor minyak goreng langsung dari pabrik, kini saatnya mulai melakukan strategi pemasaran. Pertama, buatlah daftar target pasar.

Menjadi distributor, artinya Anda akan melayani reseller, contohnya warung ataupun toko kelontong. Namun, Anda juga bisa menyasar target lainnya, agar bisnis cepat berkembang.

Beberapa target pasar potensial adalah Hotel, cafe, usaha catering, rumah sakit, restoran, dan sejenisnya. Kelompok pelanggan ini memiliki jumlah kebutuhan yang tinggi terhadap minyak goreng.

Selanjutnya, berdasarkan daftar target pasar, hubungi mereka satu per satu. Tawarkan untuk pembelian langsung dalam jumlah banyak. Dengan demikian, penjualan bisnis Anda akan cepat meningkat.

3. Tetapkan Harga Bersaing

Ketiga, penetapan harga pun harus sesuai. Oleh karena membeli langsung ke pabrik, jelas profit margin yang bisa Anda dapatkan cukup lumayan. Jadi, ada baiknya tidak menjual dengan harga yang sangat tinggi.

Perhatikan harga yang ada di pasaran, sehingga mampu bersaing. Selain itu, cek juga fluktuasi harga, karena sembako, termasuk jenis barang yang harganya mudah naik turun.

4. Cara Menjadi Distributor Minyak Goreng Langsung Dari Pabrik Dengan Melakukan Promosi

Meskipun merupakan bagian dari rantai penjualan yang dicari, sebagai distributor, Anda pun perlu melakukan promosi. Contohnya dengan membuat akun khusus di media sosial.

Tujuan iklan adalah meraih pasar sebanyak-banyaknya, baik reseller maupun end user seperti rumah tangga, restoran, katering, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk membuat promosi khusus, seperti paket bundling, maupun diskon harga.

Anda juga bisa melakukan promosi berupa sponsorship event yang terkait dengan bisnis. Contohnya, gelaran lomba memasak, acara senam pagi dan jalan sehat, bahkan kegiatan sosial seperti pembagian paket sembako.

Baca juga:  10 Tantangan Bisnis di Era Digital yang Harus Anda Antisipasi

5. Buat Pencatatan Keuangan

Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah membuat pencatatan atau pembukuan secara mendetail. Jika mengabaikan hal ini, bisa jadi keuangan menjadi amburadul, tanpa mengetahui pengeluaran maupun pemasukannya.

Pencatatan keuangan yang baik akan membantu ketika ingin melakukan ekspansi bisnis. Hal ini karena dari pembukuan tersebut akan tampak kondisi kesehatan keuangannya. Dengan demikian, keputusan terkait keuangan akan lebih tepat.

Itulah tadi cara menjadi distributor minyak goreng langsung dari pabrik. Usaha ini memang tampak menggiurkan, karena keuntungannya cukup besar. Di samping itu, ada banyak target pasar yang merupakan konsumen potensial.